Diet Sesuai Golongan Darah

Reporter : Dwi Ratih
Sabtu, 16 Desember 2017 17:15
Diet Sesuai Golongan Darah
Ampuhkah diet ini?

Dream - Berat badan berlebih jadi momok tersendiri terutama bagi kaum wanita. Berbagai jenis diet ditawarkan, dari diet mayo, food combining, hingga diet golongan darah.

Tapi, tahukah kamu kalau diet menurut golongan darah dianggap metode paling efektif? Digagas pertama kali oleh seorang dokter asal Amerika, Peter J D'adamo, diet ini berdasarkan teori bahwa golongan darah mempengaruhi pencernaan.

Dalam bukunya yang berjudul "Eat Right for Your Type", Peter menyatakan bahwa darah adalah makanan paling mendasar bagi tubuh kita.

Sehingga jenis darah yang berbeda akan bereaksi berbeda pula terhadap makanan yang kamu makan. Nah buat kamu yang ingin mencoba metode diet ini, berikut rekomendasi makanan dan juga olahraga berdasarkan golongan darah yang bisa kamu jadikan informasi penting.

1. Golongan darah O

Pemilik golongan darah O cenderung memiliki kadar asam lambung yang tinggi dan memiliki kemampuan untuk mencerna protein dan lemak dengan mudah.

Namun mereka tidak dianjurkan untuk sering mengonsumsi susu dan olahannya karena produk
tersebut sulit dicerna tubuh.

Selain itu, kecenderungan alergi terhadap gluten tinggi, sehingga tidak dianjurkan untuk konsumsi kubis, kembang kol, dan gandum yang dapat menghambat hormon tiroid dan berpengaruh buruk bagi insulin yang dapat menghambat sistem metabolisme tubuh.

Makanan yang direkomendasikan bagi mereka golongan O adalah buah-buahan yang bersifat alkali seperti alpukat, apel, kurma, bawang putih, wortel, seledri, serta daging sapi, domba, kalkun, ayam, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dan seafood karena dapat meningkatkan produksi hormon.

Olahraga yang disarankan yaitu olahraga yang membutuhkan ketahanan, seperti berlari.

2. Golongan darah A

Golongan darah A cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih sensitif, sehingga terlalu banyak tekanan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Mereka memiliki kadar asam lambung lebih rendah sehingga cenderung sulit mencerna makanan yang mengandung protein hewani dan lemak.

Dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein nabati seperti kedelai, tempe, kacang polong, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan yang berifat alkali seperti alpukat, kurma, apel, berry, dan lain-lain.

Pemilik golongan darah A juga cenderung sensitif terhadap lektin, maka mereka tidak dianjurkan untuk konsumsi kentang, umbi-umbian, serta pepaya, mangga, dan jeruk yang dapat memicu diabetes.

Olahraga yang disarankan yaitu olahraga yang menenangkan, seperti golf atau yoga.

3. Golongan darah B

Golongan darah B lebih fleksibel dibandingkan dengan golongan lainnya khususnya A dan O karena mereka dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani maupun nabati.

Mereka dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi daging merah, sayuran hijau, telur, dan produk susu rendah lemak.

Tetapi, pemilik golongan darah B tidak dianjurkan untuk konsumsi ayam, gandum, jagung, kacang, tomat, kacang tanah dan biji wijen karena makanan tersebut dapat mempengaruhi proses metabolisme tubuh yang mengakibatkan kelelahan, retensi cairan, dan hipoglikemia (kadar gula dalam darah di bawah kadar normal).

Pilihan olahraga yang tepat yaitu olahraga dengan intensitas sedang, seperti berjalan, mendaki, dan tenis.

shutterstock

4. Golongan darah AB

Sama seperti golongan darah A, orang dengan tipe golongan darah AB memiliki asam lambung yang rendah sehingga mereka tidak dianjurkan untuk makan daging karena sistem pencernaannya sulit menerima makanan tersebut.

Mereka juga tidak dianjurkan untuk konsumsi kafein dan alkohol terlebih saat mereka sedang stres. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah tahu, susu, sayuran hijau, dan makanan laut yang merupakan sumber terbaik protein seperti salmon, sarden, tuna, dan ikan kakap merah.

Disarankan juga olahraga yang merupakan perpaduan dari olahraga menenangkan sekaligus pada intensitas menengah.

Tertarik? Jenis diet ini bisa saja kamu jadikan rekomendasi alternatif dalam menurunkan berat badan. Namun bukan berarti kita membatasai apalagi menghindari makanan tertentu.

Tetap konsumsi makan bergizi dibarengi dengan gaya hidup sehat agar program diet kamu bisa lebih efektif.

Jangan lupa selalu sedia Larutan Penyegar Cap Badak yang diproses secara modern dengan teknologi Jerman dan terbuat dari bahan-bahan alami Gypsum Fibrosum dan Galcareus Spar.

lpcb

Selain dapat melancarkan pencernaan, Larutan Penyegar Cap Badak juga dapat membuat tubuh kembali segar.

Produk andalan Sinde ini terjamin halal, aman, dan khasiatnya sudah dibuktikan dari generasi ke generasi untuk mengatasi sariawan dan masalah tenggorokan. Kamu sudah coba ini?

Beri Komentar