Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan untuk Cegah Corona

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Kamis, 26 Maret 2020 11:47
Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan untuk Cegah Corona
Untuk mencegah penyebaran virus Corona, hal yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan, baik di rumah, kantor, maupun ketika di tempat umum

Dream - Semakin meningkatnya penyebaran virus Corona menyebabkan masyarakat dunia semakin khawatir. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun sudah mengeluarkan pernyataan, Virus Corona dikategorikan sebagai pandemi.

Di Indonesia, hingga 24 Maret 2020 petang, penderita virus Corona sudah mencapai 686 yang positif, 55 meninggal dan 30 orang sembuh. 

Virus Corona menyerang masyarakat dari berbagai kalangan usia, dari yang berusia lanjut, muda bahkan balita.

Pada hari Minggu 15 Maret 2020, Presiden Jokowi meminta masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah virus Corona ini.

Jokowi meminta masyarakat Indonesia mulai bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah masing-masing. Selain itu, Jokowi meminta masyarakat saling tolong-menolong di tengah pandemi ini.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk mengurangi penyebaran virus dengan menjaga kebersihan lingkungan. Baik di rumah, kantor maupun ketika berada di lingkungan publik.

Berikut rangkuman berbagai cara untuk menjaga kebersihan lingkungan, sehingga penyebaran Virus Corona bisa dicegah: 

1 dari 3 halaman

Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

 Ilustrasi Membersihkan Rumah© Pexels.com

Rumah menjadi tempat rawan bagi penyebaran virus Corona karena rumah jadi tempat bernaung semua anggota keluarga.

Dengan menjaga kebersihan rumah, penyebaran virus Corona bisa kamu cegah. Berikut langkah – langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan rumah:

1. Sediakan tempat sampah dan buanglah sampah secara rutin 

Sampah menjadi salah satu sumber penyakit. Dengan rutin membuang sampah, kuman dan virus bisa jauh – jauh dari rumah. Rumah jadi lebih sehat dan bersih, tanpa bau – bau mengganggu.

2. Sapu dan pel rumah setiap hari

Setelah kamu membuang sampah, jangan lupa juga untuk rutin menyapu dan mengepel lantai rumah sampai bersih. Lantai yang bersih akan menghindarkan diri dari virus dan kuman yang terbawa dari luar rumah. Kamu juga jadi lebih nyaman berada di rumah.

3. Cuci Tangan atau Sediakan hand sanitizer

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menjaga kebersihan tanganmu. Bila kamu habis bepergian dari luar, atau menyentuh barang yang terindikasi kotor, kamu bisa segera mencuci tangan, atau meneteskan cairan hand sanitizer. Orang – orang rumah jadi terhindar dari penularan virus Corona kan.

2 dari 3 halaman

Menjaga Kebersihan Kantor

 Ilustrasi Kantor© Pexels.com

Lingkungan yang tidak kalah berperan dalam penyebaran  virus adalah kantor. Kantor bisa jadi sumber penyebaran karena terdapat banyak orang di dalamnya.

Bahkan, kita juga tidak tahu, apakah setiap orang di kantor dalam keadaan sehat atau tidak.  Kamu bisa lakukan beberapa langkah di bawah ini, untuk menjaga kebersihan sehingga terhindar dari virus Corona.

1. Bersihkan Meja Kerjamu dengan Cairan Antiseptik

Pastikan meja kerjamu selalu bersih ya. Kamu bisa membersihkan nya dengan cairan antiseptic untuk mencegah penyebaran virus Corona dari benda.

Bersihkan pula benda yang paling sering disentuh, seperti mouse, telepon kantor, laptop dan benda lainnya. Usahakan alat permukaan benda harus tetap basah dalam jangka waktu 3-5 menit untuk memastikan kuman sudah mati.

2. Hindari Bersentuhan Langsung dengan Teman Kerja atau Atasan

Sementara ini, hindarilah bersentuhan langsung dengan teman kerja atau atasan. Jangan segan untuk menolak jabat tangan. Kamu bisa mengganti ritual bersalaman dengan cara lain seperti menyapa dan menyampaikan hormat seperti menyatukan kedua telapak tangan sendiri dan membungkuk.

3. Pakai Hand Sanitizer Sesering Mungkin

Di kantor tentu kamu akan lebih sering bersentuhan dengan benda – benda yang jadi sumber penyebaran kuman. Biasakan menggunakan hand sanitizer setiap kali kamu merasa terlalu lama bersentuhan dengan benda. Dengan memperhatikan kebersihan tangan, kamu bisa mencegah penyebaran virus secara langsung.

3 dari 3 halaman

Menjaga Kebersihan di Lingkungan Umum (Publik)

 sarana Publik© Pexels.com

Tempat yang perlu kamu perhatikan lainnya adalah lingkungan publik. Jika kamu merupakan pengguna transportasi umum, kamu bisa memperhatikan berbagai hal ini untuk menjaga kebersihan.

1. Jaga jarak Antrean minimal 1 meter

Usahakan ketika kamu sedang mengantri kendaraan umum, kamu menjaga jarak aman antar pengguna moda transportasi. Minimal jarak jarak aman 1 meter ya. Dengan menjaga jarak kamu bisa mengurangi risiko penyebaran virus corona karena virus ini menular antarmanusia melalui droplet (partikel air liur) saat penderita bersin atau batuk.

2. Hindari Berdesakan Ketika Menunggu Kendaraan Umum

Ketika menunggu kendaraan umum, kamu bisa menunggu di tempat yang tidak terlalu ramai. Hindari berdesakan dengan banyak orang. Seperti yang disampaikan pemerintah, lakukan social distancing. Ini bisa menjaga diri demi mencegah penyebaran virus Corona.

3. Selalu Gunakan Hand Sanitizer

Di kerumunan, kamu pasti secara tidak langsung akan terpapar debu dan kotoran. Kamu secara tidak langsung menyentuh tangga- atau benda – benda lainnya. Ini juga bisa jadi jalan bagi virus untuk menyebar. Ambil hand sanitizermu di kantong, dan jangan lupa gunakan secara rutin ya.

4. Gunakan Masker

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan, kamu bisa menggunakan masker di keramaian. Ini untuk menghindari diri, jikalau ada yang bersin atau ada orang yang sedang sakit. Dengan menutup wajah dengan masker, kamu bisa mengurangi resiko tertular dari orang lain.

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup