Cara Senam Kegel Untuk Pria dan Wanita

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Rabu, 20 November 2019 06:12
Cara Senam Kegel Untuk Pria dan Wanita
Senam kegel memiliki banyak manfaat. Walaupun indentik dengan wanita, senam kegel juga memiliki banyak manfaat untuk pria.

Dream - Senam kegel selama ini identik dengan wanita. Padahal, senam kegel juga bisa dilakukan oleh pria.

Banyak sekali manfaat bagi pria jika melakukan senam kegel secara rutin. Seperti senam kegel pada wanita, senam kegel pria disebut juga sebagai latihan otot dasar panggul, yakni tindakan melakukan kontraksi secara berulang pada area otot pubococcygeus (PC).

Latihan ini sangat baik untuk menguatkan otot yang berkaitan dengan fungsi seksual seperti otot PC yang terletak di area perineum, yakni di antara anus dan skrotum.

Berikut ini cara senam kegel yang bisa dilakukan oleh pria dan wanita.

1 dari 6 halaman

Manfaat Senam Kegel

 Ilustrasi

Manfaat senam kegel untuk pria

1. Membantu meredakan inkontinensia urine. Inkontinensia urine adalah kondisi sulit menahan buang air kecil atau selalu merasa ada desakan untuk buang air kecil, baik pada pria maupun wanita.

2. Melancarkan peredaran darah sehingga penis bisa ereksi lebih kuat.

3. Mencegah dan membantu ejakulasi dini. Menurut penelitian, melakukan latihan kegel selama kurang lebih dua belas minggu mampu membantu lebih dari 50 persen pria dengan masalah ejakulasi dini untuk menunda orgasme sehingga seks terasa lebih memuaskan.

4. Mencegah kencing tidak tuntas. Penelitian dalam jurnal BJU International mengatakan bahwa senam kegel memang mampu membantu pria mengendalikan keluarnya urine, terutama setelah menjalani operasi prostat.

5. Menjaga kesehatan prostat pria. Senam kegel baik untuk melatih otot-otot yang ada di sekitar prostat sehingga bisa menopang berbagai organ reproduksi pria dengan kuat.

Manfaat senam kegel untuk wanita

1. Merapatkan vagina setelah proses persalinan normal.

2. Mempercepat pemulihan vagina setelah episiotomi. Senam kegel bisa meningkatkan sirkulasi darah yang lancar ke area vagina. Darah yang mengandung oksigen dan berbagai nutrisi sangat diperlukan untuk meregenerasi beragam sel dan jaringan vagina yang mengalami kerusakan akibat episiotomi.

3. Membantu mengatasi wasir, terutama setelah melahirkan. Ini lantaran kegel bisa melancarkan peredaran darah menuju dubur dan vagina.

4. Mengencangkan vagina yang sudah mengendur. Manfaat ini bisa membantu mewujudkan performa seksual yang lebih memuaskan.

5. Membantu mengatasi gejala-gejala prolaps organ panggul. Prolaps organ panggul yaitu kondisi saat otot dan ligamen yang menopang organ-organ di area panggul melemah.

2 dari 6 halaman

Cara Senam Kegel Pria

Cara senam kegel untuk pria tidak memerlukan peralatan atau persiapan khusus.Bisa dilakukan di mana saja. Untuk pertama kali, bisa melakukan senam kegel sambil berbaring. Ini dilakukan agar tubuh lebih rileks dan otot panggul bawah jadi lebih peka.

Pertama-tama pastikan dahulu letak otot dasar panggul. Untuk melakukannya, cobalah untuk mengencangkan otot seperti saat menahan laju urin ketika buang air kecil. Otot yang berkontraksi itulah otot dasar panggul kamu.

Setelah mengetahui letak otot dasar panggul kamu, berikut adalah langkah-langkah cara senam kegel untuk pria.

- Kencangkan otot panggul bawah Anda selama tiga detik.

- Selama mengencangkan otot panggul bawah, bernapaslah seperti biasa dan jangan menahan otot perut, paha, atau pantat.

- Lemaskan otot panggul bawah dan beri jeda selama kira-kira tiga detik.

- Ulangi latihan otot ini selama kira-kira 10 kali.

- Usahakan untuk melakukan senam Kegel tiga kali sehari.

Kalau kamu sudah biasa melakukan latihan otot panggul ini, cobalah untuk menahan kontraksi otot dasar panggul lebih lama, mungkin sekitar 5-10 detik.

3 dari 6 halaman

Cara Senam Kegel Wanita

Sama seperti senam kegel pria, senam kegel wanita bisa dilakukan sambil berbaring, duduk, berdiri, atau berjalan kaki. Jika ini adalah pertama kalinya kamu mencoba latihan otot panggul bawah ini, sebaiknya lakukan sambil berbaring, dengan kedua lutut menekuk. Posisi ini akan meminimalisir gaya gravitasi sehingga tubuh kamu akan lebih rileks.

Untuk memastikan letak otot dasar panggul, cobalah untuk mengencangkan otot di area vagina seolah kamu sedang menahan lajur urine ketika buang air kecil. Otot yang berkontraksi itulah otot dasar panggul kamu.

Jika sudah mengetahui letak otot dasar panggul, berikut ini adalah langkah-langkah cara senam kegel untuk wanita.

- Kencangkan otot panggul bawah selama kira-kira 3 detik.

- Selama mengencangkan otot ini, jangan menahan napas atau mengencangkan otot perut, paha, dan pantat.

- Lemaskan kembali otot panggul bawah selama 3 detik.

- Ulangi latihan otot ini hingga 10 kali.

- Untuk hasil yang maksimal, lakukan latihan ini sebanyak 3 kali sehari. (mut)

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

4 dari 6 halaman

Neuromove, Senam Saraf Ampuh Atasi Neuropati

Dream - Neuropati merupakan gangguan saraf tepi yang sering dialami orang dewasa dan lansia. Kondisi ini terjadi akibat tingginya aktivitas serta pertambahan usia.

Neuropati ditandai dengan gejala kebas, kesemutan, sensasi terbakar hingga kram otot. Pada kasus parah, gangguan saraf tepi dapat berujung pada kelumpuhan.

Konsumsi vitamin B1, B6 dan B12 secara rutin dapat dilakukan sebagai bentuk terapi neuropati. Upaya pencegahan juga dapat dilakukan dengan gerakan senam.

 Neurobion

Foto: Dok. Neurobion

Neurobion memperkenalkan Neuromove, jenis senam untuk mencegah dan merawat saraf tubuh. Metode ini banyak digunakan untuk penderita neuropati.

" Senam Neuromove berguna sebagai bentuk pencegahan penyakit neuropati. Sedangkan bagi pasien yang sudah mengalami neuropati, senam ini juga bisa mencegah keparahan gangguan tersebut," papar dr. Yoska Yasahardja, Medical & Technical Affairs Manager Consumer Health P&G Consumer Health Indonesia di Jakarta, kemarin. 

5 dari 6 halaman

Cara Melakukan Neuromove

Gerakan Neuromove tidaklah rumit. Sahabat Dream hanya perlu memainkan pola gerakan yang sama secara berulang.

Seperti menyilangkan tangan dan kaki secara bergantian untuk menyeimbangkan saraf otak kanan dan kiri.

Selain mencegah gangguan syaraf, senam Neuromove juga dapat melatih daya fokus, memperkuat daya ingat dan mengasah daya kognitif.

" Misalnya Lazy Eight, gerakan bola mata mengikuti angka 8. Langkahnya seperti melukis angka 8 di udara memakai jari tangan. Pastikan mata selalu mengikuti pergerakan jari," ujar dr. Ade Tobing, SpKO, Spesialis Kedokteran Olahraga.

Senam Neuromove dilakukan minimal 3 kali seminggu dengang durasi 30 menit per sesinya.

 Neurobion

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

6 dari 6 halaman

Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Metode ini juga baik diterapkan pada anak autis dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau hiperaktif.

Jika rutin dilakukan, manfaat Neuromove terbukti dirasakan setelah 12-14 minggu.

" Kita latih selama 12-14 minggu, daya konsentrasinya jadi lebih baik. Diuji dengan tes berupa jalan di jalur yang dibatasi dengan cone, mereka tidak keluar dari jalur. Di kelas juga bisa lebih tenang," ungkapnya.

 Neurobion

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone