Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Covid-19 Picu Tubuh Membuat 'Senjata' untuk Serang Jaringan Sendiri

Covid-19 Picu Tubuh Membuat 'Senjata' untuk Serang Jaringan Sendiri Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Sebuah tim peneliti internasional yang mempelajari Covid-19 telah membuat penemuan yang mengejutkan dan penting. Virus Covid-19 rupanya menyebabkan tubuh membuat senjata untuk menyerang jaringannya sendiri.

Penemuan ini dapat membuka sejumlah misteri klinis pada pasien COvid-19. Termasuk kumpulan gejala yang membingungkan yang bisa datang dengan infeksi, gejala yang menetap pada beberapa orang selama berbulan-bulan setelah bersih dari virus, dan mengapa beberapa anak dan orang dewasa mengalami sindrom peradangan serius, yang disebut MIS-C atau MIS-A, setelah infeksi mereka.

“Ini menunjukkan bahwa virus mungkin secara langsung menyebabkan autoimunitas, yang akan sangat menarik,” kata penulis utama studi Paul Utz, MD, yang mempelajari imunologi dan autoimunitas di Universitas Stanford di Stanford, CA, dikutip dari WebMD.

Studi tersebut, juga memperdalam pertanyaan apakah virus pernapasan lain juga dapat merusak toleransi tubuh, membuat orang jadi terkena penyakit autoimun seperti multiple sclerosis, rheumatoid arthritis, dan lupus di kemudian hari. Utz mengatakan dia dan timnya selanjutnya akan mempelajari pasien flu untuk melihat apakah virus itu mungkin juga menyebabkan fenomena ini.

“Prediksi saya adalah tidak hanya spesifik untuk SARS-CoV-2. Saya berani bertaruh bahwa kita akan menemukannya dengan virus pernapasan lainnya," katanya.

Studi ini muncul setelah beberapa investigasi kecil dan mendetail yang sampai pada kesimpulan serupa. Studi tersebut mencakup data dari lebih dari 300 pasien dari empat rumah sakit yaitu dua di California, satu di Pennsylvania, dan satu lagi di Jerman.

 

Para peneliti menggunakan tes darah untuk mempelajari respons kekebalan mereka saat infeksi berkembang. Para peneliti mencari autoantibodi - senjata dari sistem kekebalan yang menjadi 'nakal' dan melancarkan serangan terhadap jaringan tubuh sendiri. Mereka membandingkan autoantibodi ini dengan yang ditemukan pada orang yang tidak terinfeksi virus penyebab COVID.

Seperti yang ditemukan penelitian sebelumnya, autoantibodi lebih umum terjadi setelah Covod-19. Sebanyak 50% orang yang dirawat di rumah sakit karena infeksi mereka memiliki autoantibodi, dibandingkan dengan kurang dari 15% dari mereka yang sehat dan tidak terinfeksi.

"Tubuh mereka disiapkan untuk terkena COVID yang buruk, dan itu mungkin disebabkan oleh autoantibodi," kata Utz.

Autoantibodi menjadi lebih umum seiring perkembangan infeksi, menunjukkan bahwa hal itu terkait langsung dengan infeksi virus, bukan kondisi yang sudah ada sebelumnya.
Beberapa di antaranya adalah antibodi yang menyerang komponen kunci sistem kekebalan tubuh melawan virus, seperti interferon.

 

Interferon adalah protein yang membantu sel yang terinfeksi meminta penguatan dan juga dapat mengganggu kemampuan virus untuk menggandakan dirinya sendiri. Mengeluarkannya adalah taktik mengelak yang kuat, dan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang yang terlahir dengan gen yang menyebabkannya memiliki fungsi interferon yang lebih rendah, atau yang membuat autoantibodi melawan protein ini, tampaknya berisiko lebih tinggi terkena infeksi Covid-19 yang mengancam jiwa.

 Virus Covid-19 Bisa 'Sembunyi' di Otak dan Kambuh Lagi

“Tampaknya virus memberikan keuntungan yang kuat. Sekarang sistem kekebalan tubuh, alih-alih memiliki bukit kecil untuk didaki, justru menatap Gunung Everest. Itu benar-benar licik," kata kata penulis studi, John Wherry, PhD, yang mengarahkan Institute for Immunology di University of Pennsylvania.

Selain mereka yang menyabotase sistem kekebalan, beberapa orang dalam penelitian ini memiliki autoantibodi terhadap otot dan jaringan ikat yang terlihat pada beberapa kelainan langka.

Utz mengatakan mereka memulai penelitian setelah melihat pasien COVID dengan kumpulan gejala aneh yang lebih mirip penyakit autoimun daripada infeksi virus. Antara lain ruam kulit, nyeri sendi, kelelahan, nyeri otot, pembengkakan otak, mata kering, darah yang mudah menggumpal, dan peradangan pembuluh darah.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Terdeteksi di Karawang, Ketahui 4 Fakta Virus Covid-19 Strain B117

Dream - Virus Covid-19 strain baru, varian B117 sudah masuk Indonesia. Tak dipungkiri hal ini memicu kekhawatiran masyarkat. Mengingat kasus Covid-19 di Indonesia belum ada tanda-tanda penurunan secara signifikan.

Masuknya varian B117 diketahui dari proses surveilans genome sequencing. Seorang warga negara Indonesia yang melakukan perjalanan dari Arab Saudi, dari hasil analisis
polymerase chain reaction (PCR) dan surveilans genome sequencing diketahui kalau terjangkit Covid-19 dengan varian B117.

Apa yang membuat strain virus ini berbeda dengan virus asli? Ketahui faktanya.

