Ini 7 Penyakit Akibat Kelebihan Berat Badan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 10 Juli 2019 07:47
Ini 7 Penyakit Akibat Kelebihan Berat Badan
Kelebihan berat badan bisa menyebabkan tubuh terserang berbagai jenis penyakit. Apa saja penyakit akibat kelebihan berat badan?

Dream - Ada banyak penyakit kronis yang disebabkan oleh berat badan yang berlebih. Kondisi kesehatan tubuh dan berat badan memiliki hubungan yang erat, hingga saling mempengaruhi.

Untuk mengetahui berat badan seseorang, bisa menggunakan timbangan biasa, dengan tolak ukurnya adalah BMI atau Body Mass Index.

Di mana berat badan normal akan berada pada angka 18.5 hingga 24.9, dan kelebihan berat badan berada pada angka 25 hingga 29.9.

Sedangkan untuk menjaga dan menurunkan berat badan, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan berdiet dan melakukan olah raga rutin.

Kelebihan berat badan akan mengakibatkan penyakit kronis, apabila tidak segera ditangani dengan baik. Berikut 7 penyakit akibat kelebihan berat badan: 

1 dari 7 halaman

Diabetes Tipe 2

Penyakit kronis ini adalah penyakit yang disebabkan oleh tekanan gula darah yang berada di atas batas normal. Tekanan gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan berbagai penyakit lainnya.


 Periksa ke Dokter

Selain itu, penyakit ini juga disebabkan oleh faktor genetik. Berdasarkan dari NIH, lebih dari 87% orang dewasa yang terkena diabetes memiliki kelebihan berat badan.

Hal ini disebabkan oleh karena kelebihan berat badan dapat menyebabkan sel dalam tubuh berubah dan mengganggu resistensi hormone insulin.

2 dari 7 halaman

Tekanan Darah Tinggi

Setiap jantung berdetak, akan memompa darah dari arteri ke seluruh tubuh. Tekanan darah yang tinggi atau hipertensi biasanya tidak menunjukan gejala, namun akan menyebabkan masalah yang serius, seperti stroke, gangguan jantung dan gagal ginjal.

 Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi terhubung dengan kelebihan berat badan dan obesitas, karena memiliki tubuh yang lebih besar akan meningkatkan tekanan darah.

Pada kasus ini, jantung harus bekerja lebih keras karena tubuh membutuhkan tekanan yang lebih kuat.

3 dari 7 halaman

Penyakit Jantung

Yang dimaksudkan dengan penyakit jantung adalah beberapa masalah serius yang dialami oleh jantung. Penyakit jantung paling umum terjadi ketika pembuluh darah yang membawa darah ke jantung menjadi sempit dan keras.


Penyakit jantung meliputi serangan jantung, gagal jantung, kematian jantung secara mendadak, dan nyeri jantung.

 null

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih sering mengalami masalah kesehatan dan resiko penyakit jantung menjadi lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena ganguan yang terjadi pada tekanan darah, kolesterol dan gula darah yang meningkat.

4 dari 7 halaman

Stroke

Penyakit akibat kelebihan berat badan lainnya adalah penyakit stroke. Penyakit ini terjadi ketika aliran darah ke otak terhenti dan menyebabkan sel-sel di otak mati secara mendadak.

Jenis stroke yang paling umum, terjadi ketika terdapat gumpalan darah yang menghalangi aliran darah arteri ke otak.

 Gejala Kelelahan


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kelebihan berat badan bisa meningkatkan tekanan darah, dan tekanan darah yang tinggi inilah yang menjadi penyebab utama stroke.

5 dari 7 halaman

Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit akibat kelebihan berat badan yang sudah kronis. Kanker bisa terjadi karena sel dalam salah satu bagian tubuh mengalami pertumbuhan yang tidak normal. Bahayanya sel kanker ini bisa berkembang dan menjadi tidak terkendali.

 Penyakit Kanker

 

Berat badan yang berlebih akan meningkatkan resiko beberapa jenis kanker. Sel-sel lemak dapat melepaskan hormone yang mempengaruhi pertumbuhan sel, yang bisa mengarah ke kanker.

Selain itu, kebiasaan dan pola makan juga bisa berkontribusi terhadap meningkatnya resiko kanker.

6 dari 7 halaman

Sleep Apnea

Sleep Apnea adalah kondisi di mana seseorang memiliki gangguan pernapasan ketika tidur. Sleep apnea terjadi karena jalan keluar udara lewat napas mengalami gangguan.

Gejala lain orang menderita sleep apnea adalah rasa kantuk di siang hari, kurang fokus, dan bahkan gagal jantung.

 Masalah Tidur


Obesitas menjadi penyebab utama terjadinya sleep apnea. Orang yang kelebihan berat badan memiliki lebih banyak lemak di sekitar lehernya. Inilah yang menyebabkan udara susah keluar.

Jalan keluar udara yang sempit bisa saja membuat seseorang kesulitan bernapas, atau napas yang berbunyi.

7 dari 7 halaman

Osteoarthritis

Penyakit akibat kelebihan berat lainnya adalah osteoarthritis, yang mana merupakan masalah kesehatan umum dan disebabkan nyeri dan kaku di persendian.

Osteoartritis sering dikaitkan dengan cedera, penuaan, dan yang paling kerap terserang penyakit ini ialah tubuh bagian bawah dan persendian tangan.

Kelebihan berat badan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang beresiko terkena osteoarthritis.

Berat badan yang berlebih akan memberi tekanan lebih pada sendi dan tulang rawan, sehingga memuat sendi merasa sakit dan nyeri.

Selain ketujuh penyakit akibat kelebihan berat badan di atas, masih ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh kelebihan berat badan lainnya.

Seperti gagal ginjal, penyakit liver, masalah kehamilan yang serius, dan masih banyak penyakit kronis akibat berat badan berlebih lainnya. (ism, Sumber: National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone