CONNECT WITH US!

Dampak Gangguan Kabut Asap Bagi Kesehatan

Reporter : Ervina | Senin, 22 September 2014 15:30
Ilustrasi
Musibah kebakaran hutamn yang tengah melanda beberapa area di Kalimantan dapat memengaruhi kondisi kesehatan warganya. Apa saja dampak akibat kabut asap bagi kesehata?

Dream - Kebakaran hutan yang tengah menimpa sejumlah wilayah di Indonesia dapat mempengaruhi kondisi kesehatan warga setempat. Pada kondisi kesehatan tertentu, seseorang dapat dengan mudah mengalami gangguan kesehatan akibat kabut asap.

Pada orang dengan gangguan paru dan jantung, lansia, serta anaka-anak kabut asap dapat memberikan pengatuh yang lebih buruk. Dilansir Dinas Kesehatan Barito, berikut beberapa dampak negatif akibat gangguan asap bagi kesehatan.

1. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan. Selain itu dalam jangka waktu tertentu kabut asap juga dapat menyebabkan reaksi alergi, peradangan, dan infeksi.

2. Bagi penderita asma, bronkitis dan penyakit kronis paru lainnya, kabut asap juga dapat memperburuk kondisi pernafasan.

3. Kemampuan paru-paru dalam bekerja memproduksi oksigen menjadi berkurang, sehingga dapat menyebabkan seseorang sulit bernafas dan mudah lelah.

4. Bagi mereka yang telah memasuki usia lanjut, anak-anak, atau mereka dengan penyakit kronik dapat memengaruhi kondisi daya tahan tubuh. Saat tubuh dalam kondisi kurang fit ditambah dengan kabut asap, maka lebih rentan berpotensi mengalami gangguan kesehatan.

5. Kemampuan dalam mengatasi infeksi paru-paru dan pernfasan menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan mudah mengalami infeksi.

6. Berbagai penyakit kronik bisa jadi kian memburuk.

7. Bahan polutan dalam asap akibat kebakaran hutan dapat menjadi sumber polutan di sumber air bersih dan makanan yang tidak terlindungi dengan baik.

8. Lebih mudah terkena infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), karena ketidak seimbangan daya tahan tubuh dengan pola bakteri / virus penyebab penyakit. Ditambah dengan buruknya kondisi lingkungan. (Ism)

Kulon Progo Festival (Kulfest) 2017