Dzarirah, Obat Jerawat Istri Rasul

Reporter : Sandy Mahaputra
Senin, 23 Juni 2014 16:25
Dzarirah, Obat Jerawat Istri Rasul
Diriwayatkan, Siti Aisyah memegang minyak wangi dzarirah, kemudian membubuhi minyak itu kepada Rasulullah.

Dream - Jerawat terkadang membuat seseorang tidak percaya diri tampil di depan umum, khususnya para kaum hawa. Beragam cara pengobatan pun diupayakan untuk menghilangkan jerawat.

Hal itu rupanya juga dilakukan salah satu istri Rasulullah SAW. Dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim diriwayatkan, Siti Aisyah menceritakan dia memegang minyak wangi dzarirah, kemudian membubuhi minyak itu kepada Rasulullah. Peristiwa itu terjadi pada hajjatul wada (haji perpisahan) untuk melakukan tahallul (mencukur rambut) dan ihram.

" Saya meminyaki Rasulullah SAW dengan tanganku dengan menggunakan Dzarirah (arum) pada haji wada selam ihram," dikutip dari buku pintar kedokteran nabi karya Ibnu Qayyin al-jauziyah hal 152, terbitan PT Fathan Prima Media.

Berdasarkan hadits tersebut, maka untuk mengobati jerawat yang hinggap pada bagian tubuh ialah dengan cara memberikan minyak wangi dzarirah. Rasulullah SAW memang tidak menyebutkan bentuk jerawatnya secara spesifik.

Namun, tidak sedikit orang yang meyakini bahwa minyak wangi dzarirah dapat mencakup semua jenis penyakit jerawat.

Dzarirah merupakan obat India yang terbuat dari batang pohon arum. Sifat pohon arum yang mempunyai panas dan kering diyakini dapat menyembuhkan radang perut dan lever.

(Ism, Sumber: Merdeka.com)

Beri Komentar