Habis Minum Kopi Malah Lelah? Bisa Jadi Caffeine Crash

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 25 Oktober 2021 19:48
Habis Minum Kopi Malah Lelah? Bisa Jadi Caffeine Crash
Bisa jadi kamu mengalaminya.

Dream – Kopi selalu jadi andalan saat muncul rasa kantuk. Terutama di pagi atau sore hari ketika tubuh butuh asupan kafein agar tetap bisa fokus. Memang, zat kafein pada kopi bisa membuat tubuh jadi lebih terjaga.

Ternyata efek tersebut tak selalu terjadi setiap saat. Dalam beberapa kondisi justru terjadi sebaliknya. Beberapa orang merasa lebih lelah setelah menghabiskan secangkir kopi.

Mengapa demikian? Dilansir dari Pop Sugar, kafein adalah stimulan yang di dalamnya dapat meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf. Ahli gizi, Clara Nosek, MS, RDN, menjelaskan, kafein dapat mempengaruhi individu dengan cara yang berbeda bahkan mengalami apa yang disebut dengan caffeine crash.

Situasi ini dapat disebabkan oleh seberapa lama seseorang tertidur di malam hari, tingkat kecemasan saat ini, apakah cukup makan, bagaimana asupan gula yang dikonsumsi, hingga apakah sudah minum cukup air.

 

1 dari 5 halaman

Penyumbatan

Fenomena gangguan kafein juga bisa disebabkan oleh penyumbatan molekul bernama adenosin yang terjadi di dalam tubuh sehingga membuat seseorang mengantuk.

5 Manfaat Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan© MEN

“ Ketika mengonsumsi kafein, kafein mengikat reseptor adenosin di otak sehingga menghalangi fungsi tersebut untuk sementara. Setelah kafein habis, semua adenosin yang terbentuk akan melakukan fungsi aslinya dan memberikan efek crash,” kata Sarah Muhammad, seorang ahli gizi.

Sarah mengatakan, pastikan untuk minum air putih dalam porsi yang sama untuk setiap cangkir kopi karena hidrasi dapat mencegah kelelahan. Selain itu, apa yang kita masukan ke dalam kopi juga mempengaruhi energi seseorang.

 

2 dari 5 halaman

Bagaimana cara alami untuk menahan kantuk bukan dengan kopi?

Cara alami untuk merasa lebih segar dan terjaga di pagi hari adalah dengan melatih ritual tidur. Mulailah dengan bersih-bersih sebelum tidur. Batasi cahaya hingga satu jam sebelum tidur dan tidur di ruangan yang memiliki jendela dengan cahaya alami yang baik.

“ Direkomendasikan agar tidak mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur agar tubuh dapat beristirahat secara alami dan mendapatkan tidur yang berkualitas,” kata Sarah.

Kopi bisa menjadi luar biasa bagi banyak orang, tetapi kamu sensitif terhadap kafein coba untuk kurangi asupan kafein dengan memilih kopi rendah kafein. Bisa juga dengan beralih ke sumber kafein lain seperti matcha.

Laporan Elyzabeth Yulivia

3 dari 5 halaman

5 Manfaat Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan

Dream - Minum kopi telah menjadi kebiasaan setiap orang di seluruh dunia. Selain memiliki rasa yang enak dan membuat tubuh terasa lebih segar, ternyata kopi bisa membantu menurunakn berat badan.

Kopi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwa minum empat cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi lemak tubuh sekitar 4 persen.

Selain itu, terdapat berbagai alasan mengapa kopi dapat membantu penurunan berat badan. Dilansir dari Food.ndtv.com, berikut di antaranya.

1. Kopi hitam memiliki kalori yang rendah

Minum Kopi© Shutterstock

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu cangkir kopi hitam yang diseduh dari biji kopi mengandung dua kalori. Sedangkan, satu ons espresso hitam hanya mengandung satu kalori. Jumlah kalori dalam kopi bisa berkurang menjadi nol jika meminum kopi decaf atau kopi tanpa kafein.

2. Bisa menunda pembentukan glukosa

Kopi hitam juga mengandung zat yang disebut asam klorogenat, yang telah terbukti dapat membantu penurunan berat badan. Zat kimia tersebut dapat menunda pembentukan glukosa dalam tubuh setelah makan.

Di samping itu pembentukan sel-sel lemak baru pun berkurang, sehingga kalori dalam tubuh lebih sedikit. Menurut Dr. Simran Saini dari Rumah Sakit Fortis, asam klorogenat dalam kopi bertindak sebagai antioksidan yang membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, penurunan berat badan, dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

3. Membantu mengontrol rasa lapar mendadak

Merasa Lapar© Shutterstock

Kafein pada kopi merupakan stimulan alami yang membantu otak dan sistem saraf pusat kita tetap aktif dan fokus. Ini juga membantu dalam peningkatan tingkat energi. Sehingga, kamu tidak akan mudah lapar.

4. Membantu pembakaran lemak

Jika ingin mempermudah penurunan berat badan, konsumsilah biji kopi hijau yang mampu meningkatkan kapasitas pembakaran lemak tubuh.

Bahkan, kamu bisa mencegah penumpukan lemak pada hati dan menurunkan kadar kolesterol. Sehingga, tubuh pun menjadi lebih sehat.

5 dari 5 halaman

5. Mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh

Minum Kopi© Shutterstock

Kenaikan berat badan tidak selamanya terjadi akibat mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Kelebihan cairan tubuh juga bisa menjadi penyebabnya.

Jika ingin mengurangi kelebihan cairan tubuh, konsumsilah kopi hitam secara rutin. Namun, perlu diingat bahwa kamu bisa mengoptimalkan manfaat kopi dengan mengonsumsinya tanpa menambahkan produk lainnya seperti gula atau krim.

Laporan: Syifa Putri Naomi

Beri Komentar