Tiba-tiba Kehilangan Pendengaran, Bisa Jadi Efek Virus Covid-19

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Minggu, 18 Oktober 2020 11:31
Tiba-tiba Kehilangan Pendengaran, Bisa Jadi Efek Virus Covid-19
Ternyata, saat menginfeksi tubuh, virus corona juga menyerang jenis sel tertentu di paru-paru dan darah.

Dream - Beberapa pasien Covid-19 setelah sembuh mengeluhkan masih mengalami gejala sisa, yaitu sesak napas dan mudah lelah. Rupanya ada juga yang mengalami kehilangan pendengaran tiba-tiba.

Ilmuwan mengungkapkan kehilangan pendengaran bisa menjadi efek samping dari kasus pasien terinfeksi virus corona. Penemuan ini diungkapkan dari laporan khusus baru tentang seorang pasien di Inggris.

Dokter dari University Collage London dan Royal National Nose and Ear Hospital mengungkapkan, pengobatan terhadap pasien Covid-19 bisa mengganggu pendengeran dan penghentian pengobatan bisa memperburuk keadaan pasien.

" Pemberian steroid langsung adalah pengobatan terbaik untuk meningkatkan prognosis," tulis laporan tersebut.

1 dari 5 halaman

Kasus di Inggris

Dikutip dari  WebMd, sejauh ini, beberapa kasus telah dikaitkan dengan Covid-19 dan mungkin akan ada kasus lebih banyak lagi. Awal tahun ini, beberapa pasien melaporkan kehilangan pendengaran setelah dirawat di rumah sakit karena terinfeksi Covid-19, menurut laporan bulan Juli di International Journal of Audiology.

Di Inggris, seorang pria berusia 45 tahun yang memiliki komorbid asma, melaporkan kehilangan pendengaran di salah satu telingannya setelah dirawat karena Covid-19.

Dia memiliki gejala virus corona yang parah dan harus ditempatkan di ICU dengan ventilator. Ia harus menerima steroid intravena, obat antiviral remedesvir dan transfusi darah. Setelah itu, ia mulai kembali pulih.

2 dari 5 halaman

Ada Penyumbatan dan Pembengkakan

Seminggu setelah ventilator dilepas, ia merasakan telinga kirinya berdenging dan kemudian tiba-tiba kehilangan pendengaran.

Dokter THT tidak menemukan adanya penyumbatan atau pembengkakan, tetapi tes pendengaran  menunjukkan bahwa ia kehilangan pendengaran di telinga.

Setelah disuntikan steroid dan diberikan tablet, pendengaran pasien kembali pulih sebagin.

“ Terlepas dari literatur yang cukup banyak tentang Covid-19 dan berbagai gejala yang terkait dengan virus tersebut, ada kurangnya diskusi tentang hubungan antara Covid-19 dan pendengaran,” laporan dalam jurnal.

 

 

3 dari 5 halaman

Ternyata, saat menginfeksi tubuh, virus corona juga menyerang jenis sel tertentu di paru-paru dan darah. Virus yang sama juga ditemukan di telinga oleh para dokter THT.

Virus yang mengendap tersebut, menyebabkan respons peradangan yang luar biasa dan adanya peningkatan bahan kimia sehingga menyebabkan gangguan pendengaran.

" Mengingat keberadaan virus yang terus menyebar luas dan adanya koneksi dengan gangguan pendengaran, penting untuk menyelidiki hal ini lebih lanjut," tulis jurnal tersebut.

Untuk itu, lebih baik mencegah daripada mengobati. Lakukan protokol kesehatan ketat dalam aktivitas sehari-hari. Cuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

 

4 dari 5 halaman

Pakai Masker Saja Tak Cukup Cegah Covid-19, Mengapa?

Dream - Ada tiga protokol kesehatan yang selalu diingatkan untuk selalu dilakukan demi mencegah penularan Covid-19. Yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak 2 meter (3M).

Bukan hanya mengenakan masker, dua hal lainnya juga harus dilakukan secara bersamaan. Tak bisa hanya dilakukan salah satu demi menurunkan risiko penularan. 

Jadi kita tak bisa hanya mengenakan masker, tapi juga menjaga jarak hindari kerumunan dan mencuci tangan dengan sabun. Vaksin pun juga harus diberikan meskipun tiga hal tersebut sudah dilakukan.

Sahabat Dream penasaran mengapa demikian?

 

5 dari 5 halaman

Dokter Riezkie, asal Malang memberikan penjelasan yang cukup sederhana melalui akun Twitter.

Ia menjelaskan protokol kesehatan harus dilakukan karena satu metode pencegahan memiliki kekurangan, tidak ada yang sempurna. Semua harus dikerjaan agar pencegahan jadi efektif dan optimal.

 

" Sehingga kita berupaya melakukan metode lain agar mendapatkan perlindungan semaksimal mungkin," tulis dr. Riezkie dalam cuitannya.

Jadi pastikan melakukan ketiga metode pencegahan secara bersamaan ya, Sahabat Dream.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

 

 

 

 

Beri Komentar