Cara Senam Kegel untuk Pria, Mudah Dilakukan

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Kamis, 27 Juni 2019 18:47
Cara Senam Kegel untuk Pria, Mudah Dilakukan
Kok pria juga melakukan senam kegel? Memangnya bisa? Tentu saja dong. Yuk simak informasinya berikut ini.

Dream Senam kegel kerap sekali dipandang hanya bisa dilakukan oleh wanita saja. Namun tahukah kalian, bahwa senam kegel juga bisa dilakukan oleh para pria dengan berbagai manfaat yang akan dirasakannya.

Senam kegel sering disebut juga dengan latihan otot dasar panggul. Senam Kegel merupakan suatu tindakan dengan melakukan kontrasi secara berulang pada area otot pubococcygeus (PC).

Senam ini sangat bagus untuk dilakukan sebab dapat menguatkan otot yang berkaitan dengan fungsi seksual, seperti otot PC yang terletak di antara anus dan scrotum.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh setelah melakukan senam kegel. Misalnya seperti membantu mensuplai darah ke area penis pada saat ereksi, membantu memompa pada saat ejakulasi, serta mampu membantu mengosongkan uretra setelah buang air kecil.

 Ilustrasi Olahraga pria

 

Selain itu, senam kegel juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas seksual pria, meningkatkan ereksi, membantu orgasme untuk lebih inhtens, dan membantu mengatasi disfungsi ereksi dan ejakulasi dini.

Banyak sekali kan manfaatnya Sahabat Dream? Yuk mulai lakukan senam kegel di rumah. Bagi para pemula, Dream akan memberikan informasi mengenai cara senam kegel untuk pria. Simak informasinya berikut ini:

1 dari 5 halaman

Cara Senam Kegel: Temukan Otot Dasar Panggul

Sebelum melakukan senam kegel, para pria sebaiknya sudah mengetahui otot dasar panggul dengan benar. Untuk yang belum menemukannya, kalian bisa mencoba menemukannya dengan melakukan beberapa hal.

Cara menemukan otot dasar panggul yaitu pada saat buang air kecil cobalah untuk menghentikan atau memperlambat air kencing. Otot-otot yang digunakan tersebut merupakan otot dasar panggul kalian.

 Ilustrasi Olahraga pria

 

Apabila otot dasar panggul sudah ditemukan, kalian bisa memulai latihan senam kegel dalam posisi apapun sesuai dengan kenyamanan kalian. Bagi para pemula, disarankan untuk menggunakan posisi berbaring pada saat melakukan senam kegel.  

2 dari 5 halaman

Cara Senam Kegel: Sempurnakan Teknik

Setelah kalian menemukan otot dasar panggul, sebaiknya sempurnakan teknik senam kegel agar mendapatkan hasil yang maksimal. Menyempurnakan teknik senam kegel bisa dilakukan dengan beberapa hal sebagai berikut.

Kencangkan otot dasal panggul kalian dengan menahan kontraksi selama tiga detik. Setelah 3 detik, rilekskan kembali otot dasar panggul selama 3 detik pula.

Lakukan hal tersebut secara berulang kali dan berturut-turut. Apabila telah dirasa otot-otot mulai lebih kuat, cobalah untuk melakukan senam kegel dengan posisi duduk, berdiri, atau berjalan.

3 dari 5 halaman

Cara Senam Kegel: Fokus

Pada saat melakukan senam kegel, para pria diusahakan untuk selalu fokus. Jangan membuat otot-otot kaki, perut, serta pantat kalian menjadi tegang.

Yang diperlukan bagi para pria adalah mengangkat seluruh otot dasar panggul kalian ke atas. Harus diingat, pada saat melakukan senam kegel kalian diharuskan untuk tetap terus bernafas.

 Ilustrasi Olahraga pria

 

Teruslah bernafas selama kalian sedang melakukan kontraksi otot dasar panggul. Hal ini supaya otot bisa dilatih dengan sempurna yang dimana nantinya akan mempercepat otot menjadi kuat.

4 dari 5 halaman

Cara Senam Kegel: Ulangi Latihan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian para pria bisa melakukan senam kegel ini secara teratur setidaknya dua kali sehari. Kalian bisa melakukannya pada saat pagi hari dan pada saat malam hari.

Dalam satu sesi senam kegel, lakukan kontraksi sebanyak 10-30 kali yang dimana juga disertai sesi relaksasi. Disetiap sesinya, lakukan selama 10 detik yang terdiri dari 5 detik kontraksi dan 5 detik rileksasi.

5 dari 5 halaman

Konsultasi dengan Dokter

Jika kalian tetap mengalami kesulitan untuk melakukan senam kegel, sebaiknya kalian berkonsultasi dengan dokter. Jangan pernah malu untuk bertanya karena dengan bertanya pada ahli bisa membuat penerapan senam kegel pria lebih terarah, sesuai, dan sangat bermanfaat.

Untuk dapat melihat hasil dari melakukan senam kegel, kalian harus bersabar karena membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Pada umumnya, 3-4 bulan yang diperlukan untuk dapat melihat hasilnya.

 Ilustrasi Olahraga pria

 

Hasil yang dirasakannya adalah seperti adanya peningkatan dan ketahan ereksi. Dalam mengatasi inkontinensia urine, kalian bisa merasakan hasil dari senam kegel ini dalam waktu 3-6 minggu.

Namun, tentu saja estimasi waktu tersebut untuk pria yang memang secara teratur dan rutin melakukan senam kegel.

(ism, Sumber: Alodokter.com dan Liputan6.com)

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan