Hobi Minum Kopi? Waspada Sakit Kepala karena Kafein

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 15 September 2021 09:12
Hobi Minum Kopi? Waspada Sakit Kepala karena Kafein
Dosis kafein yang tinggi boleh dibilang seperti racun yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Dream – Sahabat Dream termasuk pecinta kopi? Kini sajian kopi dikemas dengan sangat beragam bukan hanya sekadar kopi hitam. Ada yang dicampur dengan susu, gula aren atau bahan lain yang membuat rasanya semakin nikmat.

Beberapa jenis kopi memiliki level kafein yang cukup tinggi. Mengonsumsinya dalam jumlah banyak bisa berdampak pada munculnya sakit kepala. Hal ini sering disebut sakit kepala kafein.

“ Sakit kepala ini disebabkan karena perubahan aliran darah pada otak,” ujar Vishal Patel, seorang ahli nutrisi, dikutip dari Byrdie.

Zat kafein merupakan stimulan yang memicu respons berlawanan, dan membuatmu menjadi lebih bersemangat.

Kopi© Shutterstock

“ Kafein juga bisa dapat membuatmu menjadi lebih cepat lelah. Pembuluh darahmu menjadi terbuka, dan alirannya tiba-tiba mengalir ke otak,” kata Jeffrey Egler, seorang dokter keluarga.

Hal itulah yang membuat seseorang jika mengkonsumsi kafein, kepalanya akan terasa nyeri. Dosis kafein yang tinggi boleh dibilang seperti racun yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Bahkan jika kafein dikonsumsi dalam jumlah sedang, dapat bersifat diuretik. Efeknya adalah membuat seseorang jadi buang air kecil secara terus menerus. Semakin banyak meminumnya, tubuh akan semakin mentoleransi zat kafein.

 

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi

Sakit kepala yang muncul setelah konsumsi kafein bisa diredakan dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Minum air putih dan istirahat. Sakit kepala juga bisa muncul jika seseorang sudah terbiasa mengonsumsi kopi dengan kafein tinggi.

4 Efek Samping Minum Kopi Terlalu Banyak© MEN

Sakit kepala tersebut seperti gejala 'candu' kopi. Tubuh akan merasakan tak nyaman ketika belum minum kopi, termasuk sakit kepala. Dalam kondisi ini juga sebaiknya minum air putih hangat. Hindari mencari kopi dengan kafein tinggi karena malah akan menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh.

Laporan Delfina Rahmadhani

2 dari 4 halaman

4 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Dream - Minum kopi menjadi kebiasaan sebagiana masyarakat Indonesia. Beberapa tahun terakhir, tren es kopi susu yang melesat juga membuat kopi semakin banyak dikonsumsi.

Enggak cuma dikonsumsi orangtua saja, kopi kini mulai disukai beragam kalangan, terutama kaum muda dengan aneka rasa pilihan. Apalagi, untuk mendapatkan es kopi kekinian terbilang mudah.

Cukup pesan dan bayar via aplikasi online, hitungan waktu menu yang dipesan datang diantar kurir atau ojek berbasis online.

Ilustrasi© shutterstock

Minum segelas kopi dapat membuat suasana hati bergairah, lebih segar, tidak mengantuk, serta meningkatkan kewaspadaan.

Tapi Sahabat Dream tahu tidak, kalau meminum kopi terlalu banyak, ternyata dapat memberikan efek samping pada kesehatan tubuh?

Dilansir Times of India, berikut ada beberapa efek samping yang wajib diketahui.

3 dari 4 halaman

Sakit perut

Efek samping yang sering terjadi salah satunya adalah sakit perut, khususnya bagi kamu yang belum makan atau memiliki asam lambung. Oleh karena itu, selalu pastikan perut tidak kosong saat ingin mengonsumsi kopi.

Ilustrasi© shutterstock

Insomnia

Kandungan kafein dalam kopi yang kamu minum, bisa membuat kamu tidak mengantuk dan tetap terjaga. Namun, asupan yang berlebih dapat membuat kualitas tidur menurun, dan mengurangi jam tidur. Dalam jangka panjang, kamu juga bisa terserang insomnia.

4 dari 4 halaman

Gelisah

Walau kopi dapat meningkatkan kewaspadaan kamu, salah satu efek samping dari kopi ternyata juga dapat membuat kamu merasa cemas dan gelisah. Untuk sebagian orang, rasa gelisah ini dapat menyebabkan munculnya serangan panik.

Ilustrasi© shutterstock

Denyut nadi menjadi cepat

Salah satu efek yang dirasakan saat minum kopi adalah, denyut nadi menjadi lebih cepat. Untuk kamu yang merasakan hal ini saat minum kopi, kurangilah asupan kopi.

Jadi, usahakan mengonsumsi kopi sesuai kebutuhan saja, ya, Sahabat Dream.

Beri Komentar