Cara Mudah Mengurangi Kalori Tanpa Cranky!

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 30 Januari 2020 10:47
Cara Mudah Mengurangi Kalori Tanpa Cranky!
Selain cranky, berkurangnya kalori sering memberikan sugesti yang membuat kita lebih cepat lapar ketika berolahraga.

Dream - Menurunkan berat badan tidak cukup hanya rutin berolahraga. Kamu juga perlu menjaga pola makan.

 Hal utama yang paling sering disarankan saat menurunkan berat badan adalah mengurangi jumlah kalori harian.

Semakin sedikit kalori yang dikonsumsi per hari, beratmu pun akan berkurang. Tentunya, ini bergantung pada aktivitas.
 
Meski kedengarannya mudah, tapi mengurangi kalori cukup sulit dilakukan. Apalagi, jika dikurangi secara drastis selagi banyak aktivitas.
 
Agar bisa mengurangi kalori lebih mudah, ukurlah kebutuhan kalori per hari.
 
" Ukur dulu kebutuhan kalori per hari. Sekarang kan sudah ada aplikasinya," tutur Owner & Founder Bodyfit, Irfan Muharam di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu 29 Januari 2020.
 
Pengurangan kalori tak jarang membuat kita cranky atau mudah emosi. Hal inilah yang menjadi pertanda bahwa kalori yang dikurangi terlalu banyak.
 
 

1 dari 4 halaman

Jangan Terlalu Drastis

Kurangilah maksimal 100 kalori per minggu agar tidak terlalu drastis.

" Kalau nggak mau dikurangi kalorinya, aktivitasnya dibanyakin" .  

 Olahraga© shutterstock.com

 Selain cranky, berkurangnya kalori sering memberikan sugesti yang membuat kita lebih cepat lapar ketika berolahraga.  

Ternyata, rasa lapar ketika berolahraga bisa dicegah dengan memilih jenis olahraga berintensitas rendah.  

" Yang bikin lapar itu olahraga yang terlalu high intensity. Jadi, kebanyakan sugar yang dibakar. Cari olahraga low intensity seperti TRX atau banyak kelas strength training yang dilihat dari heartrate rendah, jadi lemak yang dibakar," imbuhnya.

Jika tidak ingin mengurangi jumlah kalori, cobalah menambah aktivitas seperti mengganti kebiasaan naik lift dengan tangga atau bersepeda ke kantor.

2 dari 4 halaman

Stroberi Bisa Bikin Langsing, Jadikan Menu Diet Yuk!

Dream - Buah menjadi salah satu sumber makanan yang kaya rasa dan banyak memiliki kandungan bermanfaat. Tak heran, banyak orang mengandalkan buah untuk dikonsumsi saat diet.

Satu buah stroberi rata-rata mengandung 33 kalori, 91 persen air, 0,7 gram protein, 7,7 gram karbohidrat, 4,9 gram gula, 2 gram serat serta 0,3 gram lemak. Bisa memenuhi asupan vitamin harian.

Salah satu buah yang kerap dikonsumsi adalah stroberi. Sifat antioksidan, anti inflamasi serta seratnya mampu membantu penurunan berat badan. Bagi Sahabat Dream yang sedang berdiet, usahakan mengonsumsi buah ini secara rutin.

Mengapa? Yuk, cari tahu alasannya.

3 dari 4 halaman

Mengurangi Lemak Perut

Stroberi mengandung banyak serat yang mampu memperlancar pencernaan. Mengonsumsi banyak stroberi dalam sehari dapat mengurangi lemak perut. Serat juga akan membuatmu kenyang lebih lama.

  6 Manfaat Ajaib Strawberry untuk Kecantikan Rambut dan Wajah© MEN

Mempermudah Penurunan Berat Badan
Penelitian membuktikan bahwa stroberi memicu produksi 2 hormon, adiponektin dan leptin. Kedua hormon ini dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme.

4 dari 4 halaman

Rendah Kalori dan Pemanis Alami

Sebanyak 100 gram stroberi mengandung 33 kalori. Ini menjadi penyebab banyak orang, terutama penyuka makanan manis menjadikannya snack favorit.

Memperbaiki Sel Otot
Sifat antiinflamasinya dapat mempercepat perbaikan otot setelah berolahraga secara intens. Setelah olahraga, cobalah untuk mengonsumsi segenggam stroberi agar otot tak terlalu lelah.

  Begini Cara Mencuci Stroberi Agar Tak Mudah Busuk© MEN

Cara Menambahkan Stroberi Pada Makanan
Daripada mengonsumsi yogurt berperisa buatan, lebih baik tambahkan potongan stroberi di atasnya. Padukan plain yogurt dengan potongan stroberi agar level kalorinya lebih rendah. Kamu juga bisa membuat stroberi smoothies sebelum makan.

Sumber: Times of India

Beri Komentar