Ilmuwan Buktikan Mencuci Piring Bisa Redakan Stres

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Minggu, 21 April 2019 13:00
Ilmuwan Buktikan Mencuci Piring Bisa Redakan Stres
Jangan malas, ternyata manfaatnya sangat besar!

Dream - Mencuci piring setelah makan rasanya sangat berat sekali. Perut kenyang memang bikin siapa saja jadi malas gerak alias mager. Tapi jangan salah, ternyata mencuci piring punya manfaat tak diduga.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mencuci piring dapat menurunkan kadar stres seseorang. Dilansir dari Elite Readers, para peneliti dari Florida State University melakukan penelitian kepada 51 mahasiswa.

Mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok dan diberikan tugas yang sama, yaitu mencuci piring. Pada kelompok pertama, sebagian mahasiswa diminta untuk mencuci piring dengan penuh perhatian. Sedangkan kelompok lainnya mencuci piring seperti biasa.

Kelompok pertama melakukannya dengan penuh konsentrasi penghayatan ketika sedang mencuci piring. Mereka bisa fokus mencium aroma sabun, merasakan suhu dan sensasi air yang mengalir di tangan.

Rangsangan itu terbukti mengurangi level stres hingga 27 persen dan memicu datangnya inspirasi sebesar 25 persen.

Adam Hanley, selaku penulis penelitian dan kandidat doktoral dalam kolase FSU program Konseling dan Psikologi Sekolah Pendidikan menyebutkan korelasi hal tersebut dengan kesejahteraan rohani.

" Tampaknya aktivitas sehari-hari yang dilakukan dengan penuh ketenangan dan kesadaran dapat meningkatkan situasi perasaan kita,” kata Adam.

Laporan: Ratih Permata Sari

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan