Disebut-sebut Bisa Sembuhkan Kanker, Apa Kandungan Akar Bajakah?

Reporter :
Kamis, 15 Agustus 2019 15:48
Disebut-sebut Bisa Sembuhkan Kanker, Apa Kandungan Akar Bajakah?
Banyak orang yang penasaran dengan tumbuhan yang hidup di Kalimantan Tengah ini.

Dream - Ramai pemberitaan dua pelajar SMA asal Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri, yang menemukan obat kanker payudara. Keduanya juga mendapat medali emas di ajang World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan.

Obat tersebut dibuat Aysa dan Anggina dari tumbuhan eksotik yang tumbuh di Kalimantan Tengah yaitu akar bajakah. Mereka mengolahnya akar tumbuhan tersebut menjadi teh. Banyak orang yang penasaran apa kandungan akar bajakah?

1 dari 5 halaman

Senyawa aktif

Akar bajakah, menurut penelitian Aysa dan Anggina memiliki kandungan saponin, alkoloid, steroid, terpenoid, flavonoid, tanin, dan phenolic, yang dapat menyembuhkan tumor ganas.

Kandungan tersebut juga sudah dibuktikan dari hasil laboratorium di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. " Kandungan dalam akar bajakah tersebut membuktikan bahwa akar bajakah ini dapat menyembuhkan kanker payudara," kata Aysa.

2 dari 5 halaman

Dikeringkan dan ditumbu

Rupanya orang-orang di pedalaman Kalimantan menyakini bahwa akar bajakah bisa menyembuhkan penyakit kanker. Salah satunya kanker payudara.

" Banyak orang-orang terdahulu membuktikan," ungkap Aysa.

 Wedang Teh Dijamin Hangatkan Tubuh

Para siswa itu lalu mengemas produk teh dan bisa dikonsumsi dengan menuangkan pada air 500 mililiter. Produk teh dari akar bajakah mereka buat secara manual dengan bantuan sinar matahari untuk proses pengeringan, selanjutnya ditumbuk manual atau diblender.

" Kami menggunakan alat manual karena belum memiliki alat," ucap gadis kelahiran 2002 itu.

3 dari 5 halaman

Diuji pada Tikus

Tak hanya meneliti isi kandungan akar bajakah saja, para siswa berprestasi ini menguji cobanya ke tikus putih yang terkena tumor. Hasilnya, selama dua minggu sel tumor yang ada di tikus tersebut hilang.

" Bahkan tikus tersebut dapat bertumbuh besar dan berkembang biak, sel tumor yang sebelumnya positif menjadi nol sentimeter," kata Anggina.

Meskipun menurut penelitian dua remaja tersebut akar bajakah bisa sembuhkan kanker, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya secara medis.

(Sumber: kaltengpos.co)

4 dari 5 halaman

Pentingnya Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Dream - Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh wanita adalah kanker payudara. Selain karena rasa sakit dan bahaya kematian, kanker payudara beresiko menghilangkan atau mengubah bentuk payudara itu sendiri.

 Gerakan Sederhana untuk Deteksi Kanker Payudara

" Berdasarkan data statistik yang kami punya, usia anggota kami semakin muda dalam beberapa tahun terakhir, hal ini menandakan kanker payudara bukan lagi penyakit untuk perempuan usia matang," ujar Madelina Mutia, Founder Lovepink, di acara AIA Centennial Ambassador, Senayan, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu. 

Biasanya pasien kanker payudara yang datang ke dokter sudah berada pada stadium lanjut. Kurangnya pemahaman masyarakat menjadi salah satu penyebab masalah tersebut.


5 dari 5 halaman

Periksa Payudara Saat Haid

Hal utama yang dapat wanita lakukan untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini yakni dengan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari). Waktu yang tepat untuk memeriksa yaitu tujuh hari terhitung dari hari menstruasi pertama.

Untuk perempuan yang berusia diatas 40 atau sudah menopause dapat menggunakan alat mamografi. Dengan alat tersebut akan terlihat apakah ada sel-sel ganas di payudara, meskipun belum berbentuk benjolan.

 8 Cara Mencegah Kanker Payudara


Masih banyak orang yang tidak tahu dan bahkan sudah tahu namuntidak melakukannya. Oleh karena itu, deteksi kanker payudara sejak dini tidak boleh diremehkan.

“ Visi dari Lovepink sendiri ingin membantu pemerintah dalam menekan angka pasien kanker payudara stadium lanjut,” tutup Madelina.

(ism, Laporan : Alfi Salima Puteri)

 

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie