Bumi Jangan Sepelekan Gusi Berdarah, Ini Cara Mencegah

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 13 Desember 2018 16:44
Bumi Jangan Sepelekan Gusi Berdarah, Ini Cara Mencegah
Ketika hamil, tubuh wanita cenderung lebih sensitif. Tak terkecuali bagian gusi.

Dream - Perjuangan di kala kehamilan tidaklah mudah. Selain pinggang pegal karena mengandung sang buah hati, seorang ibu hamil juga bisa terserang penyakit. Tak seperti sebelum kehamilan, Bumil tak boleh sembrangan meminum obat.

Salah satu penyakit yang sering dialami para Bumil adalah gusi yang semakin mudah berdarah.

Rahmi Amtha, Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia menjelaskan jika kondisi gusi wanita memang menjadi lebih sensitif saat menjalani kehamilan. Hal ini dipicu faktor hormon dalam tubuh si Bumil.

Meski terkesan sepele, kondisi gusi berdarah pada Bumi bisa jadi berbahaya.

" Wanita hamil umumnya cenderung muntah-muntah. Sisa kotoran dari muntahan megnakibatkan bertumpuknya bakteri pada mulut yang berubah menjadi toxin," kata Rahmi di Jakarta, Kamis 13 Desember 2018.

Meningkatnya bakteri pada rongga mulut akan menyebabkan radang gusi. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat memicu terjadinya infeksi akut hingga kanker mulut.

Kanker terjadi karena pertumbuhan jaringan lunak yang tidak terkendali. Luka pada gusi bisa menyebabkan bermutasinya sel tubuh menjadi sel kanker. Selain itu, racun juga dapat mempengaruhi janin.

Sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk lebih ekstra dalam menjaga kebersihan mulut.

" Biasakan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Ibu hamil juga boleh memakai obat kumur. Pilih yang kadar alkoholnya rendah," ujarnya.

Rahmi juga menghimbau ibu hamil agar rajin mengonsumsi makanan dengan kadar antioksidan tinggi. Antioksidan berperan penting dalam pembentukan kolagen yang mampu meningkatkan kekenyalan gusi sehingga tak mudah berdarah.

Makanan tersebut diantaranya apel, pepaya, brokoli, tomat, jeruk dan kacang almond.(Sah)

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham