Hidup Sehat Tetap Bisa Kena Serangan Jantung, Ini Sebabnya

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 18 Februari 2020 10:36
Hidup Sehat Tetap Bisa Kena Serangan Jantung, Ini Sebabnya
Ashraf Sinclair masih berusia 40 tahun dan kerap berolahraga rutin

Dream - Ashraf Sinclair meninggal dunia pagi ini, 18 Februari 2020. Pria kelahiran 18 September 1979 ini kabarnya terkena serangan jantung. Banyak yang kaget dengan kabar tersebut karena suami Bunga Citra Lestari (BCL) ini termasuk aktor yang menerapkan pola hidup sehat.

Ia kerap memposting aktivitasnya berolahraga, baik di pusat kebugaran, jogging atau pun melakukan latihan crossfit. Bersama sang istri, Ashraf memang gemar melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kebugaran dan bentuk tubuhnya.

Bobot tubuhnya juga termasuk ideal. Lantas mengapa aktor asal Malaysia ini bisa mengalami serangan jantung? Ashraf saat ini berusia 40 tahun. Dikutip dari KlikDokter, kematian pada usia muda akibat serangan jantung kerap dihubungkan dengan gangguan irama jantung.

 

1 dari 7 halaman

Masalah Irama Jantung

Gangguan irama jantung merupakan kondisi yang mematikan dan dapat terjadi karena faktor kelainan genetik atau kelainan jantung bawaan sejak lahir. Biasanya kondisi tersebut tidak disertai faktor risiko seperti halnya penyakit jantung lain.

 Ashraf dan Noah© Instagram

Dengan begitu, orang yang tampak bugar dan memiliki pola hidup sehat sekalipun bisa saja mengalami serangan jantung. Terdapat beberapa kelainan jantung yang berperan dalam kematian mendadak akibat serangan jantung pada usia muda. Berikut adalah kelainan-kelainan jantung tersebut.

 

2 dari 7 halaman

Kardiomiopati hipertrofi (HCM)

Kardiomiopati hipertrofi merupakan penyebab paling umum dari kematian mendadak yang berhubungan dengan gangguan jantung pada usia di bawah 30 tahun, termasuk para atlet muda.

 Ilustrasi© Shutterstock

HCM merupakan kelainan bawaan sejak lahir yang ditandai dengan penebalan otot jantung. Penebalan otot jantung ini dapat merintangi sistem elektrik pada jantung sehingga menyebabkan gangguan irama jantung. Pada akhirnya, kondisi tersebut dapat memicu serangan jantung.

 

3 dari 7 halaman

Abnormalitas arteri jantung

Kondisi ini ditandai dengan kelainan jaringan pada pembuluh darah arteri koroner jantung yang terjadi sejak lahir. Saat berolahraga, arteri dapat tertekan sehingga suplai darah ke organ jantung menjadi tidak memadai. Pada akhirnya, kondisi tersebut berpotensi mengganggu fungsi jantung hingga menyebabkan kematian.

 

4 dari 7 halaman

Sindrom long QT

Kelainan irama jantung bawaan sejak lahir ini ditandai dengan irama jantung yang menjadi cepat dan kacau, hingga dapat menyebabkan seseorang pingsan. Kelainan tersebut meningkatkan risiko seseorang mengalami kematian mendadak.

Selain yang tercantum di atas, terdapat beberapa faktor penyebab lainnya meliputi kelainan struktur organ jantung, peradangan organ jantung, dan commotio cordis. Serangan jantung hingga menyebabkan kematian pada usia muda memang tidak dapat diprediksi.

Sebaiknya lebih waspada bila memiliki beberapa faktor seperti pingsan dengan penyebab tidak jelas saat berolahraga dan riwayat serangan jantung dalam keluarga pada usia kurang dari 50 tahun.

Penjelasan selengkapnya baca di KlikDokter

5 dari 7 halaman

Merinding, Nyanyian BCL di Indonesian Idol Semalam untuk Ashraf?

Dream - Kabar meninggalnya Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari (BCL) mengejutkan banyak masyarakat.

Ashraf meninggal dunia karena serangan jantung di Metropolitan Medica Centre (MMC) Hospital, Jakarta Selatan, pada Selasa, 18 Februari 2020 sekitar pukul 04.00 WIB.

 © Dream

Seiring kepergian Ashraf, warganet membagikan video BCL yang menyanyikan lagu berjudul Soulmate karya Kahitna. Video itu diambil saat BCL menjadi juri di ajang pencarian penyanyi, Indonesian Idol.

Dalam video itu, BCL ditodong menyanyi oleh Hedi Yunus, vokalis Kahitna. " Selamat malam mbak Bunga,"  kata Hedi.

" Apa sih, nyanyi?" kata BCL yang mengaku grogi.

Intro lagu pun dimainkan pianis Kahitna, Yovie Widianto.

Ketika engkau datang
Mengapa di saat ku
Tak mungkin menggapaimu

Meskipun tlah kau semaikan cinta
Dibalik senyuman indah
Kau jadikan seakan nyata
Seolah kau belahan jiwa

Meskipun tak mungkin lagi
Tuk menjadi pasanganku
Namun ku yakini cinta
Kau kekasih hati

 

6 dari 7 halaman

Tak Selesaikan Lirik

Usai menyanyikan bait demi bait lirik tersebut, BCL sempat merasa dikerjai. Sebab, BCL ditanyai mengenai hubungan cinta yang tidak mungkin lagi.

" Jahat nih dikerjain," kata BCL.

Lagu ini mengingatkan warganet mengenai kondisi BCL. Salah seorang pengguna Twitter berdoa agar BCL kuat menghadapi kepergian Ashraf.

" Merinding. Rest in Peace, Ashraf Sinclair. Yang kuat mbak BCL,"  tulis salah satu pengguna Twitter.

" Sumpah aku juga langsung keinget ini. Merinding,"  kata pengguna yang lain.

" Merinding, ikut sedih. Padahal semalem nonton Indonesian Idol dengerin BCL nyanyi merindingnya sambil senyum-senyum,"  tulis lainnya.

Dalam video tersebut BCL tak menuntaskan seluruh lirik. Tiga bait yang tak dia selesaikan yaitu,

Terkadang pintu surga
Sukar dimengerti
Semua ini kita terlambat

7 dari 7 halaman

Ini Videonya

Last song BCL semalam ????????

Meskipun tak mungkin lagi
Tuk menjadi pasanganku
Namun ku yakini cinta
Kau kekasih hati

Merinding. Rest in Peace, Ashraf Sinclair. Yang kuat mbak BCL? pic.twitter.com/L6sS8oCN5f

— Amanda Sarah (@srhdamanda) February 18, 2020

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya