Herbal Khas Papua, Ini 7 Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 19 Mei 2021 17:12
Herbal Khas Papua, Ini 7 Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan
Bukan dari sarang semut betulan, melainkan dari tanaman herbal yang menyimpan segudang manfaat.

Dream – Manfaat sarang semut belum sepopuler dengan herbal lainnya. Namun, tidak sedikit orang yang menggunakan herbal khas Papua ini ebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk penyakit kronis seperti kanker sekali pun.

Indonesia patut bersyukur karena menjadi salah satu negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Alam Indonesia menyediakan berbagai sumber daya yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakatnya dengan sebaik mungkin. Dari alam, kamu bisa mendapatkan bahan makanan, sandang, perabotan, tak terkecuali obat-obatan.

Sarang semut adalah salah satu obat-obatan yang berasal dari alam dengan khasiat istimewa. Meskipun namanya sarang semut, sebenarnya obat ini bukan berasal dari sarang tempat semut tinggal. Tanaman herbal ini banyak ditemukan di tanah Cendrawasih, Papua. Sudah banyak dari masyarakat Papua yang memanfaatkan obat ini untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Hal ini pun tidak terlepas dari banyaknya kandungan penting di dalam sarang semut yang sangat baik untuk mendukung kesehatan manusia. Untuk menggunakannya, sarang semut biasanya direbus dan kemudian air rebusannya yang diminum.

Agar kamu tidak ragu lagi dengan herbal yang satu ini, berikut adalah beberapa manfaat sarang semut untuk kesehatan sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Meningkatkan Stamina

Ilustrasi Stamina yang Baik© Pixabay.com

 

Manfaat sarang semut yang pertama bagi kesehatan adalah untuk meningkatkan stamina. Ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki banyak aktivitas setiap harinya agar staminamu tetap fit. Untuk menggantikan stamina yang hilang, maka solusinya adala dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan energi.

Salah satunya adalah sarang semut. Di mana kandungannya bisa melakukan penyerapan kalsium secara maksimal dan menciptakan energi yang besar. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan. Cukup dengan air rebusan sarang semut saja yang sehat dan bisa diandalkan untuk mengembalikan staminamu.

 

Melancarkan Menstruasi

Manfaat sarang semut juga sangat baik untuk para perempuan. Di mana obat herbal ini bisa membantu untuk melancarkan menstruasi. Ini menjadi solusi yang tepat bagi kamu dengan kondisi menstruasi yang tidak lancar. Apalagi suburnya organ reproduksi perempuan ditandai dengan menstruasi yang lancar.

Selain itu, dengan mengonsumsi air rebusan sarang semut juga bisa mengatasi masalah keputihan dan meningkatkan jumlah air susu ibu (ASI).

2 dari 4 halaman

Mengatasi Rematik

Ilustrasi Mengalami Ambeien© Pixabay.com

Penyakit rematik biasanya menyerang pada orang yang sudah lanjut usia. Namun kondisi ini tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi pada anak muda. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan sarang semut. Karena di dalamnya terkandung flavonoid yang mampu menghambat enzim xanthine yang sangat baik untuk mengobati rematik.

Selain itu, kandungan antioksidan dan tokoferol atau vitamin E sangat baik untuk mengatasi rematik. Kamu hanya perlu mengonsumsi air rebusan sarang semut saja secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

 

Mengobati Ambeien

Manfaat sarang semut lainnya bagi kesehatan adalah mampu mengobati ambeien. Kondisi ini memang membuatmu tidak nyaman, apalagi saat sedang dalam posisi duduk. Jika tidak segera kamu atasi, penyakit ini bisa memicu hadirnya penyakit lain yang berbahaya. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengandalkan sarang semut sebagai pengobatan alami yang aman.

Kandungan flavonoid dan tanin yang cukup tinggi pada sarang semut diyakini mampu untuk mengobati ambeien. Bahkan dalam penelitian yang sudah dilakukan, kedua senyawa ini terbukti bisa mengobati ambeien atau wasir.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Penyakit Kanker

Ilustrasi Kanker Payudara© Freepik.com

 

Manfaat sarang semut yang tak kalah hebat adalah bisa mengatasi penyakit kanker. Kanker sendiri adalah penyakit yang sangat berbahaya dan sudah banyak merenggut nyawa manusia. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan sarang semut yang mampu mengatasi beberapa jenis kanker. Seperti kanker kulit, kanker paru-paru, kanker prostat, hingga kanker darah.

Hal ini berkat kandungan antioksidan di dalam sarang semut. Selain itu, kandungan flavonoid mampu untuk menangkal tumor maupun kanker. Jika kamu rutin mengonsumsi air rebusan sarang semut, maka bisa membantu untuk proses penyembuhan penyakit kanker.

 

Mengatasi Benjolan pada Payudara

Manfaat sarang semut berikutnya bagi kesehatan adalah untuk mengatasi benjolan pada payudara. Kondisi ini sangatlah membuat para perempuan khawatir karena ditakutkan menderita kanker payudara.

Benjolan yang ada di area payudara adalah berupa cairan getah bening serta sel darah putih. Di dalam sarang semut terkandung flavonoid yang ampuh untuk mengatasi benjolan di area payudara tersebut.

4 dari 4 halaman

Mengatasi Penyakit Jantung

Ilustrasi Sakit Jantung© Freepik.com

Manfaat sarang semut juga bisa untuk mengatasi penyakit jantung. Di organ inilah bisa terjadi berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke, hipertensi, dan jantung koroner. Apalagi jantung adalah salah satu organ yang sangat penting bagi manusia.

Bagi kamu yang mengalami masalah pada organ jantung, maka sarang semut bisa menjadi pilihan obat herbal yang tepat. Di mana di dalamnya terkandung mineral, kalium, dan kalsium yang cukup tinggi. Demi mendapatkan manfaatnya, kamu bisa meminum air rebusan sarang semut sebanyak dua kali sehari secara rutin.

Itulah 7 manfaat sarang semut bagi kesehatan. Jadi, sahabat Dream tidak perlu ragu lagi dengan herbal ini. Konsumsilah secara baik untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Beri Komentar