1. Lebih Menular
Data menunjukkan bahwa B.1.1.7 sekitar 50 persen lebih menular daripada strain aslinya. Infeksi B.1.1.7 sangat mengkhawatirkan, karena bisa menular dengan lebih cepat.

“Penting untuk diingat bahwa kami membandingkannya dengan galur asli virus corona, yang sangat menular dan memiliki tingkat kematian yang jauh lebih tinggi daripada banyak virus lain yang biasa kami alami, seperti influenza," ujar Timothy Friel, MD, Ketua Departemen Kedokteran Pennsylvania Department of Health.

Varian berisi serangkaian perubahan yang disebut mutasi. Untuk B.1.1.7, ada 23 perubahan pada regangan. Varian lain juga bermunculan, seperti yang baru-baru ini ditemukan di Afrika Selatan yang juga diperkirakan menyebar lebih cepat daripada strain aslinya.

 

2. Risiko komplikasi infeksi serupa dengan jenis aslinya

Jika terinfeksi B.1.1.7, risiko komplikasi tetap sama. Secara klinis tidak ada yang berbeda. B.1.1.7 tidak memiliki tingkat kematian atau tingkat gejala yang lebih tinggi dan kisaran gejala tampaknya sama dengan versi virus yang lebih umum yang telah beredar sejak awal 2020.

"Terapi standar Covid-19 dan obat-obatan yang digunakan di rumah sakit juga tampaknya sama efektifnya dalam membantu orang dengan B.1.1.7 pulih. Bisa dikatakan, jika lebih banyak orang menjadi sakit karena infeksi virus ini, lebih banyak orang yang akan dirawat di rumah sakit," kata Friel, dikutip dari LeHighValley.org.

 

3. Kasusnya bisa lebih banyak dari yang diketahui

Tes PCR usap hidung adalah bentuk pengujian Covid-19 yang paling umum dan efektif yang tersedia. Tes usap PCR memang dapat mendeteksi apakah seseorang positif Covid-19 atau tidak, tapi tes ini tidak menunjukkan jenis virus varian mana yang menginfeksi.

Ilustrasi Swab Test

Pengecekan dilakukan dengan surveilans genome sequencing secara acak. Terutama pada mereka yang melakukan perjalanan dari luar negeri, khususnya negara yang sudah terdeteksi terjangkit virus varian B117. Sangat mungkin jumlah kasusnya lebih banyak dari yang diketahui.

 

4. Protokol kesehatan tak boleh kendor

Sahabat Dream mungkin telah mendengarnya jutaan kali, tapi menjalankan protokol kesehatan jadi paling penting dalam situasi sekarang. Cuci tangan, pakai masker, dan jarak sosial. Prinsip tersebut berlaku untuk melindungi kita dari virus Covid-19 varian apapun.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Penyakit X adalah virus “penampung” hipotetis yang belum terbentuk, namun para ilmuwan mengatakan penyakit ini bisa 20 kali lebih mematikan daripada COVID-19.

Baca Selengkapnya
Viral Kondisi Tersangka Pembunuhan 5 Orang Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Viral Kondisi Tersangka Pembunuhan 5 Orang Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Viral Keadaan Junaedi Mendekam di Penjara, Remaja Tega Bunuh Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Baca Selengkapnya
Pria Suaranya Tiba-tiba Parau dan Muntah Darah, Dikira Flu Biasa, Pas Diperiksa Ternyata Ada Lintah Hidup Nempel di Tenggorokan

Pria Suaranya Tiba-tiba Parau dan Muntah Darah, Dikira Flu Biasa, Pas Diperiksa Ternyata Ada Lintah Hidup Nempel di Tenggorokan

Lintah biasanya dapat masuk ke dalam tubuh manusia disebabkan kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ganjar Buka-bukaan Data Ranking Pertahanan Indonesia Turun, Prabowo Malah Salahkan Covid-19

Ganjar Buka-bukaan Data Ranking Pertahanan Indonesia Turun, Prabowo Malah Salahkan Covid-19

Ganjar pun mengaku tidak puas atas jawaban ini. Ia menganggap Prabowo tidak menjawab sama sekali pertanyaannya

Baca Selengkapnya
Viral Ibu dan Bayi Meninggal Dunia Usai Persalinan di Rumah Sakit di Indramayu, Keluarga Menduga Terjadi Malapraktik

Viral Ibu dan Bayi Meninggal Dunia Usai Persalinan di Rumah Sakit di Indramayu, Keluarga Menduga Terjadi Malapraktik

Keluarga pasien menuding rumah sakit terlambat memberi pertolongan, baru ditangani beberapa jam setelah pasien datang.

Baca Selengkapnya
Vaksin Covid-19 Gratis Mulai Dibatasi, Epidemiolog Angkat Bicara

Vaksin Covid-19 Gratis Mulai Dibatasi, Epidemiolog Angkat Bicara

Epidemiolog, Dicky Budiman, memberi pendapatnya soal kebijakan baru ini.

Baca Selengkapnya
Viral Rekaman Percakapan Diduga Pejabat di Batu Bara Dukung Prabowo-Gibran

Viral Rekaman Percakapan Diduga Pejabat di Batu Bara Dukung Prabowo-Gibran

Pria tersebut menegaskan nantinya tidak akan ada pemeriksaan bagi pejabat-pejabat yang mendukung paslon 2, dengan catatan telah berkomitmen.

Baca Selengkapnya
Kasus Covid-19 Meningkat, Naik Kereta Api Wajib Pakai Masker

Kasus Covid-19 Meningkat, Naik Kereta Api Wajib Pakai Masker

PT KAI juga mengingatkan penumpang untuk menjaga kebersihan

Baca Selengkapnya
Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

ISPA adalah infeksi yang mengganggu pernapasan yang disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea, bahkan paru-paru.

Baca Selengkapnya