Coba Cara Paling Mudah dan Murah untuk Lebih Sehat

Reporter :
Selasa, 2 April 2019 09:43
Coba Cara Paling Mudah dan Murah untuk Lebih Sehat
Bukan hanya menyehatkan secara fisik tapi juga mental.

Dream - Banyak yang menganggap olahraga hanya bisa dilakukan pada waktu dan kondisi tertentu. Padahal tak selalu demikian. Sahabat Dream bisa memulainya dengan berjalan kaki.

Selama ini kita cenderung dimanjakan dengan berbagai fasilitas. Seperti lift, eskalator, dan ojek online, sehingga semakin jarang berjalan kaki. Padahal kebiasaan berjalan kaki secara signifikan bisa mengurangi risiko penyakit jantung, strok, diabetes, dan membuat mental jauh lebih sehat.

" Tidak hanya membakar kalori, terutama lemak, dan mengontrol berat badan, tetapi juga mengaktifkan beberapa otot di dalam tubuh. Saat jalan kaki, tubuh juga akan mengeluarkan endorfin, zat kimia otak yang akan meningkatkan kebahagiaan," kata Dom Thorpe, seorang pelatih kebugaran.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari berjalan kaki, disarankan untuk berjalan hingga 10.000 langkah setiap hari. Penilitian mengungkap, mereka yang berjalan kaki 10 hingga 59 menit setiap minggu bisa mengurangi risiko kematian mendadak hingga 18%.

Lalu seberapa cepat yang dibutuhkan dalam berjalan kaki?

Disarankan, berjalan kaki dengan kecepatan yang meningkatkan ritme pernapasan dan detak jantung. Untuk alasan ini, Thorpe merekomendasikan berjalan kaki atau berjalan dengan langkah besar untuk meningkatkan intensitas.

" Ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkuat kaki dan otot, meningkatkan detak jantung, serta memastikan bahwa pembuluh darah dan arteri bebas dari 'kemacetan', mengurangi risiko jantung dan strok," jelas Thorpe, seperti dikutip dari Huffingtonpost.

Laporan Tri Yuniwati Lestari

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan