Dear Remaja, 4 Tips dari Psikolog Ini Bisa Jaga Mood Positif Kamu dan Anti Baper

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 3 Desember 2021 14:35
Dear Remaja, 4 Tips dari Psikolog Ini Bisa Jaga Mood Positif Kamu dan Anti Baper
Jangan langsung Baper ketika kamu belum diterima di lingkungan sosial. Bisa jadi sikap menerima itu harus melalui proses dan waktu.

Dream - Berdasarkan teori psikologi perkembangan “ Erikson’s 8 Stages of Psychosocial Development”, masa remaja adalah masa pencarian identitas diri. Pada periode ini, banyak remaja memiliki keinginan yang kuat untuk membentuk citra yang positif, diakui, dan diterima oleh lingkungan sosialnya.

Pengakuan dan perasaan diterima ini seolah menjadi satu hal yang sangat penting bagi remaja di masa tersebut. Remaja perempuan maupun laki-laki berusaha membentuk identitas yang sesuai untuk diterima di lingkungannya.

Namun terkadang, sebaik apapun citra yang dibuat, ada saja penolakan dan penilaian negatif dari lingkungan luar.

Hersprotex© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Ada saja isu-isu seperti bullying, penolakan, dan juga penilaian negatif dari lingkungan yang dapat sangat mengganggu emosi remaja atau sering disebut baper. Penolakan ini juga berpotensi menimbulkan rasa tidak percaya diri pada remaja," jelas Psikolog Klinis, Tara de Thouars, pada konferensi virtual Hers protec Cinnamoroll, 2 Desember 2021.

Rasa tidak percaya ini akan menghambat para remaja menunjukan potensinya dan menghambat banyak perkembangan di usia muda. Tara de Thouars membagikan beberapa tips agar remaja bisa terus positif dan tidak mudah terbawa emosi dalam kegiatan sehari-hari.

1 dari 4 halaman

Jangan Bandingkan Diri, Karena Kamu Spesial

Shutterstock© Shutterstock

Melihat kelebihan dari orang lain memang mudah. Tapi, menemukan kelebihan di diri sendiri tergolong sulit. Perasaan kurang ini dan itu kerap saja muncul, padahal sebenarnya setiap orang unik dan memiliki hal menonjol yang berbeda.

" Remaja harus bisa menyadari bahwa setiap orang unik dan spesial. Maka harus berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain," tambah Tara.

2 dari 4 halaman

Batasi Waktu Bermain Sosial Media

Berselancar di sosial media memang menyenangkan. Namun terkadang banyaknya informasi negatif yang membuat pikiran ikut negatif.

" Bersosial media rentan memicu 'baper', coba buat batasan waktu dalam bermain media sosial. Atau menghindari konten atau akun tertentu yang memicu baper," tambah Tara.

Bahkan memblokir atau hide postingan dari akun teman-teman yang dirasa memberi efek negatif dan perasaan yang kurang nyaman untuk dirimu, sah-sah saja kok.

3 dari 4 halaman

Me Time

Shutterstock© Shutterstock

Me time atau menghabiskan quality time bersama diri sendiri terbukti dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mental dan tubuh.

Hal ini dapat dilakukan dengan menjalankan hobi atau kegiatan yang disukai tanpa gangguan orang lain. Hal ini sangat ampuh untuk menurunkan tingkat stres dan meningkatkan rasa percaya diri.

" Kalau mood gak enak, coba cari cara agar bisa lebih nyaman, dengan melakukan me time atau mendengarkan musik yang disukai," tambah Tara.

 

4 dari 4 halaman

Jaga Mood Kala Menstruasi

" Meskipun mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi mood, tetap penting bagi remaja untuk bisa melewati masa pubertas dengan attitude yang

positif dan tanpa ‘baper’, agar bisa menemukan purpose serta menjadi versi terbaik dari diri mereka,” tambah Tara.

Untuk mengatasi baper kala menstruasi, Hers Protex hadir dengan solusi yang baik untuk para perempuan di Indonesia, yaitu Hers Protex Cinnamoroll Daily Comfort.

Hersprotex© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Pastinya para perempuan ingin tetap happy, positif, nggak baperan, dan menjalankan aktivitas dengan penuh percaya diri, meskipun sedang dalam kondisi menstruasi. Untuk itu, Hers Protex hadir dalam dua varian, Hers Protex Cinnamoroll Daily Comfort Day dan Hers Protex Cinnamoroll Daily Comfort Night," ungkap Evelyn Elrica Setiawan, Brand Representative Hers Protex.

Dirancang dengan Soft-Edges, Pin Hole Area, dan Easy open technology, Hers Protex Cinnamoroll
Daily Comfort nyaman digunakan saat beraktivita dan ada karakter Cinnamoroll dari Sanrio yang lucu dan menggemaskan pada packaging-nya. Desain ini dibuat menggemaskan agar bisa membuat mood para wanita terus positif.

Beri Komentar