Efek Samping Penggunaan Steroid Bagi Penderita Eksim

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 28 November 2019 07:48
Efek Samping Penggunaan Steroid Bagi Penderita Eksim
Jika penggunaan steroid tidak terkontrol ini yang akan terjadi pada kulitmu.

Dream - Bagi penderita eksim pasti tahu betul bagaimana sulitnya meredakan kondisi kulit saat kambuh atau flare up. Solusi utama yang akan dilakukan untuk meredakan eksim adalah menggunakan pelembap.

Namun jika kondisinya cukup kronis, tak jarang penderita dianjurkan menggunakan steroid. Bahkan, ada juga yang menggunakan steroid di luar pengawasan dokter.

Padahal, penggunaan steroid saat mengatasi eksim memiliki efek samping tersendiri.

Steroid© shutterstock.com

" Jadi, steroid digunakan untuk mengatasi eksim yang berat, cepat dan harus di bawah pengawasan dokter. Dan steroid kalau dipakai tanoa pengawasan dokter bisa menyebabkan athropy, atau penipisan kulit," ujar Spesialis Kulit dan Kelamin, Inneke Jane di Veranda Hotel, Jakarta Selatan, Rabu 27 November 2019.

Menurut Inneke cara meredakan eksim bisa dilakukan dengan perawatan lainnya. " Begitu teratasi, harus dibantu dengan perawatan lain" .
 

1 dari 1 halaman

Kulitmu Bisa Mengalami Penipisan

Jika penggunaan steroid tidak terkontrol, kulitmu bisa mengalami penipisan dan timbul stretch mark. Hal ini dikarenakan kulit penderita eksim yang memiliki imunitas rendah.

Steroid© shutterstock.com

" Jadi, lebih mudah terinfeksi. Lama-lama kulitnya jadi nggak respons terhadap steroid dan timbul efek samping seperti tumbuhnya rambut di area yang terpapar steroid dan lain-lain," tutupnya.

Beri Komentar