Penting! Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Mencuci Tangan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 28 Februari 2020 13:25
Penting! Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Mencuci Tangan
Lakukan ini dalam keseharianmu.

Dream - Merebaknya virus Corona telah mengubah kebiasaan hidup banyak orang. Kebiasaan yang paling terlihat adalah semakin banyak pemakaian masker serta lebih sering mencuci tangan.

Mencuci tangan dan menjaga kebersihan tidak hanya harus dilakukan ketika terjadi wabah virus mematikan. Kamu perlu melakukannya sehari-hari.

Menurut Educator & Trainer Mundipharma, Mery Sulastri, 80 persen infeksi tertular melalui tangan.

" Flu Singapura, pilek, MERS, ebola, SARS dan lain-lain, ditularkan melalui tangan," ujar Mery di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 27 Februari 2020.

1 dari 4 halaman

Cuci tangan jangan terburu-buru

 ilustrasi cuci tangan© shutterstock.com

Kebiasaan mencuci tangan semakin penting karena kita sering menyentuh benda yang penuh kuman dan bakteri seperti ponsel.

" Jumlah kuman paling banyak di handphone. Di pesawat terbang, kumannya 1000 kali lebih banyak daripada di darat," jelas Mery.

" Dan kuman, bakteri atau virus di lingkungan bisa menempel dan bertahan selama 24 jam atau lebih, tergantung jenis kumannya," tambahnya.

Untuk itu, sangat penting mengetahui cara mencuci tangan dengan benar. Banyak orang hanya membersihkan tangan dengan terburu-buru.

2 dari 4 halaman

Boleh pakai hand sanitizer

 ilustrasi cuci tangan © shutterstock.com

Menurut Mery, sebaiknya mencuci tangan selama 20 detik dengan air mengalir agar lebih bersih. Setelahnya, keringkan tangan dengan handuk bersih.

" Faktanya, tangan yang basah bisa menyebabkan kuman menempel 1000 kali lebih banyak. Jadi, harus segera dikeringkan habis mencuci tangan," ujarnya.

Mencuci tangan tidak hanya saat terkena kotoran, tapi juga sebelum dan setelah ke toilet. Jika sulit menemukan sabun dan air bersih, gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70 persen.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Cegah Virus Corona Hanya dalam 20 Detik

Dream - Pengurus Besar Ikatan Doker Indonesia (PB IDI) mengimbau masyarakat terus menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“ Dikarenakan belum ada vaksin atau pengobatan untuk virus Corona, masyarakat diimbau untuk segera mencari pertolongan, apabila menemui gejala dan selalu menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya adalah kebersihan tangan,” ungkap Dr. Daeng M. Faqih, SH, MH, Ketua Umum IDI, di Jakarta, Jumat 31 Januari 2020.

Yang pentng diperhatikan, saat mencuci tangan harus menggunakan sabun yang berpotensi membunuh kuman-kuman di tangan. Pilihlah sabun yang mengandung antiseptik. Air pun harus mengalir.

“ Kalau memang tidak ada air yang mengalir, pilihan lainnya adalah bisa menggunakan handsanitizer atau tisu yang mengandung antiseptik,” imbuh Daeng.

Wabah virus Corona yang bermula dari Wuhan, China, memang membuat seluruh negara waspada. Apalagi, saat ini virus mematikan itu telah menginfeksi 9.776 orang di 23 negara. Sebanyak 213 orang meninggal dunia akibat infeksi virus mematikan tersebut.

  IDI & RB© dream.co.id

Dengan menjaga kebersihan tangan, bisa mengurangi risiko penularan virus Corona tersebut. Sahabat Dream juga harus menghindari kontak dengan penderita infeksi pernapasan dan hewan liar, menjaga kebersihan tangan, serta mempraktikkan etika batuk dan bersin.

“ Yang paling penting adalah memakai masker,” kata Daeng.

4 dari 4 halaman

“Jaga Kesehatan, Cegah Penyebaran Kuman”

Produsen Dettol, Reckitt Benckiser (RB) Indonesia, terus berkomitmen mewujudjan Indonesia sehat, dengan mendukung kampanye kesehatan IDI “ Jaga Kesehatan, Cegah Penyebaran Kuman”.

  IDI & RB© dream.co.id

“ Kami mengajak siapapun untuk menpraktekkan cara menjaga kebersihan tangan yang baik, yaitu dengan mencuci tangan secara rutin, dengan air mengalir dan sabun,” ungkap CSR Director RB Indonesia, Dr. Helena Rahayu Wonoadi dikesempatan yang sama.

Tak hanya itu, PB IDI bersama dengan RB Indonesia juga menekankan kepada masyarakat untuk menerapkan lima langkah cuci tangan dengan sabun yang benar, selama 20 detik, yaitu:

  • Basah tangan seluruhnya dengan air mengalir
  • Gosok sabun ke telapak, punggung tangan, dan sela-sela jari
  • Bersihkan bagian bawah kuku-kuku
  • Bilas tangan dengan air bersih mengalir
  • Keringkan tangan dengan handuk atau tisu

  IDI & RB© dream.co.id

Laporan: Michelle Rachel Evangelista Maramis

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair