Beri 6 Jawaban Ilmiah Ini Buat Hadapi Mitos Salah Tidur Tanpa Bra

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 5 Juni 2020 11:12
Beri 6 Jawaban Ilmiah Ini Buat Hadapi Mitos Salah Tidur Tanpa Bra
Banyak manfaat dari melepas bra saat tidur.

Dream – Banyak mitos terkait tidur tanpa menggunakan bra. Salah satunya adalah anggapan yang menyebut payudara dapat menjadi lebih kendur. Pada kenyataannya, tidur tanpa bra mempunyai berbagai manfaat bagi perempuan.

Namun mitos yang berkembang di tengah masyarakat terkait penggunaan bra saat tidur masih banyak dipercaya segelintir masyarakat. Alhasil, banyak perempuan yang sebetulnya ingin tidur tanpa bra dianggap melakukan hal yang tak lazim.

Nyatanya tidur tanpa bra dapat memberikan kenyamanan di malam hari. Apalagi setelah seharian beraktifitas. Melepas bra saat tidur, membantu tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

1 dari 3 halaman

Mitos Seputar Tidur Tanpa Bra

 Bra© Pexels.com

Mitos seputar penggunaan bra sudah beredar luas di masyarakat. Khususnya bagi para wanita. Berikut adalah beberapa mitos yang belum teruji kebenarannya.

Mitos: Tidur tanpa bra bisa mencegah risiko kanker payudara

Sebuah buku berjudul Dressed to Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras yang dipublikasikan pada 1995 silam memulai prasangka terhadap penggunaan bra saat tidur. 

Buku tersebut memberikan anggapan bahwa tidur tanpa bra dapat mencegah risiko kanker payudara. Sejak saat itu, banyak wanita yang memilih untuk tidur tanpa menggunakan bra.

Faktanya, menurut American Cancer Society, belum ada hasil penelitian yang membuktikan bahwa kanker payudara disebabkan oleh penggunaan bra.

Mitos: Tidur tanpa bra mencegah payudara kendur

Faktanya, seiring dengan bertambahnya usia, akan berpengaruh pada payudara wanita. Sehingga menyebabkan payudara menjadi kendur. Karena jaringan yang menopang payudara akan kehilangan elastisitasnya seiring waktu.

2 dari 3 halaman

Manfaat Tidur Tanpa Bra

 Tidur tanpa bra© Pexels.com

Selain memberikan efek kenyamanan saat tidur, terdapat beberapa manfaat lain yang dirasakan saat tidur tanpa menggunakan bra, seperti berikut ini.

Meningkatkan sirkulasi darah

Tidur dengan menggunakan bra yang ketat, akan membuat sirkulasi darah tidak lancar. Karena terdapat tekanan pada pembuluh darah. Akibatnya akan menghambat sirkulasi darah ke jaringan payudara dan saraf lengan lainnya.

Sehingga memilih tidur tanpa bra akan membantu sirkulasi aliran darah. Dan memberikan efek yang lebih nyaman pada tubuh.

Tidur lebih nyenyak

Penggunaan bra saat tidur dapat menganggu kualitas tidur. Karena adanya ketidaknyamanan saat menggunakan bra. Sehingga, ada baiknya untuk tidak menggunakan bra, agar tidur terasa lebih nyenyak.

Pernapasan jadi lebih baik

Saat tidur menggunakan bra, pergerakan otot dada akan terbatas. sehingga oksigen semakin sulit masuk ke paru-paru. Untuk itu, melepas bra saat tidur dapat menjadi pilihan agar pernapasan jadi lebih lega dan tidak menganggu waktu saat tidur.

 

3 dari 3 halaman

 8 Cara Menjaga Payudara Agar Tetap Kencang© MEN

Mengurangi keringat dan risiko infeksi kulit

Keringat dapat membuat tidur tidak nyaman. Terutama saat suhu ruangan naik. Penggunaan bra dapat memicu keringat semakin bertambah.

Penggunaan bra saat tidur juga membuat kulit menyerap keringat lebih banyak. Sehingga membuat kulit menjadi lembab. Dan dapat menimbulkan rasa gatal.

Sehingga melepaskan bra saat tidur akan membantu mengurangi risiko terkena infeksi kulit.

Mencegah risiko hiperpigmentasi kulit

Hiperpigmentasi adalah kondisi perubahan warna kulit yang tidak merata atau munculnya bintik-bintik berwarna gelap pada kulit. Mengenakan bra saat tidur dapat menimbulkan gesekan atau iritasi karena area kulit bergesekan dengan tali atau kawat bra.

Sehingga melepas bra saat tidur, akan mencegah terjadinya risiko hiperpigmentasi kulit.

Membantu memperbaiki sistem limfatik

Manfaat tidur tanpa bra berikutnya adalah membantu memperbaiki sistem limfatik. Bra yang terlalu ketat dapat memberikan tekanan pada payudara. Jika terlalu sering digunakan akan mengakibatkan penyumbatan limfatik.

Penyumbatan tersebut terjadi akibat adanya penumpukan cairan pada kelenjar getah bening aksila yang terletak di area ketiak. Kelenjar inilah yang berfungsi melawan infeksi tubuh, zat-zat asing berbahaya, dan sel-sel kanker.

 

(Sumber: sehatq.com)

Beri Komentar