Cara Mengobati Sariawan di Lidah dan Bibir dengan Cepat secara Alami

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 19 November 2019 19:12
Cara Mengobati Sariawan di Lidah dan Bibir dengan Cepat secara Alami
Tips-tips Cara Mengobati Sarawan di Lidah dan Bibir dengan Cepat dan Tentunya Menggunakna Bahan Bahan Alami

Dream - Luka yang terjadi di bagian dalam mulut akibat gigitan, sikat gigi, bahkan kekurangan vitamin C bisa menjadi permasalahan tersendiri bagi banyak orang. Salah satu yang sering dikeluhkan adalah munculnya sariawan yang membuat penderitanya tak enak makan.

Sariawan kerap dianggap penyakit sepela padahal efeknya bisa sangat besar. Tidak hanya tak enak makan, orang yang terkena sariawan akan susah untuk berbicara.

Cara mengobati sariawan berikut ini bisa kamu terapkan agar hari-harimu takkan lagi terganggu. Pengobatan sariawan ini bisa dengan menggunakan bahan-bahan tradisional sampai vitamin C agar peradangan sariawan di mulut bisa reda.

Nah, yuk kita coba cara mengobati sariawan berikut ini:

1 dari 5 halaman

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Sariawan di lidah biasanya disebabkan oleh tergigitnya bagian lidah secara tidak sengaja. Cara mengobati sariawan di lidah ini perlu kamu ketahui sebagai cara untuk mengobati sariawanmu.

Teh chamomile

Teh chamomie atau teh bunga krisan ini tenyata memiliki manfaat untuk meredakan sariawan. Lovemenol dalam chamomile dapat mengatasi peradangan seperti sariawan. Selain itu, lovemenol ini juga ba membersihkan racun dan kotoran di dalam mulut. Cukup bungkus teh chamomile kering dengan handuk lembut, lalu rendam dengan air dingin selama 5 menit lalu kompreskan di bagian yan mengalami sariawan.

Minyak zaitun

Ternyata minyak zaitun bisa digunakan sebagai cara mengobati sariawan loh. Kandungan alami dalam minyak zaitun mampu menyembuhkan peradangan dan juga menghilangkan kuman penyakit di mulut. Caranya kamu hanya perlu mencampurkan bebrapa tetes minyak zaitun dengan air mineral lalu diaduk rata, kemudia semprotkan pada area yang terkena sariawan.

Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, ternyata minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai cara mengobati sariawan. Pasalnya minyak ini bisa meredakan peradangan dan bisa melunakkan sariawan serta mencegah bakteri bersarang di mulut. Pengguaannya, kamu hanya perlu meneteskan minyak kelapa murni pada kapas, lalu menepuk-nepukkan ke area yang terkena sariawan.

2 dari 5 halaman

Cara Mengobati Sariawan di Bibir

Bibir merupakan bagian yang rawan juga untuk terkena sariawan. Sebenarnya letak sariawan itu bisa terjadi di bagian mulut mana saja, namun jika terjadi di bibir, pastinya bibir akan terlihat bengkak dan menganggu penampilanmu. Yuk ikuti cara berikut untuk mengobati sariawan di bibir.

Madu Murni

Madu merupakan bahan yang mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Selain itu mengandung bahan yang bisa membunuh bakteri dan kuman serta meredakan sariawan. Cukup teteskan beberapa tetes madu di bagian yang terkena sariawan. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari agar hasilnya optimal.

Lidah buaya

Lidah buaya ternyata mampu mengobati sariawan juga loh. Tumbuhan serba guna ini mengandung zat yang bisa digunakan sebagai penenang luka. Cukup campurkan gel lidah buaya dengan air kemudian usapkan di bagian yang terkena sariawan atau gunakan sebagai obat kumur.

Yoghurt

Cara enak untuk mengobati sariawan selanjutnya yaitu menggunakan yoghurt. Kamu bisa mengkonsumsi yoghurt, karena memiliki bakteri baik yang mencegah sariawan tersebut berkembang semakin parah.

Pasta Cabai

Meskipun agak menyiksa, cara ini sangat ampuh untuk mengobati sariawan. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok bubuk cabai dengan satu sendok teh air. Kemudian aduk sampai menjadi pasta kemudian aplikasikan ke bagian yang sariawan dengan menggunakan cotton bud. Tunggu 1-2 menit dan lakukan berulang sampai sariawan terasa mambaik.

3 dari 5 halaman

Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat

Memiliki sariawan pastinya sangat menggangu dan menyakitkan. Buat kamu yang mau mengobati sariawanmu dengan cepat, kamu harus tau beberapa cara mengobati sariawan berikut ini untuk menghilangkan sariawanmu.

Berkumur air garam

Garam mengandung alkalin yang bisa mengusir bakteri pada sariawan. Kamu hanya perlu mencampurkan garam dengan air, kemudian gunakan untuk berkumur secara rutin setiap hari agar sariawanmu cepat sembuh.

Letakkan es batu sampai meleleh

Letakkan es batu pada bagian luka sariawan hingga meleleh. Es batu ini berfungsi untuk mengobati sariawan serta mempercepat mengurangi rasa sakit pada luka sariawan.

Oleskan sedikit magnesium hidroksida

Magnesium hidroksida ternyata juga bisa digunakan sebagai cara mengobati sariawan selanjutnya. Magnesium hidroksida bisa kamu dapatkan pada obat maag cair yang dijual bebas dipasaran. Gunakan sebaganyak 2-3 kali sehari agar nyeri pada sariawan segera terobati.

4 dari 5 halaman

Cara Alami Mengobati Sariawan

Ternyata banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengobati sariawan loh, Kamu hannya perlu beberapa bahan berikut untuk mengobati ariawan.

Pisang

Kandungan vitamin C pada pisang sangat baik digunakna sebagai cara mengobati sariawa. Cukup hancurkan pisan hingga menjadi pasta kemudia campurkan dengan beberapa tetes madu dan oleskan di bagian yang terkena sariawan meradang. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas. Lakukan beberapa kali sampai sakit pada sariawan mulai mereda.

Tea tree oil

Tea tree oil mengandung anti bakteri serta anti peradangan yang bisa mengobati sariawan. Selain baik digunakan pada jerawat, ternyata tea tree mampu mengobati sariawan juga loh. Kamu hanya perlu mencampurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam segelas air kemudian gunakan untuk kumur-kumur. Lakukan sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Susu

Kandungan kalsium pada susu dapat melawan bakteri yang menyebabkan luka sariawan. Kandungan lemak pada susu ini juga merupakan anti virus yang mempercepat proses penyembuhan. Konsumsi susu secara rutin agar sariawanmu cepat sembuh dan tidak meninggalkan rasa perih.

5 dari 5 halaman

Cara Mengobati Sariawan di Gusi

Gusi merupakan bagian yang tak terelakkan untuk terkena sariawan. Biasanya, ketika sedang sikat gigi lalu tak sengaja terlalu keras, bisa menyebabkan sariawan di gusi. Yuk simak beberapa cara mengobati sariawan ini agar gusimu tidak sakit lagi.

Kunyit

Kunyit memiliki zat anti inflamasi bernama kurkumin. Oleskan kunyit pada luka sariawan untuk membantu mengobati sariawan.

Jus cranberry

Kandungan vitamin C pada cranberry pastinya baik digunakan sebagai cara mengobati sariawan. Konsumsi jus cranberry untuk mengobati sariawan hingga tuntas.

Tomat

Selain cranberry, tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Konsumsi tomat setiap hari sebanyak 2-3 kali untuk membantu meredakan sariawan.

Tentuya banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk meredakan sariawanmu. Mulai dari cara ekstrim yang menyebabkan perih, sampai cara sederhana yang tidak menimbulkan rasa perih. Mana yang mau kamu coba?

(Jossi Andriani / dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik