Kenapa Sebelum Sholat Kita Harus Membersihkan Diri?

Reporter : Nur Ulfa
Sabtu, 1 Mei 2021 14:53
Kenapa Sebelum Sholat Kita Harus Membersihkan Diri?
Ini jawaban Ustaz Syam Elmarusy saat memberikan kajian dalam acara Dream Camp Virtual 2021

Dream - Ustaz Syam Elmarusy memberikan kajian dalam acara Dream Camp Virtual 2021, Sabtu 1 Mei 2021, yang didukung Emeron Hijab ShampooPosh Indonesia, Sahaja dan Lifeboy. Kali ini yang dibahas Ustaz Syam soal keutamaan membersihkan diri.

Katanya menjaga kebersihan sangatlah penting, terutama di saat ingin menjalankan ibadah terutama sholat.

" Kenapa penting menjaga kebersihan? gimana mau ibadah diterima Allah, kalau syarat sah gak dipenuhi," kata Ustaz Syam.

Salah satu yang harus dilakukan agar sholatnya sah adalah dengan menjaga wudhu dan menggunakan pakaian yang bersih saat menjalankan sholat.

" Pentingya mensucikan diri sholat penting, sholat gak akan diteirma jika orang gak bersihkan dirinya dulu menuju tempat sholat," ungkap Ustaz Syam.

syam© Dream.co.id

1 dari 2 halaman

Wajib Membersikan Diri untuk Bertemu Allah

Katanya saat bertemu dengan Allah, sebisa mungkin kita dalam keadaan bersih, walau tidak mandi. Tapi kita sebaiknya wangi, dan memastikan diri kita tidak terdapat najis dan kotoran yang melekat di baju yang digunakan.

Dream Camp 2021© Istimewa

" Syarat sholat, bersih dan tidak najis. tidak semua kotor najis tidak semua bersih itu tidak najis. walau bajunya kotor gak apa-apa dipakai yang penting gak kena najis," katanya lagi.

Menurut dia, syarat orang yang harus mandi sebelum menjalankan sholat adalah jika orang tersebut berhubungan suami istri, diwajibkan mandi besar sebelum sholat.

Yang kedua jika orang tersebut mengeluarkan air mani, dan setelah wanita mengalami menstruasi, harus mandi wajib jika ingin menjalankan sholat.

2 dari 2 halaman

Beri Komentar