Ibu Hamil, Hindari Daftar Makanan Ini

Reporter : Ervina
Kamis, 14 Agustus 2014 10:31
Ibu Hamil, Hindari Daftar Makanan Ini
Saat hamil, ada sejumlah makanan atau minuman yang tidak dikonsumsi oleh seorang calon ibu. Apa saja makanan tersebut?

Dream - Mengandung jabang bayi merupakan salah satu pengalaman membahagiakan bagi setiap calon ibu. Seiring dengan perubahan bentuk fisik, gaya hidup wanita juga akan mengalami perubahan.

Saat hamil, ada sejumlah makanan atau minuman yang tidak dikonsumsi oleh seorang calon ibu. Hal ini bukan hanya untuk kebaikan sang ibu, tetapi juga demi perkembangan janin. berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil :

Daging Mentah
Bagi anda penggemar steak, makanan Korea atau makanan Jepang sebaiknya tahan sejenak keinginan memakan daging mentah. Daging mentah membawa virus salmonella, E.coli, dan bakteri toksoplasmosis yang dapat memicu rasa mual dan diare.

Yang lebih membahayakan seorang ibu hamil yang mengkonsumsi daging mentah dapat berujung keguguran hingga kelahiran prematur. Untuk menghindari kejadian ini, sebaiknya masak dahulu daging hingga matang sekitar atau mengurangi asupanan makanan yang tidak dimasak.

Kurangi Kafein
Meski hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan kafein berbahaya bagi perkembangan janin. Ada baiknya anda mengurangi konsumsi minuman atau makanan mengandung kafein. Tapi sangat dianjurkan agar jumlahnya dikurangi hingga tidak membawa pengaruh yang tidak diinginkan nantinya.

Makanan Laut Mengandung Merkuri
Ikan laut seperti salmon, tuna, dan udang banyak mengandung omega-3 yang merupakan asam lemak esensial baik untuk perkembangan otak bayi. Tapi makanan laut juga dapat mengandung merkuri berbahaya, jadi lebih baik batasi asupan untuk satu atau dua ons dalam enam porsi per minggu.

Teh Herbal
Sebagai salah satu minuman yang mengandung kafein, konsumsi teh memang tidak dilarang untuk seorang ibu hamil. Ada baiknya sebelum meminum teh, anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Teh herbal seperti peppermint, daun raspberry atau chamomile dapat menyebabkan kontraksi pada janin.

Keju Lembut
Keju lembut dapat mengandung bakteri yang berbahaya bagi bayi jika tidak dipasteurisasi. Pastikan untuk memeriksa label yang menyatakan telah melalui proses pasteurisasi atau berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

Pemanis Buatan
Pengganti gula seperti aspartam, NutraSweet dan Splenda adalah bahan kimia tambahan yang belum cukup diteliti untuk menentukan apakah aman selama kehamilan. Sebaiknya, batasi diet soda, minuman kemasan dan permen bebas gula selama mengandung. Jika ingin makan yang manis, cicipi sesekali saja atau konsultasi dahulu dengan dokter.

Hati Sapi
Hati sapi merupakan sumber zat besi dan vitamin A yang dapat membantu perkembangan janin. Namun sebagai organ penyaring racun, hati sapi dapat menjadi terlalu riskan untuk jika dikonsumsi oleh ibu hamil. (Ism)

Beri Komentar