INFOGRAFIS: Kenali Gejala 'Long COVID' Saat Masa Penyembuhan

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 1 Maret 2021 19:40
INFOGRAFIS: Kenali Gejala 'Long COVID' Saat Masa Penyembuhan
Apa saja ya?

Dream - Beberapa penyintas Covid-19 masih ada yang terdeteksi positif meski sudah dua pekan menjalani isolasi mandiri. Fenomena ini disebut sebagai Long Covid yaitu kondisi pasuen pengidap Covid-19 yang masih menunjukan gejala dalam jangka panjang hingga benar-benar pulih dari edek virus Sar-CoV-2 tersebut.

Durasi virus pada mereka yang terkena 'Long Covid' sangat berpengaruh pada kehidupan manusia ke depannya. Menurut Pusat Pegendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), masa inkubasi, waktu antara seseorang pertama kali terpapar virus hingga saat mengalami gejala, dapat diperpanjang hingga 14 hari, dengan rata-rata 4-5 hari.

Berdasarkan sebuah penelitian, 97,5 persen orang dengan COVID-19 yang memiliki gejala akan mengalami gejalanya dalam 11,5 hari.

Lalu, seperti apa sih gejala-gejala 'Long Covid' yang timbul saat penyembuhan COVID-19? Yuk catat empat gejala utama berikut ini!

Infografis Dream.co.id© Dream.co.id/Fairus

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

1 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Tahapan Daftar Vaksin COVID-19 untuk Lansia

Dream - Perlahan, lapisan masyarakat Indonesia melakukan vaksinasi COVID-19. Tepat pada Rabu, 17 Februari 2021, vaksinasi untuk kelompok lanjut usia sebagai prioritas, digelar.

Sementara, vaksinasi untuk lansia dilaksanakan di Jawa dan Bali terlebih dulu. Satgas COVID-19 mengatakan bahwa dua pulau tersebut merupakan daerah dengan penularan COVID-19 yang tinggi.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, mengingat keterbatasan vaksin, maka vaksinasi diutamakan bagi lansia di atas 60 tahun yang berdomisili di DKI Jakarta.

Kemudian menyusul bagi lansia di setiap Ibu Kota dari 33 provinsi lain.

Buat Sahabat Dream yang ingin mendaftarkan orang tua, saudara, kerabat lansia, silakan ikuti petunjuk berikut ini.

Infografis Dream.co.id© Dream.co.id/Fairus

Nggak bosan mengingatkan, pastikan Sahabat Dream tetap disiplin mengikuti aturan kesehatan seperti 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun) serta 3T (Testing, Tracing, Treatment) yang diimbau pemerintah RI dalam segala kegiatan.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

2 dari 4 halaman

Sudah Divaksin Covid-19? Siap-siap Efek Sampingnya

Dream - Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia terus berjalan. Saat ini vaksinasi massal memasuki tahap kedua. Kelompok prioritas yang mendapatkan vaksinasi ini adalah lansia, pedagang pasar, guru, TNI/ Polri serta wartawan.

Pemberian vaksin diharapkan bisa membentuk antibodi dalam tubuh untuk menangkal virus Covid-19 yang mematikan. Tubuh akan jadi lebih kuat, jika pun terkena virus kondisinya tidak menjadi parah.

Seperti yang kita tahu, pemberian vaksin memiliki beberapa efek samping. Bukan hanya vaksin Covid-19 tapi juga vaksin lain, apa saja efek yang mungkin muncul setelah vaksin?

- Rasa sakit atau pembengkakan pada lengan yang mendapat suntikan
- Demam
- Panas dingin
- Kelelahan
- Sakit kepala

3 dari 4 halaman

Bagaimana cara mengatasinya?

Ketika mengalami rasa sakit atau tidak nyaman setelah mendapatkan vaksin bisa coba atasi dengan cara mengkonsumsi obat yang dijual bebas atas saran dokter, seperti ibuprofen, aspirin, atau parasetamol

Kamu bisa gunakan obat-obatan ini untuk meredakan efek samping pasca vaksinasi. Tetap perhatikan apakah kamu alergi atau ada alasan medis lain untuk tidak mengkonsumsinya. Tidak disarankan untuk meminum obat-obatan ini sebelum vaksinasi, karena akan sulit nantinya untuk mengetahui seberapa baik vaksin bekerja, dan bisa jadi obat-obat ini dapat mempengaruhi proses kerja vaksin.

Untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan setelah di suntik, kompres handuk lembut yang dingin ke bekas suntikan. Perbanyak minum air putih dan istirahat setelah vaksinasi.

4 dari 4 halaman

Kapan harus menghubungi dokter?

1. Jika kemerahan atau nyeri pada tempat yang di suntik semakin meningkat setelah 24 jam
2. Jika efek samping dari kecemasan tak kunjung hilang setelah beberapa hari

Hal yang harus diingat, butuh waktu bagi tubuh untuk membangun perlindungan setelah vaksinasi apa pun. Vaksin Covid-19 yang membutuhkan 2 suntikan belum tentu akan melindungi kamu seutuhnya pada satu atau dua minggu setelah suntikan kedua. Untuk itu penting bagi semua orang untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

Laporan: Yuni Puspita Dewi/ Sumber: CDC

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar