INFOGRAFIS: Deretan Fasilitas yang Tersedia Selama PPKM Jawa-Bali 2021

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 14 Januari 2021 19:20
INFOGRAFIS: Deretan Fasilitas yang Tersedia Selama PPKM Jawa-Bali 2021
Jangan panik namun tetap komitmen menjalankan protokol 3M dengan disiplin ketat.

Dream - Program Vaksinasi COVID-19 di Indonesia resmi dimulai sejak Rabu, 13 Januari 2021. Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonsia yang menerima suntikan vaksin CoronaVac buatan Sinovac Biotech Ltd di di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sejumlah tokoh ulama, tenaga kesehatan, pengusaha, perwakilan buruh hingga pedagang di pasar Inpres Jakarta juga diundang untuk mendapat suntikan vaksin tersebut. Tak lupa para menteri serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis.

Dari kalangan milenial, artis Raffi Ahmad turut diundang mendapat suntikan vaksin Sinovac tersebut.

1 dari 4 halaman

Fasilitas yang tersedia berupa

Meski vaksinasi sudah dimulai, protokol kesehatan masih tetap harus dijalankan semua orang di Tanah Air. Pemberlakuan Program Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali tetap bergulir hingga 25 Januari 2021 mendatang.

Masyarakat di dua wilayah tersebut wajib mengikuti aturan yang berlaku dalam upaya mengurangi penyebaran COVID-19. Meski diperketat, pelaksanaan PPKM Jawa-Bali bukan larangan bagi warga beraktivitas. Beberapa fasilitas umum masih tersedia dan bisa digunakan masyarakat.

Infografis Dream.co.id© Dream.co.id/Eka Pratiwi

Namun sekali lagi, Sahabat Dream jangan tinggalkan aturan kesehatan seperti 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun) serta 3T (Testing, Tracing, Treatment) selama menjalankan aktivitas sehari-hari, ya.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

 

2 dari 4 halaman

Protokol Jaga Jarak di Stasiun Televisi Harus Jadi Prioritas

Dream - Tanpa mengesampingkan dua protokol lainnya, langkah menjaga jarak di saat pandemik Covid-19 saat ini menjadi langkah perlindungan penting yang harus diutamakan masyarakat. Hal itu tak mengurangi imbauan untuk tetap rutin mencuci tangan dan memakai sebagai bagian dari protokol 3M.

Imbauan itu disampaikan Satgas FKM UI Meiwita Budiharsana pada konferensi pers virtual Rabu, 13 Januari 2021 melihat dari efektivitas pencegahan virus Covid-19 saat seseorang berada di luar rumah.

“ Masker saja, hanya menurunkan resiko 45%-70%, sedangkan menjaga jarak dapat menurunkan resiko sampai 85%,” tutur Meiwita.

Diakui Meiwita, menjaga jarak saat ini sepertinya sudah menjadi kebiasaan paling sulit dilakukan masyarakat. Hal ini terlihat dari masih adanya pelanggaran yang dilakukan para pembawa acara maupun pengisi acara di televisi.

Tanpa disadari host, talent, ataupun bintang tamu menjadi berdekatan karena terlalu asyik dan menghayati dalam acara.

Meiwita menyarankan salah satu cara untuk mencegah terjadinya pelanggaran tersebut adalah dengan memberi tanda di lantai. Cara ini bisa menjadi acuan ketika ada aktris atau aktor yang melewati tanda akan langsung dievaluasi dan diambil tindakan.

“ Menjaga jarak minimum 1,5 meter lebih baik karena mereka bersuara keras atau berteriak dan bernyanyi, jadi pastikan bahwa mereka berdiri di tempat mereka seharusnya,” tambah Meiwita

3 dari 4 halaman

Jaga jarak adalah hal utama


Ilustrasi© Shutterstock

Cara lain yang bisa dilakukan dengan lebih sering membuat acara televisi yaitu Open Air Location, di mana acara dilakukan di ruangan terbuka, bukan di dalam studio.

“ Stagnant air room, misalnya dengan AC (Air Conditioner) di mana udaranya yang berputar di ruangan itu saja, menyebabkan droplet yang keluar dari mulut mengambang di udara dan mengering di sana, bisa bertahan sampai 3 jam,” kata Meiwita.

 

4 dari 4 halaman

Tetap taati aturan kesehatan


Ilustrasi© Shutterstock

Maka sebaiknya segala kegiatan acara tv sebisa mungkin dilakukan di ruangan terbuka untuk meminimkan penyebaran virus dari droplet terjadi.

Apabila harus melakukan acara tv di dalam ruangan, balik lagi ke cara awal, sangat diwajibkan menjaga jarak setidaknya 1,5 meter.

Di akhir kesempatan, Meiwita menegaskan bahwa tetap harus selalu diingat selain menjaga jarak, memakai masker dan rajin mencuci tangan juga diwajibkan.

Laporan: Josephine Widya

Beri Komentar