Hijabers! Jangan Sepelekan Dehidrasi Ringan

Reporter : Kusmiyati
Rabu, 28 Mei 2014 12:22
Hijabers! Jangan Sepelekan Dehidrasi Ringan
Dehidrasi ringan yang disepelekan dapat mengakibatkan masalah serius pada kesehatan tubuh. Untuk mengetahui kita kekurangan cairan atau tidak, ada cara sederhananya.

Dream - Kesadaran masyarakat mengenai gejala dan dampak dehidrasi ringan sangatlah kecil. Imbauan untuk meminum air putih yang cukup seringkali tidak dipedulikan.

" Pada umumnya orang itu kurang mengenali dehidrasi ringan. Rasa haus itu penanda awal terjadinya dehidrasi ringan. Namun sayang masih banyak yang malas untuk minum air putih," kata Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Saptawati Bardosono kepada Dream.co.id, Rabu 28 Mei 2014.

Menurut Saptawati, dehidrasi ringan yang disepelekan dapat mengakibatkan masalah serius pada kesehatan tubuh.

" Saat terasa haus sebaiknya segera minum secukupnya, karena kalau dibiarkan terus-menerus dapat berpotensi penyakit serius, seperti konstipasi (susah buang air besar), infeksi saluran kemih dan infeksi batu ginjal,” ujarnya.

Untuk mengetahui kita kekurangan cairan atau tidak, ada cara sederhananya. Cukup dengan cara PURI alias pemeriksaan urin sendiri).

" Dengan melihat grafik warna urin. Bila warnanya makin bening, berarti terhidrasi dengan baik. Namun, bila makin pekat berarti mengalami kekurangan cairan,” kata Saptawai.

Saptawati menyarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak dua liter dalam satu hari. " Karena tubuh kita kehilangan air sebanyak dua liter per hari akibat aktivitas sehari-hari, maka cairan tersebut juga harus diisi dengan cara minum air minimal dua liter sehari," ujar dia. (Ism)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik