Mengenal Tanda-Tanda Kesedihan Mendalam dan Cara Mengatasinya

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 3 April 2020 07:12
Mengenal Tanda-Tanda Kesedihan Mendalam dan Cara Mengatasinya
Grief adalah respons alami terhadap kehilangan. Ini adalah penderitaan emosional yang Anda rasakan ketika seseorang atau sesuatu yang Anda cintai diambil.

Dream - Seringkali, rasa sakit karena kehilangan bisa terasa luar biasa untuk sebagian orang. Mereka mungkin mengalami semua jenis emosi yang sulit dan tidak terduga, mulai dari keterkejutan atau kemarahan hingga ketidakpercayaan, rasa bersalah, dan kesedihan mendalam.

Rasa sedih yang sangat mendalam dapat mengganggu kesehatan fisik, membuat sulit untuk tidur, makan, atau bahkan berpikir jernih. Ini adalah reaksi normal terhadap kehilangan. Semakin signifikan kerugiannya, semakin intens kesedihan kamu.

Mengatasi kehilangan seseorang atau sesuatu yang kamu cintai adalah salah satu tantangan terbesar dalam hidup. Setiap kehilangan dapat menyebabkan kesedihan, termasuk:

  • Perceraian atau putusnya hubungan
  • Kehilangan kesehatan
  • Kehilangan pekerjaan
  • Kehilangan stabilitas keuangan
  • Keguguran
  • Pensiun
  • Kematian hewan peliharaan
  • Kehilangan mimpi yang sangat berharga
  • Penyakit serius orang yang dicintai
  • Kehilangan persahabatan
  • Kehilangan keselamatan setelah trauma

Apa pun penyebab kesedihan kamu, ada beberapa cara sehat untuk mengatasi rasa sakit yang dirasakan. Termasuk dapat meringankan kesedihan dan membantu kamu mengatasi rasa kehilangan.

1 dari 8 halaman

Proses dalam Grieving

 Sad© Pexels.com

Grieving adalah pengalaman yang sangat individual. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk berduka. Bagaimana kamu bersedih tergantung pada banyak faktor, termasuk kepribadian dan gaya hidup, pengalaman hidup, keyakinan, dan seberapa dalam kehilangan yang kamu rasakan.

Proses grieving (berduka) membutuhkan waktu. Penyembuhan terjadi secara bertahap, tidak bisa dipaksakan atau diburu-buru, dan tidak bisa dijadwalkan. Beberapa orang mulai merasa lebih baik dalam beberapa minggu atau bulan. Namun bagi yang lain, proses berduka dapat dirsakan hingga tahunan. Apa pun pengalaman kesedihan kamu, penting untuk bersabar dengan diri sendiri dan membiarkan prosesnya berlangsung secara alami.

2 dari 8 halaman

Bagaimana menghadapi Grief

Kesedihan karena kehilangan adalah bagian tak terhindarkan dari kehidupan. Ada beberapa cara untuk membantu mengatasi rasa sakit, berdamai dengan kesedihan dan pada akhirnya menemukan cara untuk melanjutkan hidup kamu. Seperti yang dilansir dalam helpguide.org:

  • Akui rasa sakitmu.
  • Terimalah bahwa kesedihan dapat memicu banyak emosi yang berbeda dan tidak terduga.
  • Pahami bahwa proses berduka akan unik bagi Anda.
  • Carilah dukungan secara langsung (tatap muka) dari orang-orang yang peduli dengan Anda.
  • Dukung diri Anda secara emosional dengan menjaga diri Anda secara fisik.
  • Kenali perbedaan antara kesedihan dan depresi.

3 dari 8 halaman

Tahapan kesedihan

 Sad© Pixabay.com

Pada tahun 1969, psikiater Elisabeth Kübler-Ross memperkenalkan " Five stages of grief" . Tahap-tahap kesedihan ini didasarkan pada penelitiannya tentang perasaan pasien yang menghadapi penyakitnya. Tetapi banyak orang telah menyamakan situasi tersebut dengan kehilangan (dalam kehidupan manusia), seperti kematian orang yang dicintai.

Lima tahap kesedihan

  • Denial: " Ini tidak mungkin terjadi kepada ku."
  • Anger: “ Mengapa ini terjadi? Siapa yang harus disalahkan?"
  • Bargaining: " Jauhkan hal ini dari ku, akan kuberikan imbalan."
  • Depression: " Aku terlalu sedih untuk melakukan apa pun."
  • Acceptance: " Ini telah menjadi jalan ku"

Jika kamu mengalami salah satu dari emosi di atas setelah kehilangan sesuatu, mungkin hal tersebut menunjukkan bahwa reaksi kamu wajar. Pada waktunya kamu akan pulih. Namun, tidak semua orang yang berduka melewati semua tahapan ini.

Bahkan, beberapa orang menyelesaikan kesedihan mereka tanpa melalui tahapan-tahapan tersebut. Dan jika kamu benar-benar melewati tahap-tahap kesedihan itu, kamu mungkin tidak akan mengalaminya secara berurutan. Jadi jangan khawatir tentang apa yang " seharusnya" kamu rasakan atau di tahap mana seharusnya berada.

4 dari 8 halaman

Mencari Dukungan

Rasa sakit dapat menyebabkan kamu ingin menarik diri dari orang lain. Tetapi mendapat dukungan orang lain sangat penting untuk penyembuhan dari rasa kehilangan. Bahkan jika kamu tidak nyaman membicarakan perasaan , penting untuk mengungkapkannya ketika kamu sedang bersedih.

Hal itu tidak berarti bahwa setiap kali kamu berinteraksi dengan teman dan keluarga, kamu harus selalu membicarakan kehilangan. Kenyamanan juga bisa datang dari berada di dekat orang lain yang peduli dengan kamu. Kuncinya adalah tidak mengisolasi diri sendiri.

5 dari 8 halaman

Beralih ke teman dan anggota keluarga

 Family Time© Pexels.com

Sekarang adalah waktu untuk bersandar pada orang-orang yang peduli pada kamu. Bahkan jika kamu bangga menjadi kuat dan mandiri. Daripada menghindari mereka, mendekatlah pada teman dan orang yang dicintai. Habiskan waktu bersama dan terima bantuan yang ditawarkan. Seringkali, orang ingin membantu tetapi tidak tahu bagaimana caranya. Jadi beri tahu mereka apa yang kamu butuhkan. Jika kamu tidak merasa memiliki orang yang dapat kamu hubungi secara langsung, tidak ada kata terlambat untuk membangun pertemanan baru.

6 dari 8 halaman

Terimalah bahwa banyak orang merasa canggung ketika mencoba menghibur seseorang yang sedang berduka

Kesedihan bisa menjadi emosi yang membingungkan dan terkadang menakutkan bagi banyak orang. Terutama jika mereka sendiri tidak mengalami kehilangan yang sama. Mereka mungkin merasa tidak yakin tentang bagaimana menghibur kamu. Akhirnya mereka mengatakan atau melakukan hal-hal yang salah.

Tapi jangan gunakan itu sebagai alasan untuk mundur dan menghindari kontak sosial. Jika seorang teman atau orang yang dicintai mencari kamu, itu karena mereka peduli.

7 dari 8 halaman

Hibur diri melalui kepercayaan spiritual

 Doa Berdoa© Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Jika kamu orang yang taat beragama, raihlah kenyamanan yang bisa didapatkan. Kegiatan spiritual yang bermakna bagi Anda, seperti berdoa, bermeditasi dapat mengubah mood anda

8 dari 8 halaman

Bicaralah dengan terapis atau orang yang ahli pada bidang emosional

 Terapis© Pexels.com

Jika kesedihan kamu terasa terlalu berat untuk ditanggung, temukan seorang profesional kesehatan mental dengan pengalaman dalam konseling kesedihan. Seorang terapis yang berpengalaman dapat membantu Anda mengatasi emosi yang intens dan mengatasi hambatan dalam proses kehilanganmu.

Beri Komentar