Deretan Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Kamis, 15 Agustus 2019 13:48
Deretan Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh
Selain untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, puasa juga akan memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Yuk simak informasinya berikut ini.

Dream – Semua umat muslim tentu saja pernah melakukan aktivitas berpuasa. Sebenarnya tidak hanya umat muslim saja yang pernah merasakan berpuasa. Pasalnya, disetiap akan melakukan suatu operasi baik kecil ataupun besar si pasien diharuskan untuk berpuasa terlebih dahulu.

Puasa merupakan salah satu aktivitas yang mengharuskan seseorang untuk dapat menahan lapar, haus hingga hawa nafsu.

Hal ini dikarenakan berpuasa merupakan salah satu ajang untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagian besar orang beranggapan puasa hanya dilakukan pada saat bulan Ramadhan saja.

Akan tetapi, berpuasa tidak hanya pada saat bulan Ramadhan saja. Terdapat beberapa puasa sunnah yang telah dianjurkan oleh Allah SWT untuk dilakukan oleh para umat-Nya.

Segala sesuatu yang telah dianjurkan oleh Allah SWT tentu saja memiliki segudang manfaat yang baik bagi umat-Nya, tidak terkecuali dengan berpuasa.

Terdapat beberapa manfaat berpuasa yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Meskipun demikian, manfaat ini bisa dirasakan jika kalian berpuasa dnegan bersungguh-sungguh. Berikut merupakan beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Manfaat Puasa: Detoksifikasi

 Deretan Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat puasa yang pertama adalah mampu untuk membantu mengeluarkan racun yang bersarang di dalam tubuh seseorang.

Makanan dan minuman olahan yang sering kalian konsumsi, tentu saja akan mengandung zat tambahan yang bisa menjadi racun bagi tubuh.

Mengapa demikian? Zat tambahan yang semakin menumpuk dan jarang untuk dikeluarkan itulah yang nantinya akan berubah menjadi racun.

Terdapat salah satu organ tubuh manusia yang memang berfungsi untuk menyaring racun di dalam tubuh yaitu organ hati. Meskipun begitu, untuk bisa mengeluarkan semua racun yang ada di dalam tubuh seseorang tidaklah cukup hanya dengan mengandalkan organ hati saja.

Kalian harus juga mengupayakan hal lain yang bisa membantu untuk menghilangkan racun tersebut. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah dnegan berpuasa.

2 dari 5 halaman

Manfaat Puasa: Meningkatkan Kadar Lemak Baik

 Deretan Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Terdapat salah satu studi yang dilakukan oleh Annals of Nutrition Metabolism, menyatakan berpuasa mampu untuk menurunkan setidaknya 8 persen kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Tidak hanya kolesterol jahat saja, berpuasa juga bisa untuk menurunkan trigliserida sebanayk 30 persen. Di sisi lain, berpuasa akan meningkatkan setidaknya 14,3 persen kolesterol baik (HDL) pada tubuh seseorang.

Fakta itu nantinya akan membantu untuk melindungi kesehatan jantung dari munculnya penyakit kardiovaskular.

Sebagian besar orang ketika sedang berpuasa akan cenderung memilih untuk mengonsumsi jenis makan sehat seperti buah kurma, kacang-kacangan, buah, hingga lebih memilih untuk masak sendiri di rumah.

Dengan hal itu membuat seseorang yang sedang berpuasa akan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan cepat saji.

3 dari 5 halaman

Manfaat Puasa: Menjaga Kesehatan Jantung

 Deretan Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat puasa selanjutnya adalah mampu untuk membantu kalian dalam menjaga kesehatan jantung. Terdapat sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa dengan melakukan puasa intermiten dapat meningkatkan kinerja otot pada jantung.

Tidak hanya itu saja, dengan berpuasa juga membantu untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh serta dapat meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah pada jantung.

Tidak hanya pada manusia saja, para penelitian juga melakukan sebuah eksperimen ini kepada para hewan.

Penelitian ini memberikan hasil, berpuasa kemungkinan akan juga akan dapat meningkatkan kesehatan pada jantung hewan tersebut.

4 dari 5 halaman

Manfaat Puasa: Meindungi Fungsi Otak

 Deretan Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat puasa berikutnya adalah dapat membantu untuk melindungi fungsi otak. Pada era milenial ini, sduah terdapat banyak sekali penelitian yang mengkaji tentang penuaan serta fungsi pada otak.

Mengapa demikian? Banyak sekali masyarakat yang mulai memiliki ketertarikan tenatang kesehatan pada fungsi otak.

Mereka menganggap dengan menjaga kesehatan fungsi pada otak dapat mewujudkan keinginan mereka dalam beberapa hal.

Keinginan itu meliputi untuk mencegah munculnys gelaja penuaan dini, bisa tetap memiliki tubuh yang sehat hingga memiliki kondisi dan kemampuan mental yang sehat juga.

Salah satu cara yang snagat efektif untuk bisa menjaga kesehatan fungsi otak adalah dengan melakukan aktivitas berpuasa.

Sebaiknya kalian tidak hanya sekali saja mencoba untuk berpuasa, namun biasakanlah untuk melaukan aktivitas ini sesering mungkin.

5 dari 5 halaman

Manfaat Puasa: Menjaga Sistem Pencernaan

 Deretan Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu manfaat puasa yang bisa kalian rasakan dengan cepat adalah mampu utnuk membantu menjaga sistem pencernaan pada tubuh kalian.

Pada umumnya, sistem pencernaan kita akan terus dipaksa untuk bekerja setiap saatnya. Berbeda halnya jika kalian sedang berpuasa, sistem pencernaan kalian bisa beristirahat setidaknya selama 14 jam.

Pada saat kalian berpuasa, secara otomatis juga membuat sistem dan saluran pencernaan beristirahat.

Tidak hanya itu saja, enzim dan hormon yang setiap harinya selalu bekerja untuk mencerna makan juga bisa beristirahat sejenak.

Untuk itulah, dengan berpuasa mampu untuk menjaga sistem pencernaan kalian agar lebih sehat kembali. (ism, Sumber: honestdocs dan doktersehat)

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal