3 Manfaat Menguap Bagi Kesehatan yang Jarang Disadari

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 4 Juni 2020 06:12
3 Manfaat Menguap Bagi Kesehatan yang Jarang Disadari
Selain memiliki tanda-tanda suatu penyakit, ternyata menguap juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dream – Menguap dianggap sebagai pertanda seseorang sudah mulai lelah atau mengantuk. Kebiasaan menguap merupakan hal yang wajar dialami setiap orang. Tak hany saat hendak tidur, menguap juga bisa muncul ketika kita dilanda bosan. 

Fakta menguap yang menarik sekaligus misterius adalah ketika sinyal tubuh lelah ini bisa menular kepada orang yang ada di dekatnya. Kamu pasti sering melihat ketika orang lain ikut menguat saat melihat teman di sekitarnya melakukan hal itu tanpa disadari.

Menguap adalah respons tubuh terhadap kelelahan, rasa kantuk, hingga stress. Di balik itu, muncul fakta jika terlalu sering menguap menandakan adanya gangguan kesehatan di tubuh kita loh.

Selain tanda-tanda suatu penyakit tertentu, menguap juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir dari The Health Site, inilah sederet manfaat menguap bagi kesehatan yang jarang disadari. Apa saja sih? Yuk kita simak berikut ini.

1 dari 3 halaman

Meningkatkan Sirkulasi Oksigen dalam Otak

 Ilustrasi© Pexels

Di saat menguap, ada lebih banyak oksigen yang tersedot ke dalam tubuh. Nah setiap kali kita menguap, oksigen akan lebih banyak masuk ke dalam paru-paru sekaligus membantu menyingkirkan karbondioksida.

Semakin banyak oksigen yang ada di dalam tubuh akan berkontribusi besar pada sirkulasi oksigen di dalam otak.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan Aliran Darah ke Otak

 Ilustrasi© Pixabay

Manfaat menguap bagi kesehatan tubuh juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Sebuah penelitian membuktikan bahwa manfaat menguap dapat mendinginkan otak sehingga meningkatkan gairah serta efisiensi mental.

Tidak hanya itu Sahabat Dream, manfaat menguap juga bertindak sebagai stimulant sistem saraf. Hal ini menyebabkan menguap memiliki efek serupa kafein dalam meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan menguap, maka aliran darah menuju ke otak semakin lancar. Maka dari itu jangan takut jika mengupa ini masih dalam batas yang wajar ya Sahabat Dream.

3 dari 3 halaman

Menghilangkan Rasa Tidak Nyaman dari Telinga

 Ilustrasi© Pexels

Manfaat menguap selanjutnya adalah dapat menghilangkan rasa tidak nyaman dari telinga. Menguap bisa membantu kondisi tersebut, karena ketika telingamu terasa tertutup oleh suara aneh akibat perubahan ketinggian akibat pesawat atau lift, maka maku bisa mengurangi rasa tak nyaman di telinga ini dengan cara menguap.

Menguap ini juga merupakan refleksi pertahanan telinga selama perubahan ketinggian yang cepat atau kondisi lainnya. Manfaat menguap dapat membantu menyemakan tekanan udara di telinga kita.

Itulah beberapa manfaat menguap bagi kesehatan tubuh. Meskipun menguap itu menular, namun menguap juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi oksigen dalam otak, meningkatkan aliran darah ke otak, dan dapat menghilangkan rasa tidak nyaman dari telinga.

Beri Komentar