Cegah Penularan Covid-19, Biarkan Ventilasi Terbuka

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 27 Oktober 2020 08:33
Cegah Penularan Covid-19, Biarkan Ventilasi Terbuka
Aliran udara yang buruk dapat meningkatkan risiko paparan Covid-19.

Dream - Aktvitas di luar ruangan lebih dianjurkan dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang. Baik berupa pertemuan, rapat hingga pesta pernikahan. Hal ini karena berada di ruangan tertutup bisa meningkatkan risiko penularan.

Bagaimana kalau terpaksa harus berada di dalam ruangan dan bertemu dengan beberapa orang? Pastinya protokol kesehatan harus dilakukan, yaitu mengenakan masker 3 lapis, menjaga jarak minimal 2 meter dan mencuci tangan dengan sabun setelah memegang sesuatu.

Hal yang juga sangat penting adalah perhatikan ventilasi dalam ruangan. Pastikan udara dalam ruangan mengalir, karena aliran udara yang buruk dapat meningkatkan risiko paparan Covid-19.

Dikutip dari Hindustan Times, menurut penelitian yang dilakukan Scientific Advisory Group for Emergencies (SAGE). Studi dari tim Universitas Cambridge pada bulan September 2020 lalu menemukan peningkatan risiko paparan virus dari sistem ventilasi di gedung perkantoran modern, yang dirancang untuk menjaga suhu tetap nyaman dan meningkatkan efisiensi energi.

 

1 dari 1 halaman

Para ahli SAGE mengatakan dalam sebuah makalah ventilasi merupakan faktor penting dalam mengurangi risiko penularan secara aerosol. Aktivitas yang dapat menghasilkan aerosol tingkat tinggi (bernyanyi, ucapan keras, aktivitas aerobik) cenderung menimbulkan risiko terbesar. Pada beberapa ruang bahkan ventilasi yang ditingkatkan mungkin tidak sepenuhnya mengurangi risiko ini.

Bila harus berada dalam ruangan dan bertemu dengan banyak orang, CDC (Centers for Disease Control and Prevention/ Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) Amerika Serikat menyarankan untuk meningkatkan sirkulasi udara luar ruangan sebanyak mungkin dengan membuka jendela dan pintu jika memungkinkan, dan menggunakan kipas angin.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar