Cegah Infeksi Pada Miss V dengan 3 Perawatan Sederhana

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 7 Oktober 2021 19:12
Cegah Infeksi Pada Miss V dengan 3 Perawatan Sederhana
Lakukan perawatan ini secara rutin agar miss V tetap sehat dan bersih.

Dream - Merawat serta menjaga kebersihan miss V sangat penting agar kondisi di area tersebut tetap stabil dan mencegah infeksi.

Sayangnya, sebagian perempuan masih enggan mencari tahu seputar kesehatan serta perawatan miss V karena menganggap hal tersebut tabu.

Akibatnya, perempuan sering mengalami infeksi pada miss V yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur atau bakteri berlebih. Infeksi pada miss V bisa menyebabkan ruam, gatal, bau tidak sedap, dan sensasi terbakar.

Merawat dan menjaga kesehatan miss V bisa dilakukan dengan mudah. Dilansir Times of India, berikut beberapa tips sederhana untuk menjaga kebersihan dan kesehatan miss V.

1 dari 3 halaman

1. Membersihkan miss V dengan sabun khusus secara rutin

Menjaga Kesehatan Miss V© Shutterstock

Meskipun miss V bisa membersihkan diri sendiri, tapi kamu juga perlu menjaga kebersihan vulva. Hindari sabun berbahan dasar sulfat dan mengandung parfum karena bisa mengakibatkan iritasi atau kulit kering.

Para ahli merekomendasikan untuk menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ringan dan bebas bahan kimia. Sehingga, tidak akan mengganggu keseimbangan pH alami pada miss V dan tetap bisa membersihkan area tersebut secara maksimal.

Saat menstruasi, pastikan kamu mengganti pembalut setiap beberapa jam dan membersihkan miss V setiap kali ke kamar kecil. Pasalnya, miss V akan lebih lembap dan rentan infeksi saat menstruasi.

2 dari 3 halaman

2. Pilih pakaian dalam berbahan lembut dan sejuk

Pakaian dalam ketat yang terbuat dari serat sintetis membuat miss V kurang nyaman dan lembap. Sehingga, pertumbuhan bakteri bisa meningkat dan lebih berisiko mengalami infeksi.

Sebagai gantinya, pilihlah pakaian dalam berbahan katun yang akan membantu menyerap kelembapan ekstra dan menjaga daerah intim tetap seimbang. Juga disarankan untuk mengganti pakaian dalam setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat.

3 dari 3 halaman

3. Mengonsumsi sayuran hijau

Mengonsumsi Sayuran© Shutterstock

Mengonsumsi sayuran hijau setiap hari akan membantu menjaga kesehatan miss V. Seiring dengan menjaga asupan protein, kamu juga harus mengonsumsi sayuran segar, buah-buahan dan probiotik seperti yoghurt untuk mengontrol pertumbuhan mikroorganisme penyebab infeksi di area miss V.

Laporan : Syifa Putri Naomi

Beri Komentar