Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ciri-ciri Orang Terinfeksi Virus Corona dan Komplikasi Serius Lainnya

Ciri-ciri Orang Terinfeksi Virus Corona dan Komplikasi Serius Lainnya Ciri-ciri Umum Orang Terinfeksi Virus Corona (Foto: Shutterstock.com)

Dream – Ciri-ciri orang yang terinfeksi virus corona menunjukkan gejala-gejala yang sedikit mirip dengan ciri-ciri orang terserang flu biasa. Sehingga orang akan susah membedakan di antara keduanya. Akan tetapi kita bisa mengenali ciri-ciri orang terinfeksi virus corona sedini mungkin.

Bahkan, sekarang sudah tersebar banyak tes tertulis untuk mengetahui apakah kita terinfeksi virus corona ataukah tidak. Seperti contoh website checkupcovid19.jatimprov.go.id, laman ini berisi beberapa pertanyaan terkait gejala-gejala orang terinfeksi virus corona. Selain itu, Alodokter juga sudah memiliki situs khusus untuk membantu anda memeriksakan diri terkait risiko tertular virus corona.

Perlu diketahui, update kasus di Indonesia per tanggal 24 Maret 2020 berdasarkan update laman kawalcovid19, terdapat 579 kasus terkonfirmasi, 500 kasus dalam perawatan, 30 kasus berhasil sembuh, dan 49 kasus meninggal dunia akibat virus corona.

COVID-19 yang sudah menjadi pandemik ini menjadi fenomena ketakutan yang luar biasa di kalangan masyarakat. Berdasarkan keterangan World Health Organization (WHO), sebagian besar orang yang terinfeksi virus corona akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga sedang. Penyakit pernapasan ini bisa sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus.

Ciri-ciri Orang Terinfeksi Virus Corona Menurut WHO

Orang yang memiliki usia lebih tua dan juga mereka yang sudah memiliki penyakit serius seperti kanker, kardiovaskular, diabetes, dan pernapasan kronis akan lebih rentan terjangkit Corona Virus Disease 2019.

Dari awal, WHO sudah menyarankan kepada seluruh masyarakat dunia untuk memahami virus corona, ciri-ciri infeksi, penyebabnya, dan bagaimana penyebarannya. Saran untuk mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan alkohol, serta mengurangi menyentuh area wajah.

WHO sudah menyampaikan berbagai ciri-ciri ornag terinfeksi virus corona. Pengaruh COVID-19 ini memang berbeda-beda caranya ketika menjangkit seserang. Penyakit yang menyerang pernapasan ini sebagian besar memang menginfeksi orang yang berusia 60 tahun ke atas. Risiko ini lebih tinggi dan bisa berakibat parah hingga kematian.

3 Ciri-ciri Umum Orang Terinfeksi Virus Corona

Ada 3 gejala umum yang disampaikan oleh WHO tentang ciri-ciri orang yang terinfeksi virus corona.

  1. Demam
  2. Kelelahan
  3. Batuk kering

Di samping gejala umum di atas, juga terdapat ciri-ciri lain yang menyertainya. Dream akan mengutip dari laman WHO dan berikut rinciannya.

  1. Sesak napas
  2. Sakit dan terasa nyeri
  3. Sakit di tenggorokan
  4. Diare
  5. Mual
  6. Pilek

 

Ciri-ciri Orang Terinfeksi Virus Corona Menurut Kemenkes

Selain itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga telah merilis beberapa ciri-ciri orang terinfeksi virus corona. Berikut uraian yang sudah Dream rangkum untuk anda:

  1. Demam

Ciri-ciri orang terinfeksi virus corona adalah tubuhnya mengalami demam dengan suhu lebih dari 38 derajat . Apabila orang di sekitar anda mengalami demam dengan suhu lebih dari 38 derajat maka disarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut. Hal ini penting supaya segera bisa terdeteksi apakah kita atau orang di sekitar kita terinfeksi virus corona atau tidak.

  1. Sesak Napas

Selain demam dengan suhu tinggi, ciri-ciri orang terinfeksi virus corona menurut laman kemenkes RI adalah merasakan sesak napas akut dan membutuhkan perawatan medis di rumah sakit.

  1. Batuk

Apabila demam, disertai dengan batuk dan sakit kepala, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit. Gunakan masker jika anda merasa sedang sakit, seperti batuk dan demam. Hal ini lebih baik untuk mencegah penularan virus kepada orang di sekitar kita.

Kemenkes menjelaskan gejala-gejala di atas akan lebih parah jika menyerang orang yang sudah berusia lanjut. Selain itu juga memiliki penyakit penyerta kronis lainnya, seperti penyakit paru obstruktif menahun atau penyakit jantung dan juga kanker.

  1. Sakit Kepala

Sakit kepala akibat terinfeksi virus corona ini merupakan ciri-ciri yang juga disertai kondisi tubuh demam tinggi di atas 38 derjat celcius. Apabila merasa sakit kepala berat, lebih baik tinggallah dulu di rumah dan beristirahat untuk mengetahui gejala lainnya. Apakah akan timbul gejala infeksi virus corona atau tidak.

Periksakan Sedini Mungkin ke Dokter

Berdasarkan penelitian, gejala COVID-19 akan muncul dalam kurun waktu 2 hari hingga 14 hari setelah terpapar virus corona. Jadi proses infeksi virus ini lebih lambat daripada virus flu biasa.

Deteksi dini perlu dilakukan, dan disarankan apabila ciri-ciri di atas terjadi pada anda, usahakan untuk mengisolasi diri di rumah. Lebih baik tidak berinteraksi dengan orang lain termasuk keluarga anda.

Apabila ciri-ciri terinfeksi virus corona dari WHO maupun dari kemenkes tersebut di atas menyerang anda, maka segera periksakan diri ke dokter. Terutama jika ciri-ciri tersebut terasa ketika anda atau orang di sekitar anda baru kembali dari wilayah-wilayah yang memiliki kasus COVID-19. Atau setelah berinteraksi dengan penderita infeksi virus corona.

Healthline menyarankan kepada anda untuk segera mencari perawatan medis jika anda mencurigai diri anda terinfeksi virus corona jenis baru ini. Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan untuk segera menghubungi petugas medis. Penyedia layanan kesehatan juga menawarkan kunjungan online, sehingga anda tak perlu meninggalkan rumah untuk penilaian awal.

Komplikasi Akibat Virus Corona

Jika kasus sudah parah, virus corona ini akan menyerang secara membabi buta organ-organ tubuh si penderitanya. Karena pasien virus corona yang sudah mengalami tingkat keparahan tinggi, dapat menyebabkan komplikasi penyakit serius lainnya.

Penyakit serius tersebut seperti terserang penyakit pneumonia, infeksi sekunder pada organ lain, hingga menyebabkan gagal ginjal.

Dilansir Alodokter, lebih jelasnya komplikasi serius akibat virus corona adalah sebagai berikut:

  1. Gagal Ginjal.
  2. Pneumonia.
  3. Acute Cardiac Injury atau penyakit cedera jantung akut.
  4. Acute Respiratory Distress Syndrome atau sindrom gangguan pernapasan akut.
  5. Infeksi Sekunder organ lain.
  6. Kematian.

Seseorang mungkin bisa saja terpapar virus corona, tetapi tidak menunjukkan ciri-cirinya. Maka lebih baik orang tersebut melakukan isolasi diri selama dua minggu di rumah. Meskipun anda dalam kondisi sehat, anda perlu melakukan beberapa pencegahan supaya virus corona tidak menginfeksi anda. 

Lakukan anjuran dari WHO dan juga dari pemerintah. Jika anda berada di daerah waspada, lebih baik anda tidak keluar rumah. Atau lebih baik anda lakukan work from home saja untuk mengendalikan penyebaran virus corona jenis baru ini.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Apakah Orang yang Terkena HIV Bisa Sembuh?

Apakah Orang yang Terkena HIV Bisa Sembuh?

Banyak orang meyakini bahwa HIV adalah penyakit yang tidak dapat diobati. Yuk, cek apakah seseorang bisa sembuh dari HIV!

Baca Selengkapnya
Proses Penularan Virus Flu Bisa Sangat Cepat, Pakai Masker Adalah Kunci

Proses Penularan Virus Flu Bisa Sangat Cepat, Pakai Masker Adalah Kunci

Flu kembali menyerang banyak orang. Proses penyembuhannya pun memakan waktu cukup lama. Cari tahu proses penularan virus dan cara mencegahnya.

Baca Selengkapnya
Peringatan Darurat WHO: Virus yang Pertama Kali Muncul Tahun 1700an Ini Kembali Hantui Indonesia, Bisa Sebabkan Lumpuh Layu

Peringatan Darurat WHO: Virus yang Pertama Kali Muncul Tahun 1700an Ini Kembali Hantui Indonesia, Bisa Sebabkan Lumpuh Layu

WHO mengumumkan bahwa enam kasus baru pada pasien yang sudah vaksin telah ditemukan di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ini Penyebab Orang Bisa Terjangkit HIV

Ini Penyebab Orang Bisa Terjangkit HIV

Banyak orang belum memahami apa saja penyebab HIV. Yuk, simak hal-hal apa saja yang bisa jadi penyebab seseorang terjangkit HIV!

Baca Selengkapnya
Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

ISPA adalah infeksi yang mengganggu pernapasan yang disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea, bahkan paru-paru.

Baca Selengkapnya
Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Penyakit X adalah virus “penampung” hipotetis yang belum terbentuk, namun para ilmuwan mengatakan penyakit ini bisa 20 kali lebih mematikan daripada COVID-19.

Baca Selengkapnya
Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Beberapa tempat memiliki jumlah virus lebih tinggi dibandingkan area lain. Kamu wajib meningkatkan daya tahan tubuh jika ingin mengunjunginya.

Baca Selengkapnya
Viral Ibu dan Bayi Meninggal Dunia Usai Persalinan di Rumah Sakit di Indramayu, Keluarga Menduga Terjadi Malapraktik

Viral Ibu dan Bayi Meninggal Dunia Usai Persalinan di Rumah Sakit di Indramayu, Keluarga Menduga Terjadi Malapraktik

Keluarga pasien menuding rumah sakit terlambat memberi pertolongan, baru ditangani beberapa jam setelah pasien datang.

Baca Selengkapnya
Viral Kondisi Tersangka Pembunuhan 5 Orang Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Viral Kondisi Tersangka Pembunuhan 5 Orang Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Viral Keadaan Junaedi Mendekam di Penjara, Remaja Tega Bunuh Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Baca Selengkapnya
Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah milik Ustad Abudl Somad atau UAS berada di perkampungan dengan jalan yang cuma muat dilintasi satu mobil.

Baca Selengkapnya