Hipertensi, Pemicu Utama Penyakit Gagal Ginjal di Indonesia

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 14 Maret 2019 13:43
Hipertensi, Pemicu Utama Penyakit Gagal Ginjal di Indonesia
Penting menjaga kesehatan, demi terhindar dari penyakit gagal ginjal (PGK).

Dream - Ginjal merupakan organ yang berfungsi menyaring zat-zat limbah dalam tubuh. Zat tersebut bisa berasal dari minuman, makanan obat atau paparan zat beracun. Bayangkan jika ginjal tak lagi bisa bekerja maksimal.

Racun yang seharusnya dibuang melalui urine, tersebar ke seluruh organ termasuk ke otak dan bisa menimbulkan komplikasi serius. Untuk itu penting menjaga kesehatan, demi terhindar dari penyakit gagal ginjal (PGK).

Lalu apa yang menyebabkan PGK?

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, penyebab terbanyak gagal ginjal di Indonesia adalah hipertensi (36%) dan diabetes (29%). Penyakit gagal ginjal ini rupanya memakan dana yang sangat besar dalam pengeluaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

" Gagal ginjal menempati posisi ke dua di daftar penyakit yang memakan dana terbesar yaitu Rp13,3 triliun sejak 2014, atau 17 persen dari seluruh dana (Rp78,3 triliun) yang dikeluarkan," ungkap Budi Mohammad Arief, Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan, di Jakarta, Rabu 13 Maret 2019.

1 dari 1 halaman

Terapi Cuci Darah Seumur Hidup

Pasien gagal ginjal harus melakukan terapi pengganti ginjal seumur hidup. Metode yang paling umum dilakukan adalah hemodialisis atau cuci darah.

Data Indonesian Renal Registry (IRR) 2017 menunjukkan jumlah pasien aktif yang menjalani hemodialisis sebanyak 77,892 orang dan pasien baru 30,843 orang.

" Ditanggung oleh JKN, di 2017 telah menghabiskan dana Rp2,2 triliun untuk pasien gagal ginjal. Ini merupakan pengeluaran nomor tiga tertinggi setelah penyakit jantung dan kanker," tuturnya.

 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Perut

Selain hemodialisis, ada juga transplantasi ginjal yang tentunya memakan biaya lebih besar. Metode ini juga lebih sulit dilakukan karena keterbatasan donor. Selain itu, hanya ada 14 rumah sakit di Indonesia yang mampu menjalankan prosedur tersebut.

Menyambut Hari Ginjal Sedunia yang akan jatuh pada Kamis, 14 Maret esok hari, pemerintah berharap masyarakat dapat lebih memerhatikan kesehatan ginjal.

Penurunan fungsi ginjal dapat dicegah dengan menghindari alkohol, rokok, rutin berolahraga dan menjaga kadar asupan gula, garam danlLemak (GGL) setiap harinya.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie