Hantavirus Bikin Geger di China, Lebih Mematikan dari Covid-19

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 25 Maret 2020 11:29
Hantavirus Bikin Geger di China, Lebih Mematikan dari Covid-19
Seperti apa penularan virus ini?

Dream - Belum selesai pandemi Covid-19 di seluruh negara di dunia, kini muncul kasus virus baru di China. Kemunculan virus ini bikin geger setelah seorang pria meninggal dunia pada Senin 23 Maret 2020 lalu.

Pria tersebut dinyatakan positif Hantavirus. Lalu apa itu hanavirus? Hantavirus adalah keluarga virus yang menyebar melalui tikus, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, demikian dikutip dari laman USA Today.

Kasus hantavirus ini terjadi di provinsi Yunnan, korban yang meninggal sedang di perjalanan menuju provinsi Shandong. Ia dites positif untuk Hantavirus, 32 orang lainnya dalam bus diuji," demikian kicauan dari Global Times.

Meskipun negara-negara di seluruh dunia dalam siaga tinggi karena ketidakpastian seputar penyebaran Corona COVID-19, tidak ada indikasi bahwa hantavirus merupakan ancaman kesehatan masyarakat global.

Menurut CDC, kasus-kasus hantavirus jarang terjadi, dan mereka menyebar sebagai akibat dari kontak yang dekat dengan urin hewan, kotoran atau air liur. Jenis tikus yang dapat membawa virus juga tak sembarangan. Jenis tikus yang menularkan virus ini bisa menyebar hanya lewat perantara udara.

" Hantavirus yang menyebabkan penyakit manusia di Amerika Serikat tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain," kata CDC di situs webnya.

 

1 dari 6 halaman

Gejala yang Muncul Jika Terkena Hantavirus

Hantavirus dapat menyebabkan sindrom paru, masalah pernapasan parah yang bisa berakibat fatal. Gejalanya meliputi kelelahan, demam, nyeri otot, sakit kepala, pusing, kedinginan, dan masalah perut. Batuk dan sesak napas dapat terjadi kemudian.

 Pilek Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Infeksi Sinus© MEN

Demam berdarah dengan sindrom ginjal, sebagian besar ditemukan di Eropa dan Asia, juga dapat terjadi, yang menyebabkan rasa sakit, demam, kedinginan, mual, dan penglihatan kabur, kata CDC. Gejala yang lebih serius termasuk gagal ginjal akut.


Laporan Teddy Tri Setio Berty/ Sumber: Liputan6

2 dari 6 halaman

4 Kondisi Kesehatan yang Bikin Tubuh Sulit Melawan Virus Covid-19

Dream - Penyakit akibat virus corona (Covid-19) termasuk self limiting disease. Artinya, virus tersebut bakal hilang dengan sendirinya dengan perlawanan dari sistem kekebalan tubuh, meski tanpa obat khusus.

 © Dream

Kuncinya adalah dengan menjaga sistem imunitas bekerja dengan baik. Sayangnya, kondisi tersebut tak berlaku pada setiap orang. Khususnya pada mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Data mengungkap bahwa beberapa orang berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi kesehatan serius dari virus corona. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ini termasuk orang yang memiliki kondisi kronis serius seperti penyakit jantung, diabetes, paru-paru, dan kondisi kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Seperti apa komplikasi yang timbul? Simak penjelasannya

 

3 dari 6 halaman

1. Penyakit Jantung

Menurut Willian Li, MD, ilmuwan  dan penulis Eat to Beat Disease, orang dengan penyakit jantung cenderung memiliki masalah mendasar lainnya seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan paru-paru yang melemahkan sistem pertahanan kesehatan tubuh terhadap infeksi virus.

 Virus Corona© Shutterstock

Demam yang dikaitkan dengan COVID-19 menambah ketegangan pada tuntutan metabolisme tubuh, membuat jantung yang sudah lemah jadi melemah.

" Pneumonia yang biasanya terlihat dengan COVID-19, membuat paru-paru lebih sulit untuk mengoksigenasi darah, ini membuat jantung semakin stres, plus peradangan yang disebabkan oleh infeksi dapat merusak lapisan pembuluh darah di mana jantung memompa darah" jelas Li

 

4 dari 6 halaman

2. Penyakit Pernapasan Kronis

Penyakit pernapasan kronis atau Chronic Respiratory Disease (CRD) meliputi asma dan hipertensi paru. Orang dengan CRD harus sangat waspada dengan virus corona karena kemungkinan akan terkena pneumonia.

 Penyakit asma© Shutterstock

" Pneumonia membahayakan paru-paru, pada pasien yang sudah memiliki penyakit pernapasan kronis, itu bisa mematikan," kata Dr. Li.

 

5 dari 6 halaman

3. Diabetes

Beberapa waktu lalu, aktor Tom Hanks mengungkapkan di Instagramnya bahwa dia dan istrinya, Rita Wilson, dinyatakan positif COVID-19. Dia sebelumnya mengatakan bahwa dia menderita diabetes tipe 2, yang berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius dari virus Covid-19.

 Diabetes© Shutterstock

Kondisi yang membuat virus itu berbahaya bagi penderita diabetes yaitu, karena sistem kekebalan tubuh terganggu maka sulit bagi tubuh untuk melawan virus corona. Virus juga dapat berkembang ketika kadar glukosa darah tinggi.

" Jika memiliki infeksi virus, itu bisa menjadi pneumonia lebih mudah, karena diabetes itu sendiri adalah penyakit radang," ujar Maria Pena, MD, Direktur Layanan Endokrin di Mount Sinai Doctors Forest Hills.

IDF (International Diabetes Foundation) menyarankan pencegahan virus corona bagi orang yang menderita diabetes selain mencuci tangan dengan sabun adalah dengan memantau kadar glukosa darah.

 

6 dari 6 halaman

4. Depresi dan Kecemasan

Covid-19 tidak hanya menyerang orang-orang yang memiliki kondisi fisik yang terganggu, tapi juga dapat berdampak serius pada orang yang memiliki masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

  5 Tanda Anda Mengalami Stres Akut© MEN

" Ketakutan terhadap virus dan semua perubahan yang ditimbulkannya mendorong tingkat kecemasan untuk semua orang, tetapi bagi orang yang memiliki gangguan kecemasan itu jauh lebih buruk," kata Gail Saltz, MD, Professor di Psikiatri di NY Presbyterian Hospital Weill-Cornell Fakultas Kedokteran.

Dia menambahkan bahwa jarak sosial, karantina, dan kehilangan struktur pekerjaan atau sekolah juga dapat meningkatkan gejala kecemasan dan depresi dan meningkatkan perasaan kesepian.

Dengan berolahraga selama 30 menit setiap hari dan melakukan teknik relaksasi seperti pernapasan dapat membantu mencegah kecemasan.

Laporan Cindy Azari/ Sumber: Health

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya