1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Sudah Tiba di Indonesia

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 9 Maret 2021 16:33
1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Sudah Tiba di Indonesia
Batch pertama akan diterima Indonesia hingga Mei 2021 dengan total mencapai 11 juta vaksin AstraZaneca.

Dream - Setelah CoronaVac dari Sinovac Lab Inc, Indonesia kedatangan lagi 1,1 juta dosis vaksin dari perusahaan Eropa, AstraZeneca. Vaksin ini diadakan melalui skema multilateral lewat Gavy Covax Facility.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyatakan kedatangan vaksin AstraZeneca menunjukkan upaya Pemerintah untuk mendukung prinsip kesetaraan akses vaksin membuahkan hasil. Dia sudah menyampaikan Expression of Interest Pemerintah Indonesia, yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan, kepada Gavy Covax Facility.

" Sejak saat itu, proses untuk mendapatkan akses vaksin dari jalur multilateral terus bergulir," ujar Retno, disiarkan channel YouTube Sekretariat Presiden.

Selain mengamankan kebutuhan dalam negeri, lanjut Retno, Indonesia terus mendukung prinsip kesetaraan akses terhadap vaksin bagi semua negara. Dia menegaskan prinsip tersebut harus terus disuarakan dan dijalankan.

" Prinsip ini terus kita dukung antara lain melalui posisi saya sebagai salah satu co-chair dari Covax AMC engagement group," kata Retno.

1 dari 1 halaman

Indonesia Dapat Jatah 11.704.800 Dosis Vaksin

Lewat forum yang mempertemukan banyak pihak, Retno menyatakan Indonesia mendapatkan kepastian pengiriman pertama vaksin jalur multilateral pada Februari 2021. Vaksin tersebut tiba di Indonesia pada Senin, 8 Maret 2021.

" Indonesia menerima pengiriman pertama vaksin AstraZeneca sebesar 1.113.600 vaksin jadi dengan total berat 4,1 ton," kata dia.

Lebih lanjut, Retno menyatakan Indonesia mendapat jatah 11.704.800 vaksin dengan pengiriman bertahap hingga Mei 2021. Dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kerja sama yang telah terjalin.

" Pihak internasional, negara donor, Gavy, WHO, Unicef, dan lain-lain. Untuk itu kami sampaikan apresiasi tinggi atas semua kerja sama yang diberikan," ucap Retno.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar