CONNECT WITH US!

Fakta Seputar Skincare Ini Dijamin Bikin Shock! Sudah Tahu?

Reporter : Ayu Siti Rachma | Kamis, 8 Februari 2018 09:29
(Sumber: Shutterstock)
Perawatan kulit memang dianggap sangat penting buat menjaga penampilan tetap sehat dan cantik. Namun faktanya...

Dream - Skincare jadi salah satu produk yang nggak bisa lepas dari kehidupan perempuan. Terutama moisturizer yang penting untuk menjaga kulit. Perawatan kulit memang dianggap sangat penting buat menjaga penampilan tetap sehat dan cantik. Tapi, tahu nggak sih, ternyata ada beberapa fakta seputar skincare yang bikin shock?

Baru-baru ini, BBC menghadirkan sebuah program bertajuk The Truth About Looking Good yang menghadirkan fakta-fakta seputar produk skincare yang sering digunakan perempuan. Program ini melakukan uji eksperimen yang dilakukan di Sheffield University untuk membuktikan apakah skincare yang mahal memang lebih baik dari produk yang lebih terjangkau.

Harga Mahal Ternyata Nggak Menjamin Hasil Perawatan

Eksperimen ini melibatkan 25 partisipan yang terbagi ke dalam 3 kelompok untuk menggunakan produk skincare dari range harga berbeda. Kelompok pertama menggunakan NIVEA Soft Moisturising Cream yang memiliki tingkatan harga paling rendah, yaitu sekitar £1.60 atau sekitar Rp 30 ribu.

©Nivea

©Nivea

Kelompok kedua menggunakan Clinique Dramatically Different Moisturizing Lotion yang berada pada level middle range. Skincare yang satu ini memiliki range harga £24 atau sekitar Rp 450 ribu.

©Clinique

©Clinique

Lalu kelompok terakhir menggunakan Embryolisse Lait-Crème Concentre Nourishing Moisturizer yang berada pada tingkatan harga paling mahal, yaitu £43 atau sekitar Rp 800 ribu.

©Embryolisse

©Embryolisse

Para partisipan ini menjalani serangkaian tes sebelum dan sesudah menggunakan produk. Mereka lalu diminta menggunakan sebuah produk secara rutin selama 3 minggu untuk mengetahui mana yang paling memberikan efek pada kulit. Tapi, masing-masing partisipan nggak tahu produk apa yang mereka gunakan.

Setelah 3 minggu, hasilnya cukup bikin shock, ternyata budget cream dari NIVEA dan mid-range skincare Clinique yang bekerja lebih maksimal. Produk NIVEA yang dibanderol dengan harga paling murah dapat mempertahankan dan meningkatkan kelembapan kulit. Sementara itu, Embryolisse yang memiliki harga paling mahal tidak memberikan efek apapun pada para partisipan. Studi ini memberikan bukti pada perempuan kalau harga skincare yang mahal bukan jaminan perawatan kulit yang maksimal, melainkan kandungannya.

Kandungan Bahan Lebih Berperan Penting untuk Merawat Kulit

Eksperimen ini juga menampilkan fakta lainnya. Para expert yang terlibat dalam uji eksperimen ini menyarankan agar kamu mencari skincare yang memiliki kandungan humectants, yaitu sebuah formulasi yang dapat mempertahankan kelembapan kulit. Salah satu jenis humectants yang sering digunakan adalah glycerin. Sebelum membeli produk skincare, cek dulu labelnya. Semakin tinggi posisi penulisan glycerin ini di sebuah label, maka semakin baik produk tersebut untuk merawat kulitmu. Contohnya bisa kamu temukan dalam gambar di bawah ini.

©Youtube/NIVEA UK

©Youtube/NIVEA UK

Eksperimen yang dilakukan oleh BBC ini bisa menjadi referensi buat para perempuan bahwa harga bukan jaminan sebuah produk skincare dapat memberikan perawatan yang diperlukan. Bahkan, produk yang paling terjangkau seperti NIVEA Soft Moisturising Cream sudah memberikan buktinya sebagai unbeaten moisturizer yang memiliki formula nggak kalah berkualitas dari produk yang memiliki harga 10x lebih mahal.

Jangan lupa mengecek kandungan produk skincare yang digunakan sebelum membelinya ya, Sahabat Dream!