Ini 6 Manfaat Kencur Bagi Ibu Hamil Jika Dikonsumsi Rutin

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 24 Maret 2021 19:45
Ini 6 Manfaat Kencur Bagi Ibu Hamil Jika Dikonsumsi Rutin
Selain dicampurkan pada makanan, ternyata kencur juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Penasarankan apa saja manfaatnya? Yuk, cek di sini.

Dream – Manfaat kencur tentu sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Kencur sendiri adalah salah satu rempah-rempah yang banyak diikusertakan dalam berbagai hidangan.

Misalnya, saja seblak yang merupakan makanan khas Bandung dan kini semakin hits di kalangan anak-anak muda. Rasanya yang khas, namun inilah yang membuat sajian menjadi semakin lezat.

Kencur yang memiliki nama latin Kaempferia galangal ini adalah masuk dalam golongan tanaman rimpang, yang bentuknya seperti jahe.

Tetapi saat kamu konsumsi akan meninggalkan rasa pedas yang berbeda dengan jahe. Bahkan saat kamu telan, ada rasa pedas seperti mint yang dirasakan di area tenggorokan.

Jika kamu melihat langsung tanaman ini, kencur sebenarnya tidak memiliki batang dan tingginya pun hanya sekitar 1 hingga 3 inchi saja. Untuk memanfaatkannya, kamu membutuhkan alat agar bisa mengambil kencur yang terletak di dalam tanah.

Kencur banyak tumbuh di wilayah Asia, seperti Indonesia, Taiwan, Cina Selatan, dan Kamboja. Ada banyak sekali kandungan bermanfaat yang dimiliki oleh kencur.

Berbagai zat dan senyawa kimia yang diantaranya berupa pati, sineol, asam metil kanil, mineral, asam sinamat, penta dekaan, borneol, etil ester, asam anisat, gom, alkaloid, dan paraeumarin. Dari semua kandungan itulah, wajar saja jika kencur banyak dimanfaatkan sebagai obat.

Selain itu, kencur juga sangat disarankan agar dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa memberikan banyak manfaat untuk ibu dan janin yang sedang dikandung. Berikut adalah beberapa manfaat kencur untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Meningkatkan Stamina dan Nafsu Makan

Ilustrasi Nafsu Makan Ibu Hamil© Foto. freepik

Meningkatkan Stamina

Perempuan hamil wajar sekali jika kerap dilanda rasa lelah. Apalagi saat berada di trimester pertama dan ketiga. Oleh karena itu, kamu perlu untuk meningkatkan stamina dengan cara mengonsumsi beras kencur. Hal ini karena beras kencur memiliki kandungan yang mampu untuk meningkatkan energi, kesadaran, serta mengatasi rasa lelah.

Adanya kandungan berupa vitamin B kompleks pada kencur bisa untuk melancarkan aliran darah, mengatasi pegal, melonggarkan otot.

 

Membuat Nafsu Makan Meningkat

Perempuan yang sedang hamil haruslah memenuhi kebutuhan asupan gizi secara baik dan seimbang. Makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan secara baik demi mendukung kesehatan ibu dan janinnya.

Namun, pada kenyataannya sering kali ibu hamil mengalami kesulitan makan dan mudah sekali untuk mengeluarkannya kembali. Inilah yang bisa membuat sang ibu mengalami kekurangan gizi.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi kencur yang dibuat menjadi jamu beras kencur. Namun, pastikan kamu mengonsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandunganmu untuk memastikan keamanannya.

Ramuan berupa kencur, beras, gula, dan asam jawa ampuh untuk meningkatkan nafsu makan ibu hamil. Dengan begitu, kebutuhan zat gizi pun bisa terpenuhi dengan baik.

2 dari 3 halaman

Menenangkan Psikis, Mengatasi Batuk, dan Sakit Tenggorokan

Ilustrasi Ibu Hamil Mengalami Stres© Foto. freepik

Bisa Tenangkan Kondisi Psikis

Manfaat kencur yang pertama bagi ibu hamil adalah bisa untuk menenangkan kondisi psikis. Hal ini dikarenakan perempuan yang sedang hamil biasanya memiliki suasana yang sering berubah-ubah. Terkadang bisa merasa sedih, bahagia, bahkan bisa juga menjadi stres.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa memanfaatkan kencur untuk bisa mengembalikan kondisi psikis agar kembali stabil dan tenang.

Bahkan dalam sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak kencur yang kamu konsumsi secara teratur mampu untuk meredakan gejala gelisah, stres, hingga depresi. Di mana ibu hamil seharusnya tidak mengalami hal tersebut agar kondisi janin di dalam kandungan tetap terjaga. 

Mengatasi Batuk Dan Sakit Tenggorokan

Manfaat kencur selanjutnya adalah untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Kamu pasti sudah tahu bahwa kencur sering kali diandalkan untuk mengobati batuk.

Salah satunya dengan mengonsumsi beras kencur yang banyak dijual oleh tukang jamu, baik di toko maupun penjual jamu yang menggunakan sepeda.

Diketahui bahwa ibu hamil tidaklah boleh sembarang minum obat, tidak terkecuali obat batuk. Hal ini bisa berpengaruh pada janin yang sedang dikandungnya. Oleh karena itu, kamu bisa memilih herbal yang bisa dijadikan solusi.

Dengan mengonsumsi kencur, kamu bisa meredakan batuk dan juga sakit tenggorokan tanpa adanya efek samping yang terjadi pada sang janin.

3 dari 3 halaman

Mengurangi Nyeri dan Bengkak Serta Menyembuhkan Luka Persalinan

Ilustrasi Nyeri© Foto. freepik

Mengurangi Nyeri Dan Bengkak

Manfaat kencur untuk ibu hamil juga bisa untuk mengurangi nyeri dan bengkak. Masalah ini kerap dialami perempuan di masa kehamilannya. Sehingga hal ini bisa membuat hari-harinya tidak nyaman, bahkan sulit untuk beraktivitas.

Nyeri dan bengkak pada ibu hamil biasanya terjadi di bagian kaki dan pinggang.

Agar rasa nyeri dan bengkak bisa berkurang, solusinya yang aman adalah dengan menggunakan beras kencur.

Tidak hanya itu saja, kencur juga mampu untuk mengatasi masalah ibu hamil lainnya seperti sakit perut dan sakit kepala. 

Menyembuhkan Luka Persalinan

Manfaat kencur yang terakhir adalah bisa menyembuhkan luka setelah persalinan. Dengan mengonsumsi beras kencur, hal ini bisa meredakan adanya kemungkinan infeksi yang terjadi di dalam kandungan.

Itulah 6 manfaat kencur bagi ibu hamil yang sangat luar biasa. Jadi, tanaman ini tidak hanya bisa digunakan sebagai pelezat makanan saja, tetapi juga menyimpan khasiat yang sangat besar untuk Sahabat Dream yang sedang hamil.

Beri Komentar