Coba Teknik Pernapasan Ini Agar Mudah Tertidur

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 10 Desember 2019 08:12
Coba Teknik Pernapasan Ini Agar Mudah Tertidur
Sulit tidur biasanya dipicu oleh banyaknya pikiran.

Dream - Sulit tidur tak boleh disepelekan. Tubuh dan pikiran membutuhkan waktu untuk beristirahat. Saat tidur, sel-sel dalam tubuh akan menjalani proses regenerasi yang akan membuat kesehatan tubuh terjadi.

Tidur juga berdampak besar bagi kondisi psikologis. Saat seseorang kurang tidur, emosinya cenderung tak stabil, pikiran pun sulit untuk fokus. Sulit tidur biasanya dipicu oleh banyaknya pikiran.

" Banyak orang menanyakan kepada saya mengapa mereka bangun lebih lelah di pagi hari daripada saat mereka akan pergi tidur. Bagaimana kita memasuki tidur menentukan kualitas tidur," ujar Rasjshree Patel, penulis The Power of Vital Force yang dikutip dari laman PsychologyToday.

 

1 dari 6 halaman

Teknik Pernapasan

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, Patel membaginya dalam dua bagian, sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Kunci dari kualitas tidur yang baik tergantung pada pernapasan.

Tidur Nyenyak© Shutterstock

 

Patel merekomendasikan latihan pernapasan sederhana untuk menggeser aktivitas sistem saraf. Menurut Patel, napas memiliki kemampuan untuk membuat aktivitas simpatik dan respons stres menjadi berkurang.

Ia memaparkan untuk melakukan teknik napas panjang. Caranya, tarik napas panjang dan buang perlahan jelang tidur sebanyak 10 kali.

Latihan ini dapat mengubah rasa takut, cemas dan khawatir menjadi rileks dan lebih tenang. Tidak perlu mencoba mengosongkan pikiran untuk membuat diri menjadi rileks, tetapi cukup memperlambat napas dan perhatikan apa yang terjadi pada sistem saraf.

 

2 dari 6 halaman

Tarik Napas Saat Bangun Tidur

Selain itu, Patel juga merekomendasikan untuk melakukan rutinitas napas panjang saat bangun tidur. Hal ini merupakan cara terbaik untuk menenangkan diri sendiri sebelum melakukan aktivitas.

5 Cara Dapatkan Tidur Berkualitas dalam Waktu Singkat© MEN

“ Segera setelah bangun, gulingkan punggung atau duduk di sandaran. Tarik napas panjang 10 kali dan buang secara perlahan," ungkap Patel.

Penulis: Lorenza Ferary/ Sumber: Liputan6.com

3 dari 6 halaman

Menjaga Waktu Tidur dan Cara Mengatasi Insomnia

Dream - Menjaga rutinitas jam tidur memang sulit dilakukan jika waktu banyak tersita oleh banyaknya pekerjaan.

Namun, dengan penyesuaian waktu tidur yang tepat, kita bisa mengatur rutinitas tidur dengan baik sehingga tidak mengganggu jam biologis tubuh.

Jam biologis mengikuti segala perubahan pada aktivitas fisik, mental, dan perilaku manusia dalam siklus 24 jam.

Ritme sirkadian ini bisa menentukan siklus tidur, produksi hormon, suhu tubuh dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

Karena itu, meskipun tidur satu jam terdengar tidak terlalu banyak, namun berdampak sangat signifikan bagi orang yang sehari-harinya kurang tidur.

" Satu jam saja begitu signifikan kecuali kamu tidur di waktu yang direkomendasikan, yaitu tujuh hingga delapan jam," kata Dokter Sara Kayat, spesialis nutrisi dan kesehatan reproduksi.

4 dari 6 halaman

Pentingnya Menjaga Rutinitas Jam Tidur

Menurut dokter Sara sangat penting menjaga rutinitas jam tidur. Jika perlu kita membuat prioritas untuk waktu tidur ini.

" Cobalah untuk tidur satu jam lebih awal dari biasanya jika memungkinkan," ujarnya.

Tidur© shutterstock.com

Kebanyakan orang bersantai dengan minum teh setelah makan malam. Ini mungkin tidak masalah jika makan malam dilakukan pada jam enam sore.

" Tapi jika lebih dari jam tersebut, maka aktivitas santai sambil minum teh di malam hari sebaiknya dikurangi”.

Dokter Sara menambahkan, tubuh kita memiliki jam biologis tubuh yang sangat integral. Ketika ini berubah, maka dapat mempengaruhi tubuh sehingga sulit untuk kembali ke rutinitas tidur seperti biasanya.

Karena itu, dokter Sara menyarankan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari, meski itu di akhir pekan. " Selain badan lelah, kekurangan tidur bisa mempengaruhi fisik dan mental," katanya.

5 dari 6 halaman

Agar Cepat Mengantuk Bagi yang Susah Tidur

Colin Espie, Profesor Pengobatan Masalah Tidur di University of Oxford, membagikan tips agar kamu bisa cepat tidur.

1. Memprioritaskan Waktu Tidur

Tidur seringkali menjadi hal pertama yang harus dikorbankan ketika kita sibuk. Namun menjaga jadwal tidur yang konsisten akan membantu mengatur jam biologis tubuh sehingga tidur dan bangun menjadi lebih mudah.

2. Matikan Gadget

Hindari layar monitor dan perangsang aktivitas otak sebelum tidur, seperti menggunakan ponsel atau menonton di laptop dan televisi. Perangkat elektronik merangsang otak, yang membuatnya lebih sulit untuk tertidur.

Tidur© shutterstock.com

3. Menulis

Jika saat berbaring Sahabat Dream merasa khawatir dengan apa yang akan terjadi besok, maka tuliskan kekhawatiran itu dan katakan pada diri sendiri bahwa kamu akan mengatasinya di pagi hari.

4. Membuat Kamar Tidur Lebih Nyaman

Jika memungkinkan, keluarkan dokumen, komputer dan televisi dari kamar tidur agar otak kamu tidak terganggu. Buat diri kamu senyaman dan sesantai mungkin saat sudah berbaring di atas tempat tidur.

6 dari 6 halaman

Hindari Konsumsi Ini

5. Hindari Mengonsumsi Kafein di Sore atau Malam Hari

Kafein adalah stimulan yang menyebabkan otak selalu bekerja, yang akan membuat kamu sulit untuk beristirahat sebelum tidur. Coba ganti kopi dengan teh herbal atau minuman susu hangat sebagai gantinya untuk membuat pikiran jadi rileks.

Tidur© shutterstock.com

6. Hindari Alkohol

Meski bisa membuat seseorang cepat mengantuk, tapi alkohol akan mengurangi kualitas tidur dalam jangka panjang. Hal ini dapat menyebabkan kamu merasa lelah keesokan harinya, terlepas dari lamanya waktu tidur.

7. Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur dan berkontribusi pada istirahat malam yang lebih nyenyak dan menenangkan. Cobalah keluar untuk berjalan-jalan atau berlari di sore atau malam hari agar tubuh siap untuk tidur.

8. Jaga Waktu Tidur

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Ini akan membantu mengatur jam biologis tubuh dan memprogram tubuh untuk tidur yang lebih baik.

(ism, Sumber: Mirror.co.uk)

Beri Komentar