Hindari Daftar Makanan Ini untuk Cegah Kolesterol Tinggi

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 15 Mei 2020 17:33
Hindari Daftar Makanan Ini untuk Cegah Kolesterol Tinggi
Bagi penderita kolesterol tinggi, hindari makanan lemak jenuh.

Dream – Kolesterol tinggi yang menggumpal dapat menempel pada dinding arteri. Hal ini menyebabkan aliran darah ke organ vital dapat terganggu yang bisa berakibat fatal seperti serangan jantung atau stroke.

Secara alami, kolesterol dalam sel tubuh sebetulnya memiliki manfaat. Namun terlalu banyak kolesterol dalam darah akan berbahaya.

Faktor gaya hidup juga berkontribusi besar terhadap kadar kolesterol yang tinggi. Termasuk terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh hingga jarang berolahraga.

Badan amal kolesterol, Heart UK mengklarifikasi bahwa mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak lemak jenuh mengubah cara kerja hati dalam menangani kolesterol.

Penelitian menunjukkan bahwa lemak jenuh dapat menghentikan reseptor hati sehingga tidak bekerja dengan baik. Dan hal ini yang menyebabkan kolesterol menumpuk didalam darah.

1 dari 2 halaman

Makanan yang tinggi lemak jenuh

 Burger© Pixabay.com

Makanan yang termasuk dalam tinggi lemak jenuh diantaranya susu, keju, coklat putih, daging domba, burger, daging asap, dan kebab.

Selain itu mentega, margarin, lemak angsa, minyak kelapa, dan krim harus dikonsumsi dalam jumlah yang sedang.

Health UK memberikan beberapa makanan alternatif yang lebih sehat.

Untuk coklat susu dapat diganti dengan cokelat hitam, kacang-kacangan atau biji-bijian.

Untuk memasak, ganti mentega dengan dengan minyak zaitun.

Untuk hidangan besar seperti daging daat diganti dengan ikan.

2 dari 2 halaman

Cek Darah untuk ketahui kolesterol

Biasanya kolesterol tinggi hanya dapat diketahui jika sudah melakukan cek darah. Dengan melakukan cek darah, akan dapat diketahui kadar kolesterol.

Kolesterol baik adalah high-density lipoprotein (HDL), dan untuk kolesterol buruk adalah non-HDL. Dimana kolesterol buruk akan kembali ke hati kemudian dipecah dan dikeluarkan dari tubuh. 

(Sumber: express.co.uk)

Beri Komentar