Hati-hati! Cara Berhubungan Intim Ini Bisa Picu Kanker Lidah

Reporter : Ratih Wulan
Rabu, 9 Agustus 2017 15:45
Hati-hati! Cara Berhubungan Intim Ini Bisa Picu Kanker Lidah
Meskipun penyebab utamanya adalah rokok, tapi hati-hati karena oral seks bisa sebabkan kanker lidah.

Dream - Beberapa hari belakangan, masyarakat dibuat haru dengan unggahan seorang istri yang menceritakan kematian suaminya akibat kaker lidah. Banyak yang penasaran terhadap asal muasal penyebab penyakit mematikan itu.

Dilansir dari beberapa sumber, disebutkan jika penyebab utamanya memang karena konsumsi tembakau dan alkohol yang berlebihan. Selain itu, ternyata kebiasaan melakukan seks oral juga dapat menjadi pemicu kanker lidah.

Kegiatan oral seks dapat memicu masuknya virus human papiloma (HPV). Dilansir dari Alodokter, meskipun jarang terjadi tapi HPV dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan abnormal dalam mulut yang memicu kanker.

Shutterstock© dream.co.id

Virus ini akan menular jika terjadi kontak fisik secara langsung dengan pengidap atau benda yang terkontaminasi HPV. Salah satunya saat berhubungan seksual dengan melakukan seks oral.

Risiko terserang kanker lidah akan semakin besar saat seseorang memilih untuk berganti-ganti pasangan saat berhubungan intim. 

Dalam Journal of Pharmacy & Bioallied Sciences yang dipublikasi tahun 2011, Rajiv Sani mengungkapkan bahwa dapat pasangan suami istri bisa menggunakan penghalang tipis saat melakukan oral.

Penghalang bisa berupa kondom, yang berfungsi mengurangi risiko kontak mulut dengan alat kelamin dan cairan yang dikeluarkannya.(Sah)

 

Beri Komentar