10 Makanan Khas Lebaran Pemicu Kolesterol Tinggi, Ada yang Kamu Santap?

Reporter : Reni Novita Sari
Selasa, 26 Mei 2020 12:12
10 Makanan Khas Lebaran Pemicu Kolesterol Tinggi, Ada yang Kamu Santap?
Kamu harus tahu makanan lebaran apa saja yang picu kolesterol tinggi

Dream - Lebaran terasa tidak lengkap tanpa hadirnya beragam sajian di meja makan. Sangat menggoda dan bikin tergiur untuk makan sepuasnya. Namun, Sahabat Dream sebaiknya jangan terburu-buru dan bertindak gegabah. Beberapa makanan khas Lebaran bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Banyak makanan Lebaran biasanya mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, bukan tak mungkin kadar kolesterol kamu akan melonjak tinggi.

Perayaan hari raya lebaran ini memang banyak membuat orang tidak segan-segan membeli bahan makanan enak sebagai hidangkan di rumah. Dengan makanan yang berlimpah tentu kamu wajib mengetahui jenis makanan penyebab kolesterol tinggi yang harus dihindari agar kesehatan tetap terjaga.

Jangan sampai kebahagian kamu menyantap makanan lezat Ramadhan ini berujung kadar kolesterol yang naik tinggi.

Untuk itu, berikut Dream rangkum dari berbagai sumber, 10 makanan khas lebaran yang picu kolesterol tinggi agar Sahabat Dream lebih dapat berhati-hati dalam mengonsumsinya.

1 dari 10 halaman

1. Makanan bersantan

Lebaran identik dengan menu bersantan. Padahal, santan mengandung lemak jenuh dan kalori yangdapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Menurut American Heart Association, batas aman konsumsi lemak jenuh dalam sehari adalah 16 gram. Sementara itu, satu cangkir santan mengandung 2,5 kali kadar lemak jenuh yang seharusnya dikonsumsi seseorang dalam sehari.

2 dari 10 halaman

2. Opor Ayam

kolesterol dalam makanan lebaran© Ilustrasi foto : pinterest

Ayam sering menjadi menu favorit saat Lebaran. Hewan yang satu ini paling sering diolah menjadi bentuk opor agar cocok untuk disantap bersama ketupat.

Enak, gurih, dan bikin ketagihan. Namun sayang, opor ayam dapat menyebabkan peningkatan kolesterol di dalam tubuh. Penyebabnya adalah bagian paha dan kulit hewan tersebut memiliki banyak kandungan lemak dan kolesterol.

3 dari 10 halaman

3. Rendang Daging

kolesterol dalam makanan lebaran© Ilustrasi foto : istock

Daging berlemak yang ada pada semur maupun rendang dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Jika tak ingin mengalami kejadian tersebut, kamu perlu memisahkan lemak dari daging yang hendak disajikan. Kalau pun sudah terlanjur tersaji, kamu harus membatasi jumlah daging yang dikonsumsi.

4 dari 10 halaman

4. Sambal Hati sapi

Sambal goreng hati sapi menjadi salah satu lauk favorit yang disandingkan dengan ketupat sayur saat Lebaran. Faktanya, hati mengandung kolesterol tinggi, yang jika dikonsumsi berpotensi meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

5 dari 10 halaman

5. Aneka kue lebaran

kolesterol dalam makanan lebaran© Ilustrasi foto : shutterstock

Sadarkah kamu bahwa beraneka ragam kue Lebaran juga mengandung kolesterol? Kue-kue Lebaran biasanya terbuat dari bahan dasar seperti mentega, telur, dan tepung. Ketiga bahan itu mengandung kadar kolesterol yang tinggi.

6 dari 10 halaman

6. Cemilan Gurih

Pada saat lebaran, tentunya akan banyak tersaji makanan makanan asin, baik makanan berat maupun dari jenis camilan. Apalagi di setiap meja tamu akan tersedia camilan wajib seperti kacang asin yang susah sekali ditahan untuk mengonsumsinya.

Padahal makanan makanan asin tersebut dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Makanan asin dapat membuat tekanan darah jadi tinggi dan memicu kolesterol. Bahkan makanan asin juga bisa menyebabkan gangguan jantung yang cukup berbahaya kalau kamu tetap tidak mengontrol konsumsi makanan asin.

7 dari 10 halaman

7. Seafood

Tak jarang pada saat lebaran, kita menyiapkan hidangan udang maupun cumi di meja makan. Seafood sebenarnya mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Namun mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat membuat tubuh malah menjadi tidak sehat.

Jenis seafood seperti udang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan bisa menyebabkan tubuh mengalami gangguan. Kamu harus membatasi konsumsi seafood selama lebaran agar tubuh tetap sehat. Selain itu, kamu juga harus rajin melakukan olahraga bila tidak ingin terkena kolesterol tinggi akibat makan seafood berlebihan.

8 dari 10 halaman

8. Makanan yang digoreng

kolesterol dalam makanan lebaran© Ilustrasi foto : pixabay.com

Bahkan tidak hanya makanan yang berlemak, makanan yang digoreng juga dapat meningkatkan kolesterol saat lebaran. Makanan yang digoreng seperti ayam goreng, berbagai jenis kue lebaran, dan tentunya berbagai macam gorengan mengandung banyak lemak yang berbahaya bagi tubuh.

Tubuh akan diserang oleh meningkatnya kolesterol jahat karena kandungan lemak dari makanan yang digoreng tersebut dan menyebabkan pengendapan di dalam pembuluh darah. Makanan yang terlalu berminyak akan meningkatkan terjadinya risiko penyakit kardiovaskular.

Jadi jagalah kesehatan selama lebaran. Jangan asal makan makanan yang tersaji di meja makan, sehingga malah membuat kamu terserang penyakit.

9 dari 10 halaman

9. Cokelat

kolesterol dalam makanan lebaran© Ilustrasi foto : pinterest

Mungkin kebanyakan orang sudah tahu bahwa makanan berlemak merupakan sumber kolesterol yang tinggi. Makanan dengan lemak yang berlebihan seperti santan akan sangat susah dicerna oleh tubuh.

Bahkan kamu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi berbagai jenis cokelat selain santan. Cokelat yang mengandung lemak jenuh dapat memicu kadar kolesterol di dalam tubuh menjadi naik.

Makanan dengan kandungan lemak berlebihan ini akan lebih banyak disimpan dalam bentuk jaringan di bawah kulit pada tubuh. Bila kamu tetap mengonsumsi jenis makanan berlemak seperti santan dan cokelat ini, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami sakit setelah lebaran karena gangguan kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

10 dari 10 halaman

10. Minuman Manis

kolesterol dalam makanan lebaran© Ilustrasi foto : shuttershock

Sirup, es buah, susu tak bisa lepas dengan momen lebaran. Selain makanan dan minuman manis seperti kue, biskuit, dan minuman bersoda, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai berbagai macam makanan lezat saat lebaran lainnya yang ternyata juga bisa meningkatkan kolesterol tinggi.

Beri Komentar