Ilmuwan China Siap Uji Coba Vaksin Virus Corona April Mendatang

Reporter : Sugiono
Rabu, 11 Maret 2020 16:13
Ilmuwan China Siap Uji Coba Vaksin Virus Corona April Mendatang
Penggunaan vaksin dalam rangka uji coba itu bisa dilakukan karena situasi

Dream - Perlawanan Pemerintah China terhadap wabah virus corona baru atau COVID-19 mulai menampakkan hasil.

Dilaporkan China tak lagi menemukan kasus baru positif virus corona sejak Jumat pekan lalu. Pasien baru juga dilaporkan tidak ditemukan lagi di pusat wabah Covid-19 di Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Kabar positif juga datang dari hasil penelitian para ilmuwan di China. Mereka mengklaim bahwa pembuatan vaksin dan obat anti COVID-19 telah mengalami kemajuan.

1 dari 4 halaman

Vaksin Diujicoba Bulan April?

Zheng Zhongwei, direktur Pusat Pengembangan Sains dan Teknologi Komisi Kesehatan Nasional, mengatakan di Beijing bahwa China terus bergerak untuk mengembangkan vaksin untuk virus COVID-19.

" Berbagai pendekatan kami (untuk membuat vaksin) terus mengalami banyak kemajuan," kata Zheng.

Zheng memperkirakan bahwa vaksin yang sekarang sedang dikembangkan bisa diuji coba secara klinis pada bulan April.

" Jika perlu kami akan menggunakan (vaksin) tersebut dalam situasi darurat," kata Zheng.

2 dari 4 halaman

Rencana Pembukaan Isolasi

Menurut undang-undang kesehatan China, vaksin yang sedang dikembangkan bisa digunakan untuk keadaan darurat dalam kondisi tertentu atau jika manfaatnya dianggap lebih dari risikonya.

Optimisme Pemerintah China itu dibuktikan dengan rencana untuk mengakhiri isolasi beberapa kota yang sebelumnya dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Sementara itu di Wuhan, wakil sekretaris umum dewan rakyat Ding Xiangyang mengatakan dia sangat yakin isolasi kota-kota ini akan berakhir meski tidak menyebutkan tanggalnya secara pasti.

" Ketika saya keluar rumah pagi ini, saya melihat bahwa pohon ceri di luar sedang mekar. Saya yakin hari yang ditunggu semua orang (pembukaan isolasi) akan segera datang," katanya.

(Sumber: SCMP)

3 dari 4 halaman

Dicari 24 Relawan untuk Percobaan Antivirus Corona, Dibayar Rp65 Juta

Dream - Dunia kini tengah berlomba mendapatkan vaksin virus Corona yang tengah menjadi wabah di sejumlah negara. Sampai saat ini, penangkal virus bernama resmi Covid-19 yang telah menyebabkan kematian ribuan orang itu belum ditemukan.

Di Inggris, bahkan sedang dicari relawan untuk diinfeksi virus Corona di Queen Mary BioEnterprises Innovation Centre, Whitechapel, London, untuk menemukan vaksin Corona.

Menurut laman Mirror, relawan yang bersedia jadi 'kelinci percobaan' bakal dibayar 3.500 pound sterling atau sekitar Rp65 juta. Relawan akan disuntik dengan virus yang tidak berbahaya.

Pencetus lowongan ini adalah Hvivo. Perusahaan riset ini akan menginfeksi 24 relawan dengan dua virus bersamaan, yaitu 0C43 dan 229E.

Virus ini berasal dari golongan yang berbeda. Virus yang dilemahkan ini bisa mengatasi virus perusak, seperti Covid-19.

4 dari 4 halaman

Dikarantina Dua Minggu

Yang berminat untuk menjadi relawan, harus dikarantina selama dua minggu. Para relawan tak boleh latihan atau kontak fisik dengan orang lain. Mereka hanya akan bisa makan dan minum jenis tertentu.

Setiap perawat atau dokter yang mengerjakan penelitian ini harus mengenakan ventilator dan pakaian pelindung saat mereka bekerja di lab atau dengan bahan apa pun yang mungkin terinfeksi virus, seperti jaringan kotor atau tes darah.

Langkah yang dilakukan Hvivo diamini oleh Badan Pengawas Obat-obatan dan Produk Kesehatan Inggris. Pengujian ini merupakan upaya global senilai US$2 miliar (Rp28,97 triliun) untuk menemukan vaksin virus corona.

Beri Komentar