INFOGRAFIS: Wajib Tahu! Gejala Umum COVID-19 Pada Si Kecil

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 15 Desember 2020 06:12
INFOGRAFIS: Wajib Tahu! Gejala Umum COVID-19 Pada Si Kecil
Tidak begitu berbeda dengan gejala orang dewasa.

Dream - Gejala Covid-19 yang dialami orang dewasa dan anak-anak tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Kedua kelompok usia itu juga bisa merasakan gejala seperti demam dan sesak napas.

Virus Covid-19 umumnya makin mengganas pada pasien yang memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, darah tinggi dan asma.

Menilik gejala Covid-19 pada anak, sebuah penelitian dilakukan tim dari University of Alberta, Kanada dengan melakukan tes Covid-19 pada ribuan anak. Hasil penelitian itu menemukan beberapa gejala umum yang sering muncul pada anak, berikut daftarnya:

 

Infografis Dream.co.id© Dream.co.id/Dwi Ratih

Penelitian dilakukan lebih dari 2.400 anak di provinsi Alberta, Kanada, yang dites virus Covid-19 antara 13 April dan 30 September 2020.

Gejala COVID-19 yang paling sering muncul pada anak adalah kehilangan kemampuan menghirup/perasa (anosmia), ini tujuh kali lebih tinggi pada anak-anak dengan COVID-19.

Untuk gejala sakit perut lima kali lebih mungkin, dan sakit kepala dua kali lebih mungkin. Semantara gejala demam 68% lebih mungkin terjadi pada anak-anak dengan hasil tes positif COVID-19.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

1 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: 4 Asupan untuk Si Kecil Agar Kesehatan Pencernaan Terjaga

Dream - Jangan cuma pencernaan kamu saja yang mendapat perhatian lebih besar di masa pandemik saat ini. Kamu yang sudah berkeluarga juga harus menjamin asupan keluarga, terutama si kecil, tetap terjaga agar imunitas tubuh terawat baik.   

Imunitas jadi topik paling banyak dibicarakan setiap kali membahas cara mencegah penularan Covid-19. Kamu tentu panik kan ketika si buah hati sakit dan khawatir menbawanya ke rumah sakit?

Ahli gizi Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes menjelaskan, ada hubungan timbal balik antara sistem penceraan, sistem otak dan perasaan atau hati si kecil. Komunikasi homeostatik ini melibatkan jalur persarafan, hormonal, dan imunologi.

Komunikasi dari tiga sistem itu akan memberi efek berupa mood, kognitif, dan emosi yang diperlihatkan anak.

Untuk itu, kamu sebagai orangtua wajib halnya perhatikan sistem pencernaan si kecil lewat asupan berikut ini:

Infografis Dream.co.id© Dream.co.id/Dwi Ratih

Jika si kecil aman dari penyakit, orangtua pun senang bukan? Untuk itu, jangan sampai terlewatkan tentang hal ini, ya.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

2 dari 3 halaman

Bantu Pemulihan Ekonomi, Penyaluran KUR BRISyariah Sedikit Lagi Capai Target

Dream – PT Bank BRIsyarah Tbk (BRIS) telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp4,46 triliun. Penyalurannya bantuan permodalan untuk UMKM ini hampir 100 persen dari target baru yang dipasang perusahaan.

Dikutip dari keterangan tertulis BRIsyariah, Senin 14 Desember 2020, kuota awal KUR syariah BRIsyariah tahun 2020 sebesar Rp3 triliun. Kemudian pada bulan Juli 2020 diberikan penambahan sebesar Rp1,5 triliun sehingga total kuota mencapai Rp4,5 triliun.

Per 27 November 2020 lalu, BRIsyariah telah menyalurkan hingga Rp4,457 triliun kepada 116.756 nasabah.

Penyaluran pembiayaan ini menjadi bentuk dukungan anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) kepada UMKM dan program pemulihan ekonomi nasional oleh pemerintah.

Direktur Bisnis Ritel BRIsyariah, Fidri Arnaldy, mensyukuri bahwa penyaluran target KUR BRIsyariah sudah mendekati 100 persen. Hal ini merupakan bentuk dukungan dan tanggung jawab BRIsyariah untuk UMKM dan program pemulihan ekonomi nasional.

“ Alhamdulillah, penyaluran target KUR kini sudah hampir 100 persen. Kami optimis target terpenuhi di bulan ini,” kata Fidri di Jakarta.

3 dari 3 halaman

Sebagian Besar Disalurkan kepada Sektor Ekonomi Produksi

Sebanyak 62 persen penyaluran KUR BRIsyariah diarahkan ke sektor ekonomi produksi dan 37,7 persen ke sektor ekonomi perdagangan. Pada masa pandemi BRIsyariah menyalurkan pembiayaan kepada sektor-sektor yang lebih minim risiko, seperti pertanian, peternakan, dan alat kesehatan.

“ Penyaluran pembiayaan tersebut tetap dilakukan secara selektif dan disalurkan kepada sektor-sektor yang lebih minim risiko,” ujar Fidri.

Untuk mengakselerasi penyaluran KUR, BRIsyariah memanfaatkan aplikasi Salam Digital yang bisa digunakan nasabah mengajukan pembiayaan tanpa harus datang ke Bank.

Salam Digital juga terhubung dengan aplikasi i-Kurma yang telah lebih dulu dikembangkan BRIsyariah. I-Kurma memungkinkan tenaga pemasar memproses aplikasi pembiayaan dari gawai mereka.

“ Kami terus mendorong ekonomi agar terus berputar dan berkontribusi dalam pembangunan nasional. Terutama akibat dampak dari pandemi COVID-19 ini,” kata dia.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar