Hipertensi, Pemicu Utama Penyakit Gagal Ginjal di Indonesia

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 14 Maret 2019 13:43
Hipertensi, Pemicu Utama Penyakit Gagal Ginjal di Indonesia
Penting menjaga kesehatan, demi terhindar dari penyakit gagal ginjal (PGK).

Dream - Ginjal merupakan organ yang berfungsi menyaring zat-zat limbah dalam tubuh. Zat tersebut bisa berasal dari minuman, makanan obat atau paparan zat beracun. Bayangkan jika ginjal tak lagi bisa bekerja maksimal.

Racun yang seharusnya dibuang melalui urine, tersebar ke seluruh organ termasuk ke otak dan bisa menimbulkan komplikasi serius. Untuk itu penting menjaga kesehatan, demi terhindar dari penyakit gagal ginjal (PGK).

Lalu apa yang menyebabkan PGK?

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, penyebab terbanyak gagal ginjal di Indonesia adalah hipertensi (36%) dan diabetes (29%). Penyakit gagal ginjal ini rupanya memakan dana yang sangat besar dalam pengeluaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

" Gagal ginjal menempati posisi ke dua di daftar penyakit yang memakan dana terbesar yaitu Rp13,3 triliun sejak 2014, atau 17 persen dari seluruh dana (Rp78,3 triliun) yang dikeluarkan," ungkap Budi Mohammad Arief, Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan, di Jakarta, Rabu 13 Maret 2019.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Tunangan, Jessica Iskandar Siap Nikah April 2020?