5 Khasiat Buah Manggis, Tak Cuma Ekstrak Kulitnya!

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Kamis, 22 Agustus 2019 16:48
5 Khasiat Buah Manggis, Tak Cuma Ekstrak Kulitnya!
Salah satu buah yang begitu populer adalah buah manggis. Yuk cari tahu mnafaat yang terkandung di dalamnya berikut ini.

Dream – Buah manggis selama ini mungkin hanya dikenal karena rasa buahnya yang manis saat sudah masak. Ada juga orang yang mengenal buah ini karena bahan permainan tebak-tebakan.

 

Nama buah manggis semakin tersohor setelah muncul jingle produk kesehatan yang mempromosikan khasiat lain dari buah manggis.

 

Sebagai jenis buah-buahan yang cenderung tumbuh dan berkembang di kawasan beriklim tropis, orang Indonesia relatif mudah menemukan dan membudidayakan manggis. Cita rasa yang sedikit asam sekaligus manis ini telah membuat manggis memikat hati sebagian besar orang.

Manggis memiliki tiga bagian utama berupa kulit luar yang berwarnaa ungu tua, daging buah berwarna putih serta biji yang terasa pahit jika tak sengaja digigit.

Selain menjadi santapan, buah manggis sudah tersohor sebagai salah satu obat tradisional yang punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan khasiat buah ini telah dikenal sejak abad ke-18 loh Sahabat Dream.

Nah, Dream telah merangkum khasiat buah manggis yang dilansir dari bebebrapa situs kedokteran dan kesehatan. Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Manfaat Buah Manggis: Sumber Antioksidan

 Cari Tahu Manfaat Buah Manggis yang Begitu Populer

Manfaat buah manggis yang pertama adalah sumber antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas merupakan senyawa yang bisa memicu timbulnya suatu penyakit di dalam tubuh seseorang.

Buah manggis ternyata terbukti mengandung Xanthone yang memiliki kemampuan sama seperti antioksidan.

Kandungan Xanthone bahkan bisa kalian temukan di seluruh bagian buah manggis. Kandungan tersebut juga biasa dikenal dengan Alpha-Mangostin serta Gamma-Mangostin.

Xanthone sSebenarny bisa kalian temukan di beberapa tumbuhan lainnya. Namun kandungan terbanyak ada di buah manggis.

2 dari 5 halaman

Manfaat Buat Manggis: Mencegah Tuberkolosis

 Cari Tahu Manfaat Buah Manggis yang Begitu Populer

Manfaat buah manggis selanjutnya adalah bisa menjadi sumber antibakteri di dalam tubuh seseorang. Sebuah penelitian oleh Suksamrarn menyatakan jika kandungan xanthone yang terkandung di dalam buah manggis ini juga bisa menjadi antibakteri di dalam tubuh.

Bahkan buah manggis diklaim ini mampu mencegah seseorang menderita penyakit tuberkolisis.

Alpha-Mangostin dan Beta-Mangostin yang terdapat di Xanthone mampu untuk memperlambat perkembangan mycobacterium tuberkolosis.

Seperti namanya, Mycobacterium Tuberkolosis merupakan bakteri yang bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit tuberkolosis. Dengan mengonsumsi buah manggis, kalian akan menurunkan risiko terkena penyakit tuberkolosis di kemudian hari.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Manggis: Mengatasi Alergi

 Cari Tahu Manfaat Buah Manggis yang Begitu Populer

Sebuah penelitian oleh Nakatani menyatakan bahwa buah manggis memiliki manfaat sebagai salah satu cara mengatasi alergi pada seseorang. Bbuah ini memiliki kandungan yang mampu untuk menghambat pelepasan senyawa Histamine, penyebab tubuh menjadi gatal ketika alergi.

Tidak hanya itu saja, buah manggis ini juga mampu untuk menghambat pelepasan sintesis Prostaglandin yaitu salah satu penyebab timbulnya peradangan pada tubuh ketika alergi.

Biasanya, sebagian besar orang mengonsumsi buah manggis yang sudah dijadikan ekstrak.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Manggis: Mengatasi Radang

 Cari Tahu Manfaat Buah Manggis yang Begitu Populer

Bagi kalian yang sedang mengalami gejala peradangan, sebaiknya mengonsumsi buah manggis. Alasannya, manggis diklaim mampu mengatasi radang.

Penelitian oleh Chen LG yang menemukan fakta jika kandungan alpha-mangostin serta gamma-mangostin merupakan salah satu manfaat buah manggis terutama untuk melawan peradangan.

Seperti yang sudah diketahui, buah manggis memiliki kandungan alpha-mangostin serta gamma-mangostin yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut bisa menghambat tingginya produksi Nitrit Oksida yang menghasilkan merupakan gas dan memperparah kondisi peradangan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Manggis: Mengatasi Kanker

 Cari Tahu Manfaat Buah Manggis yang Begitu Populer

Manfaat buah manggis yang satu ini memang berhasil membuat siapa saja menjadi sangat takjub. Manggis diklaim bisa mengatasi penyakit kanker di dalam diri seseorang.

Penelitian oleh Kritsanawong menemukan fakta bahwa kandungan alpha-mangostin yang terdapat di dalam buah manggis mampu untuk menghambat terbentuknya kanker payudara. Hal tersebut dilakukannya dengan menghambat laju pertumbuhan dan perkembangan sel abnormal penyebab kanker.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Wang JJ juga menemukan senyawa etanol yang berada di dinding buah manggis mampu untuk mengatasi penyakit kanker kulit. Sama seperti sebelumnya, senyawa etanol ini mampu untuk melawan dan menghambat efek yang ditimbulkan dari penyakit kanker kulit.

Tidak hanya efeknya, senyawa ini juga bisa menghambat laju perkembangan dan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh seseorang.
  
(Sumber: hellosehat)

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri