Ini 5 Aplikasi Pemantau Kadar Gula

Reporter : Ismoko Widjaya
Selasa, 6 Mei 2014 22:07
Ini 5 Aplikasi Pemantau Kadar Gula
Jika selama ini penderita diabetes hanya dapat memantau kadar gula darah melalui alat kedokteran milik sendiri atau dokter spesialis, maka hal itu kini sudah dapat dilakukan tanpa alat khusus.

Dream - Penyakit diabetes kini bukan hanya mengancam orang tua. Perubahan gaya hidup dan asupan makanan yang dikonsumsi juga dapat mengancam anak muda untuk menjadi penderita diabetes.

Jika selama ini sejumlah penderita diabetes hanya dapat memantau kadar gula darah melalui alat kedokteran milik sendiri atau dokter spesialis, maka hal tersebut kini sudah dapat dilakukan tanpa harus memiliki alat khusus. Hanya dengan bermodalkan sebuah perangkat pintar berbasis Android dan iOS, anda pun dapat menerapkan pola hidup sehat dan menekan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain memudahkan, kehadiran aplikasi yang terinstall dalam perangkat pintar ini juga tentu dapat menekan anggaran bulanan anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis. Berikut lima aplikasi pemantau kadar gula darah yang dapat anda install di perangkat pintar pribadi.

1. Glucose Buddy : Diabetes Log

Aplikasi ini telah mendapat pengakuan dari sejumlah media kenamaan dunia sebagai aplikasi nomor satu untuk para pendderita diabetes. Glucose Buddy akan menyimpan data mengenai tekanan darah, aktivitas sehari-hari, berat badan, meditasi, grafik kesehatan tubuh, dan pengingat yang dapat disesuaikan dengan aktivitas harian anda.

Catatan perkembangan kadar gula darah anda dapat dipantau setiap harinya dalam kurun waktu tertentu yang telah anda tetapkan sebelumnya. Menariknya, seluruh catatan kesehatan anda dapat langsung dibagikan melalui akun sosial media Facebook dan Twitter yang terintegrasi dengan aplikasi ini.

2. Diabetes Pal

Sebagai sebuah aplikasi perangkat pintar, Diabetes Pal dapat membantu penderita diabetes memantau, menganalisa, dan berbagi tekanan gula dalam darah, pengobatan, dan asupan makanan secara manual dan otomatis. Berbeda dengan aplikasi serupa. Semua data yang tersimpan dalam aplikasi ini juga dapat diprint serta diakses melalui komputer dan Mac.

Aktivitas konsumsi makanan dan aktivitas lainnya dapat dipantau dalam kurun waktu rata-rata per jam. Dengan begitu, aplikasi ini akan menunjukkan seberapa tinggi tekanan gula darah anda secara langsung mulai dari level paling tinggi, tinggi, normal, hingga rendah. Aplikasi Diabetes Pal dapat diunduh secara gratis oleh pengguna perangkat Android dan iOS.

3. mySugr Companion

Pola makan dan asupan kadar gula darah menjadi perhatian utama bagi penderita diabetes. Selain memerlukan kedisiplinan pola hidup, kehadiran aplikasi mySugr Companion dapat membantu dalam menerapkan pola hidup sehat dengan penggunaan grafis yang menarik. Selain dilengkapi dengan pengaturan kombinasi asupan makanan, aktivitas olah, aplikasi ini juga dilengkapi dengan game yang menarik.

Dengan begitu sang pengembang berharap penderita diabetes dapat melalui tekanan yang tengah dihadapi dengan cara yang lebih menyebangkan. Seluruh data yang telah terekam dalam bentuk grafik dan dianalisis dapat dibagikan ke akun sosial media yang telah terintegrasi dengan aplikasi ini.

4. MedSimple

Berbeda dengan aplikasi yang bertujuan untuk membantu memantau pola hidup sehat penderita diabetes, MedSimple lebih menekankan pada pola pengobatan dan asupan obat yang dikonsumsi. Kehadiran aplikasi ini tentu membantu penderita diabetes mendapatkan dosis sesuai dengan tingkatan diabetes yang dideritanya.

Penderita diabetes dan keluarga dapat mengetaui informasi lengkap mengenai resep obat yang diberikan dokter, dosis konsumsi, hingga harga obat untuk proses penyembuhan. Anda juga akan mendapatkan informasi tambahan mengenai efek samping dan mengapa harus mengkonsumsi jenis obat tersebut. Jangan khawatir, bagi anda yang pelupa aplikasi ini juga dilengkapi dengan pengingat waktu mengkonsumsi setiap obat yang telah dianjurkan dokter.

5. Fooducate

Jika kebanyakan aplikasi menyarankan kandungan makanan alami bagi penderita diabetes, maka Fooducate Healthy Weight Loss lebih menekankan pada makanan olahan. Pengguna aplikasi ini dapat mengetahui informasi mengenai kandungan gizi dalam makanan kemasan dan efeknya bagi kesehatan. Hanya dengan memindai barcode yang terdapat dalam kemasan makanan untuk mengetahui kandungan gizi di dalamnya.

Selain dapat digunakan oleh penderita diabetes, aplikasi ini juga kerap digunakan oleh para pegiat diet sehat. Dengan memindai barcode dalam kemasanan makan, pengembang menyebut pelaku hidup sehat tidak perlu khawatir untuk membeli makanan yang tersedia di supermarket. Aplikasi ini kompatibel dengan perangkat pintar berbasis Android dan iOS dan dapat diunduh secara gratis.

Dengan begitu anda tidak perlu lagi khawatir untuk menerapkan pola hidup sehat meski telah divonis menderita diabetes. Mengingat tren hidup sehat kini semakin mudah dan semua informasi dapat diakses hanya melalui genggaman. Selamat menerapkan pola hidup sehat. (Ervina Anggraini)

Beri Komentar