Inilah 6 Penyebab Kanker Prostat pada Kaum Pria!

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 6 Agustus 2019 16:48
Inilah 6 Penyebab Kanker Prostat pada Kaum Pria!
Indonesia telah menempati posisi ke-5 sebagai negara dengan pasien kanker prostat terbesar di dunia.

Dream – Kanker bisa menyerang siapa saja baik itu wanita maupun pria. Salah satu jenis kanker yang paling sering dialami oleh para pria adalah kanker prostat.

Kanker ini sebagian besar akan menyerang pria yang telah berusia 40 tahun. Namun begitu, tidak menutup kemungkinan juga kanker bakal menyerang para pria yang masih berusia di bawah 40 tahun.  Terdapat jutaan pria yang didiagnosa menderita kanker prostat setiap tahunnya.

Indonesia sendiri telah menempati posisi ke-5 sebagai negara dengan pasien kanker prostat terbesar di dunia. Hal tersebut ditunjukkan  pada 2011 sendiri telah tercatat sebanyak 971 pria mengidap kanker prostat. Sebagian besar dari para pasien tersebut diketahui memiliki usia 70-79 tahun.

Hingga saat ini, penyebab secara pasti kanker prostat belum diketahui dengan jelas. Namun, terdapat beberapa pemicu penyebab kanker prostat yang harus diwaspadai. Untuk itu, Dream akan memberikan informasi apa saja penyebab kanker prostat untuk kalian semua para pria. 

1 dari 6 halaman

Penyebab Kanker Prostat: Usia

Penyebab kanker prostat yang pertama adalah faktor usia.  Usia ternyata sangat berpengaruh terhadap munculnya kanker prostat pada para pria. Pada umumnya, kanker prostat akan menyerang para pria yang telah memasuki usia 40 tahun ke atas.

 Kanker Penis Lebih Ganas dari Prostat, Ketahui Gejalanya© MEN

Sebuah statistik menunjukkan bahwa 30% pria yang telah berusia 50 tahun ke atas telah menderita kanker prostat. Tidak hanya itu saja, 80% para pria lainnya yang telah berusia di atas 70 tahun telah terkena kanker prostat. Dengan data statistik tersebut menunjukkan bahwa semakin bertambahnya usia para pria berarti semakin besar pula kemungkinan mereka terkena kanker prostat.

2 dari 6 halaman

Penyebab Kanker Prostat: Gaya Pola Makan

Tidak hanya menjadi penyebab kanker prostat saja, pola makan yang buruk sebenarnya merupakan tahap awal masuknya berbagai jenis penyakit ke dalam tubuh  Dengan tetap menjalankan pola makan yang tidak sehat, para pria akan memiliki risiko yang lebih besar menderita kanker prostat.

 Bahaya Makanan Berlemak Pasca Lebaran© MEN

Tidak hanya pola makan yang buruk saja, terdapat beberapa bahan makanan yang dimana jika terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya akan menimbulkan kanker ini. beberapa bahan makanan tersebut meliputi daging merah serta produk olahan susu yang berlemak tinggi. Hal tersebut juga telah disampaikan oleh beberapa peneliti. Untuk itu, sebaiknya tetap menjaga pola makan dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan juga.

3 dari 6 halaman

Penyebab Kanker Prostat: Obesitas

Tahukah kalian? Berat badan telah terbukti memiliki pengaruh yang besar terhadap munculnya kanker prostat pada seorang pria. Dengan pengaruh yang besar tersebut membuat obesitas menjadi salah satu dari penyebab kanker prostat pada pria.

 Obesitas, Pria Saudi Ini Seperti 'Mayat Hidup'© MEN


Pria yang memiliki indeks masa tubuh yang lebih tinggi akan memiliki risiko terkena kanker prostat yang tinggi pula. Berbanding terbalik jika para pria memiliki indeks masa tubuh yang rendah maka rendah juga risiko terkena kanker prostat. Dengan kata lain, pria yang memiliki berat badan yang lebih atau obesitas akan beresiko terkena kanker prostat.

4 dari 6 halaman

Penyebab Kanker Prostat: Kurang Berolahraga

Sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan telah menemukan hubungan antara penurunan kanker prostat dengan berolahraga. Tim peneliti mengatakan bahwa para pria yang rajin berolahraga atau cukup aktif akan mengalami penurunan risiko 50% dari terkena kanker prostat.

 

 Jauhi Obesitas Dengan Berjalan Kaki© MEN


Di sisi lain, sebuah studi juga mengatakan bahwa dengan berolahraga, para pria ini akan mengalami penurunan risiko terkena kanker prostat sebanyak 13%. Namun, terdapat sebuah studi yang mengatakna bahwa olahraga tidak membantu secara maksimal dalam menurunkan risiko kanker prostat pada pria Amerika dan Afrika.

5 dari 6 halaman

Penyebab Kanker Prostat: Riwayat Keluarga

Selanjutnya, adanya riwayat keluarga dekat yang menderita kanker prostat merupakan salah satu penyebab kanker prostat yang harus diwaspadai. Jika memiliki saudara kandung yang telah menderita kanker prostat, maka risikonya 2 hingga 3 kali lebih besar untuk terkena kanker ini.

 Inilah 6 Penyebab Kanker Prostat pada Pria!© shutterstock


Menurut berbagai penelitian yang dilakukan, kanker prostat terjadi karena adanya gen yang berperan di dalam tubuh. Dengan pernyataan itu jugalah yang, riwayat keluarga sangat mempengaruhi seseorang akan menderita kanker prostat atau tidak.

6 dari 6 halaman

Penyebab Kanker Prostat: Merokok

Merokok merupakan sebuah benda yang sangat mematikan bagi siapa saja yang ada di sekitarnya. Tidak hanya akan mempengaruhi kesehatan para perokok aktif, merokok juga bisa mempengaruhi kesehatan para perokok pasif.

 Inilah 6 Penyebab Kanker Prostat pada Pria!© shutterstock

Sebuah penelitian terbaru telah menemukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara merokok dengan kanker prostat. Sebenarnya, merokok tidak hanya bisa menyebabkan kanker prostat saja, namun masih banyak penyakit mematikan lainnya yang siap merenggut kebahagiaan si pemakai. Untuk itu, berhentilah melakukan kebiasaan merokok sebab dengan tetap melakukannya risiko terkena kanker prostat akan meningkat semakin tinggi setiap saat. (mut)

 


(Sumber: honestdocs)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya