Hati-Hati, Hand Sanitizer Bisa Sebabkan Luka Bakar

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 1 April 2020 14:40
Hati-Hati, Hand Sanitizer Bisa Sebabkan Luka Bakar
Jika terkena api.3

Dream - Pandemi virus corona baru, Covid-19, meningkatkan penggunaan hand sanitizer. Banyak orang menggunakannya untuk membunuh kuman dan virus di tangan, sehingga terhindar dari penularan virus corona.

Selain mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, sejumlah dokter dan pakar di dunia juga menyarankan pemakaian hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Tapi, hand sanitizer bisa berdampak berbahaya ketika digunakan di dekat api karena ada kandungan alkohol.

Sebuah kasus terjadi di Rewari, India. Pria 44 tahun mengalami luka bakar 35 persen akibat hand sanitizer tertumpah ke bajunya dan menyebabkan kebakaran ketika sedang berada di dekat kompor.

Dilansir oleh Times of India, Mahesh Mangal, Chairman, Dept of Plastic & Cosmetic Surgery, Sir Ganga Ram Hospital, menyarankan lewat akun Twitter ANI, untuk tidak menggunakan hand sanitizer di dekat api atau kompor gas.

Hand sanitizer yang mengandung 62 persen etil alkohol, sehingga memiliki dampak bahaya tersendiri. Jadi, kamu perlu menjauhkannya dari api dan ikutii tips berikut:

  1. Jauhkan hand sanitizer dari anak kecil.
  2. Simpan hand sanitizer di botol yang tidak mudah tumpah atau pecah.
  3. Jauhkan hand sanitizer dari dapur dan jangan menggunakannya saat di dapur.
  4. Gunakan hand sanitizer hanya di luar ruangan. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih.
  5. Aplikasikan hand sanitizer secara merata pada tangan dan pastikan tanganmu benar-benar kering setelahnya.
  6. Cuci tangan sebelum ke dapur, memasak atau tempat yang ada di dekat api.

1 dari 1 halaman

Trik Membuat Hand Sanitizer yang Lembut untuk Kulit

Dream - Masyarakat harus lebih waspada dengan penyebaran Covid-19. Virus yang menyerang saluran pernapasan ini menular dengan cepat dan tengah menjadi pandemi.

Salah satu cara termudah untuk mengurangi risiko penularan penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan. Rajin mencuci tangan bisa menjadi antisipasi agar tidak tertular Covid-19.

Selain mencuci tangan, Sahabat Dream juga dapat menggunakan hand sanitizer. Namun cairan ini jadi sangat langka gara-gara panic buying nih!

  Hand Sanitizer© Foto: Shutterstock

Enggak usah panik, Sahabat Dream bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Kamu cuma membutuhkan wadah atau botol kering, alkohol 70%, essential oil dan aloe vera gel. Fiesta Intimate Aloe Vera Lubricants juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu sumber aloe vera gel.

Fiesta Intimate Aloe Vera Lubricants memang dikenal sebagai lubricants untuk 'memperbaiki' performa seksual. Namun lunricants ini terbuat dari bahan dasar air dan vitamin E yang bertindak seperti pelumas alami tubuh karena bersifat lembut dan tidak lengket. Kulit pun tidak mudah teriritasi.

Selain itu lubricants juga dilengkapi dengan aroma aloe vera yang khas sehingga aman dan nyaman digunakan untuk kulit. Campurkan alkohol 70% dan aloe vera gel dengan perbandingan 1:2.

Tambahkan beberapa tetes essential oil sesuai selera, dan tuang ke dalam wadah. Voila, hand sanitizer buatanmu siap digunakan!

Beri Komentar