Dot Anak Bisa Sebabkan Gigi Berlubang

Reporter : Kusmiyati
Senin, 12 Oktober 2015 12:30
Dot Anak Bisa Sebabkan Gigi Berlubang
Penggunaan dot yang terlalu sering berisiko timbulnya masalah pada gigi anak. Salah satunya yakni karies, penyakit infeksi yang merusak struktur gigi ini dapat menyebabkan gigi berlubang.

Dream - Penggunaan dot yang terlalu sering berisiko timbulnya masalah pada gigi anak. Salah satunya yakni karies, penyakit infeksi yang merusak struktur gigi ini dapat menyebabkan gigi berlubang.

Jika tidak ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, penanggalan gigi, infeksi, berbagai kasus berbahaya bahkan kematian.

" Penggunaan dot yang terlalu sering dapat menyebabkan karies gigi, yang menimbulkan rasa nyeri infeksi dan perkembangan gigi serta susunan letak gigi tidak sempurna di kemudian hari," ujar Dokter spesialis anak, I Gusti Ayu Pratiwi, Senin 12 Oktober 2015.

Kontak yang lama antara Gigi dengan Susu ini menyebabkan baby-bottle tooth decay (kerusakan Gigi karena botol Susu). Gigi bagian depanlah yang biasanya terkena, tempat dimana cairan berkumpul pada saat mereka mulai tertidur sewaktu meminumnya.

Tingginya angka karies gigi diakibatkan meningkatnya penggunaan susu formula menggunakan dot selama 6 bulan pertama sejak kelahiran.

" Meningkatnya penggunaan susu formula dengan bantuan dot yang menjadi faktor tingginya angka karies gigi," ujar Tiwi.

Mulailah mengurangi penggunaan dot untuk menghindari hal-hal buruk terjadi pada bayi di kemudian hari, " para ibu harus cermat terhadap segala macam aktivitas pada bayi dan pintar memilih mana yang baik untuk bayi dan tidak, biala ada keluhan konsultasikan kepada dokter agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," kata Tiwi. (Ism) 

Beri Komentar